Pengembangan model orkestra pembelajaran interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, dan memotivasi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran / Putu Dian Danayanti Degeng - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan model orkestra pembelajaran interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, dan memotivasi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran / Putu Dian Danayanti Degeng

Degeng, Putu Dian Danayanti (2015) Pengembangan model orkestra pembelajaran interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, dan memotivasi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran / Putu Dian Danayanti Degeng. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Degeng Putu Dian Danayanti. 2015. Pengembangan Model Orkestra Pembelajaran Interaktif Inspiratif Menyenangkan Menantang Memotivasi untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Disertasi Program Studi Teknologi Pembelajaran Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. I Wayan Ardhana M.A. (II) Prof. Dr. Punaji Setyosari M.Ed. (III) Dr. Waras Kamdi M.Pd Kata kunci model orkestra pembelajaran pembelajaran interaktif inspiratif menyenangkan menantang memotivasi media Montessori Taman Kanak-kanak 12288 12288 12288 12288 Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Pasal 19 ayat 1 menyatakan bahwa Proses Pembelajaran pada satuan pendidikan diselenggarakan secara interaktif inspiratif menyenangkan menantang memotivasi pebelajar untuk berpartisipasi aktif serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa kreativitas sesuai dengan bakat minat dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik. Berdasarkan Peraturan Pemerintah tersebut pembelajaran di kelas hendaknya berlangsung secara interaktif mampu menginspirasi menyenangkan memberikan tantangan dan memotivasi pebelajar agar dapat mengembangkan daya cipta karya dan karsa belajar. Namun hingga saat ini yang terjadi di sekolah termasuk di Taman Kanak-kanak belum demikian. Interaksi yang terjadi antara guru dan anak cenderung satu arah kurangnya stimulus yang memungkinkan terjadinya perkembangan kreativitas suasana belajar yang diciptakan guru cenderung negatif kurangnya bentuk pembelajaran yang melibatkan pengambilan resiko dan segala sesuatu yang ditampilkan guru cenderung menjatuhkan motivasi belajar anak. Pola pembelajaran yang seperti ini menjadikan anak kurang dapat mengembangkan daya cipta karya dan karsa belajar. Berdasarkan permasalahan tersebut diperlukan upaya untuk memperbaiki pola pembelajaran yang mengabaikan daya cipta karya dan karsa belajar. Maka dari itu pengembangan ini dilakukan sebagai langkah awal perbaikan pola pembelajaran yang kurang fleksibel dengan cara merancang produk model pembelajaran yang interaktif inspiratif menyenangkan menantang dan memotivasi (I2M3) dengan menggunakan media Montessori yang dirancang khusus untuk keperluan pembelajaran anak usia 3-6 tahun. 12288 12288 12288 12288 Model pengembangan yang digunakan adalah model reflective recursive design and development (R2D2) Willis and Wright. Prosedur pengembangan meliputi 3 tahapan yaitu tahap pendefinisian desain dan pengembangan diseminasi. Produk pengembangan yang dihasilkan berupa langkah-langkah prosedural model orkestra pembelajaran yang dirancang secara Interaktif Inspiratif Menyenangkan Menantang Memotivasi (I2M3) bermedia Montessori untuk pembelajaran di Taman Kanak-kanak yang memperlihatkan urutan operasional penerapan orkestra pembelajaran. Pengembangan produk terbagi menjadi 5 yang terdiri atas 1 produk utama dan 4 produk penunjang produk 1 dari 5 Model Orkestra Pembelajaran Interaktif Inspiratif Menyenangkan Menantang Memotivasi (I2M3) Untuk Pembelajaran di Taman Kanak-kanak produk 2 dari 5 Orkestra Pembelajaran Panca Indra Bermedia Montessori untuk Pembelajaran di Taman Kanak-kanak produk 3 dari 5 Orkestra Pembelajaran Kecakapan Hidup Sehari-hari Bermedia Montessori Untuk Pembelajaran di Taman Kanak-kanak produk 4 dari 5 Orkestra Pembelajaran I2M3 Bermedia Montessori Silinder Bertangkai untuk Pembelajaran Panca Indra di Taman Kanak-kanak produk 5 dari 5 Orkestra Pembelajaran I2M3 Bermedia Montessori Bingkai Kancing Baju untuk Pembelajaran Kecakapan Hidup Sehari-hari di Taman Kanak-kanak. 12288 12288 12288 12288 Untuk uji validitas kelima produk tersebut telah divalidasi oleh para ahli yaitu ahli model pembelajaran ahli media Montessori dan ahli desain pembelajaran. Komponen-komponen yang dinilai oleh ahli model pembelajaran untuk produk 1 terbagi atas 2 bagian yaitu A) untuk melihat apakah produk yang dihasilkan adalah model pembelajaran (is it a model) yang terdiri atas 3 kriteria dan B) seberapa baik model tersebut (how good it is) yang terdiri atas 8 kriteria. Komponen-komponen yang dinilai oleh ahli media Montessori untuk pembelajaran panca indra terdiri atas 13 indikator dan 10 indikator untuk pembelajaran kecakapan hidup sehari-hari. Sedangkan komponen penilaian oleh ahli desain pembelajaran terkait dengan kemenarikan kejelasan dan ketepatan produk. Instrumen data berupa angket dan tanggapan langsung pada naskah produk. Teknik analisis data yang digunakan dalam pengembangan ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Untuk pemberian makna dan pengambilan keputusan tentang kualitas produk digunakan konversi tingkat pencapaian skala 5 dan pilihan Ya/Tidak. 12288 12288 12288 12288 Hasil validasi ahli untuk produk pengembangan adalah sebagai berikut produk 1 dari 5 menurut penilaian ahli model dan desain pembelajaran adalah baik produk 2 dari 5 menurut penilaian ahli media Montessori dan desain pembelajaran adalah sangat baik produk 3 dari 5 menurut penilaian ahli media Montessori adalah sangat baik dan menurut penilaian ahli desain pembelajaran adalah baik produk 4 dari 5 menurut penilaian ahli model pembelajaran dan desain pembelajaran adalah sesuai dan baik produk 5 dari 5 menurut penilaian ahli model pembelajaran dan desain pembelajaran adalah sesuai dan baik. Berdasarkan hasil validasi untuk kelima produk tersebut dapat disimpulkan bahwa secara umum hasil produk pengembangan adalah baik sehingga secara teoritik diduga dapat dipergunakan untuk pembelajaran di Taman Kanak-kanak. 12288 12288 12288 12288 Selain memberikan penilaian para ahli juga memberikan saran terkait dengan perubahan kata-kata kunci pada model orkestra pembelajaran I2M3 dan agar dilakukan uji coba dalam konteks nyata yang melibatkan semua komponen yang terkait dengan model orkestra pembelajaran interaktif inspiratif menyenangkan menantang memotivasi (I2M3) bermedia Montessori sehingga produk ini tidak hanya sebagai sebuah model pembelajaran tetapi menjadi teori pembelajaran yang memasukkan variabel pembelajaran lengkap yang terdiri atas variabel metode kondisi dan hasil. 12288 12288 12288 12288

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S3 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 25 Feb 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63643

Actions (login required)

View Item View Item