Pembelajaran yang menumbuhkan kemandirian dan kepedulian pebelajar dalam konteks sekolah berasrama (boarding school): studi kualitatif fenomenologis di SMP Insan Terpadu Paiton Probolinggo Jawa Timur / Fathur Rozi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembelajaran yang menumbuhkan kemandirian dan kepedulian pebelajar dalam konteks sekolah berasrama (boarding school): studi kualitatif fenomenologis di SMP Insan Terpadu Paiton Probolinggo Jawa Timur / Fathur Rozi

Rozi, Fathur (2015) Pembelajaran yang menumbuhkan kemandirian dan kepedulian pebelajar dalam konteks sekolah berasrama (boarding school): studi kualitatif fenomenologis di SMP Insan Terpadu Paiton Probolinggo Jawa Timur / Fathur Rozi. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Rozi Fathur. 2014. Pembelajaran yang Menumbuhkan Kemandirian dan Kepedulian Pebelajar dalam Konteks Sekolah Berasrama Studi Kualitatif-Fenomenologis di SMP Insan Terpadu Paiton Probolinggo Jawa Timur. Disertasi. Program Studi Teknologi Pembelajaran. Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Punadji Setyosari M.Ed. M.Pd. (II) Prof. Dr. I. Nyoman Sudana Degeng M.Pd. (III) Dr. H. Sulthon M.Pd. Kata kunci kemandirian kepedulian pebelajar SMP sekolah berasrama model pembelajaran. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini bertujuan untuk menemukan gambaran pembelajaran kemandirian dan kepedulian bagi pebelajar di sekolah berasrama dengan latar belakang heterogen. Setelah memperoleh gambaran tersebut kemudian dideskripsikan sebuah model pembelajaran yang menyokong bertumbuhnya kemandirian dan kepedulian pebelajar. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini dilaksanakan di SMP Insan Terpadu Paiton Probolinggo Jawa Timur pada bulan Maret hingga Oktober 2014. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologis. Sumber data penelitian ini meliputi orang tempat kegiatan-kegiatan dokumen-dokumen dan materi-materi visual yang dapat memberikan informasi dalam memahami masalah yang diteliti. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi wawancara mendalam telaah dokumen dan materi visual. Analisis data dilakukan selama dan setelah proses pengumpulan data. Data yang terkumpul ditulis secra utuh ditranskrip dikategorisasi diberi kode disimpan dicari dan diambil lagi untuk kepentingan pemaparan triangulasi analisis dan integrasi data. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan bahwa penumbuhan kemandirian dan kepedulian pebelajar merupakan salah satu tujuan prioritas dan kebijakan pendidikan di SMP Insan Terpadu Paiton. Pembelajaran yang diselenggarakan dalam konteks sekolah berasrama dimaksudkan agar pebelajar mendapatkan jaminan lingkungan yang kondusif aman dan nyaman bagi tumbuhnya kemandirian dan kepedulian pebelajar. Kepala sekolah mengupayakan kemandirian dan kepedulian melalui iklim kerja yang terbuka dan partisipatif para pembelajar menerapkan strategi relasi dan dialog apresiasi kebaikan disiplin pengajaran nilai moral dan kerjasama sementara pengasuh asrama menerapkan pola pengasuhan demokratis yang hangat dan bersahabat membangun budaya moral positif dan latihan-latihan kemandirian dan kepedulian bagi pebelajar. Integrasi pembelajaran di sekolah dan di asrama dalam menumbuhkan kemandirian dan kepedulian pebelajar menghasilkan pengakuan dari para pebelajar orangtua dan pihak-pihak terkait bahwa SMP Insan Terpadu Paiton adalah sekolah yang baik karena para pembelajarnya memiliki komitmen dan berhasil menghantarkan para pebelajarnya berprestasi dan memiliki kemandirian dan kepedulian sosial. 12288 12288 12288 12288 Sebagai penelitian bidang Teknologi Pembelajaran penelitian ini mendeskripsikan suatu model pembelajaran yang bersifat prsekriptif dan kontekstual. Model pembelajaran yang menumbuhkan kemandirian dan kepedulian dideskripsikan melalui komponen orientasi model yang berupa sasaran fondasi dasar dan tujuan pembelajaran komponen sistem pendukung yang mendeskripsikan pengaturan sistem sekolah untuk mendukung terwujudnya model komponen sistem sosial yang mendeskripsikan lingkungan pembelajaran dimana model diterapkan sintak yang mendeskripsikan prinsip-prinsip dan strategi-strategi yang digunakan para pembelajar komponen dampak pembelajaran yang mendeskripsikan dampak jangka pendek dari dipergunakannya strategi dan komponen dampak pengiring yang mendeskripsikan dampak jangka panjang yang dapat dicapai dari penggunaan model.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S3 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Apr 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63645

Actions (login required)

View Item View Item