Pengaruh strategi pembelajaran berdasar component display theory dan skemata terhadap hasil belajar sejarah Indonesia modern / Joko Sayono - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh strategi pembelajaran berdasar component display theory dan skemata terhadap hasil belajar sejarah Indonesia modern / Joko Sayono

Sayono, Joko (2015) Pengaruh strategi pembelajaran berdasar component display theory dan skemata terhadap hasil belajar sejarah Indonesia modern / Joko Sayono. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sayono Joko. 2014. Pengaruh Strategi Pembelajaran Berdasar Component Display Theory dan Skemata Terhadap Hasil Belajar Sejarah Indonesia Modern. Disertasi Program Studi Teknologi Pembelajaran Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Punaji Setyosari M.Ed. M.Pd. (II) Prof. Dr. I Nyoman Sudana Degeng M.Pd. (III) Dr. Waras Kamdi M.Pd. Kata Kunci strategi pembelajaran CDT pendekatan kronologis skemata pembelajaran sejarah hasil belajar sejarah. Component Display Theory (CDT) sebagai salah satu khasanah teori pembelajaran mampu memberikan alternatif bagi para pembelajar untuk mengembangkan pembelajaran agar dapat mencapai hasil belajar yang diharapkan. Keunggulan pembelajaran berdasar CDT adalah pada preskripsinya yang dengan cermat menyusun prosedur pembelajaran untuk memudahkan pebelajar dan mengoptimalkan perolehan belajar. Keunggulan pembelajaran berdasar CDT dinilai cocok untuk mengatasi persoalan dalam pembelajaran sejarah. Pembelajaran sejarah selama ini cenderung menggunakan pendekatan Kronologis sehingga hasil belajar tidak optimal tidak utuh dan tidak mendalam. Hasil belajar hanya sampai tahap mengingat dan menghafal fakta lemah dalam aspek memahami dan menganalisis sebuah peristiwa. Hasil belajar sejarah seperti tersebut adalah sebuah persoalan yang sangat mendasar khususnya bagi mahasiswa program studi pendidikan Sejarah karena sebagai calon pembelajar sejarah mestinya menguasai materi sejarah secara optimal utuh dan mendalam. Untuk meningkatkan hasil belajar sejarah dipandang perlu mengaplikasikan strategi pembelajaran berdasar CDT. Untuk semakin memastikan pengaruh strategi pembelajaran berdasar CDT dalam penelitian ini dicermati juga skemata mahasiswa sebagai bagian dari kharakteristik pebelajar yang dapat mempengaruhi hasil belajar. Tujuan penelitian ini adalah (1) menguji perbedaan hasil belajar sejarah Indonesia Modern mahasiswa yang belajar mengikuti strategi pembelajaran berdasar CDT dengan yang mengikuti strategi pembelajaran berdasar pendekatan kronologis (2) menguji perbedaan hasil belajar Sejarah Indonesia Modern antara mahasiswa yang memiliki skemata yang kompleks dan mahasiswa yang memiliki skemata yang sederhana (3) menguji ada tidaknya interaksi antara strategi pembelajaran berdasar CDT dengan skemata terhadap hasil belajar Sejarah Indonesia Modern pada mahasiswa. Penelitian ini menggunakan eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan rancangan faktorial pretest-posttest non-equivalent control group design. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa semester IV Jurusan Sejarah Universitas Negeri Malang tahun ajaran 2012-2013 peserta kuliah Sejarah Indonesia Modern. Jumlah mahasiswa yang menjadi subjek penelitian adalah 30 mahasiswa dari kelas A untuk kelas perlakuan dan 30 mahasiwa untuk kelas B untuk kelas kontrol. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes pilihan ganda untuk hasil belajar sejarah modern dan tes skemata untuk mengetahui skemata yang dimiliki mahasiswa. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis MANOVA 2 X 2 dengan bantuan program SPSS for Windows versi 20 didasarkan pada taraf kesalahan 5% atau taraf keyakinan 95%. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) ada perbedaan signifikan hasil belajar Sejarah Indonesia Modern kelas yang memperoleh pembelajaran berdasar CDT dengan kelas pembelajaran berdasar pendekatan Kronologis (2) ada perbedaan yang signifikan hasil belajar Sejarah Indonesia Modern kelompok mahasiswa yang memiliki skemata kompleks dan skemata sederhana (3) ada interaksi yang signifikan antara pelaksanaan strategi pembelajaran dengan skemata mahasiswa terhadap hasil belajar sejarah Indonesia modern. Hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan (a) ada perbedaan kenaikan rata-rata skor hasil belajar pretes postes mahasiswa kelas yang menggunakan pembelajaran berdasar CDT dan berdasar pendekatan Kronologis dan kenaikan skor rata-rata mahasiswa yang memperoleh pembelajaran CDT lebih tinggi (b) skor rata-rata pretes postes ditemukan perbedaan lebih tinggi pada kelompok mahasiswa yang memiliki skemata kompleks dibanding dengan kelompok mahasiswa yang memiliki skemata sederhana. Berdasarkan temuan penelitian ini dikemukakan saran-saran sebagai berikut (1) dosen sejarah dapat menggunakan pembelajaran CDT untuk pengembangan pembelajaran sejarah yang inspiratif dan inovatif karena pembelajaran berdasar CDT terbukti dapat untuk meningkatkan hasil belajar sejarah khususnya hasil belajar aspek memahami dan aspek analisis (2) dosen dapat menggunakan keterkaitan antara tujuan pembelajaran pokok bahasan dan kaidah (Rule) preskripsi strategi pembelajaran CDT yang dipilih dalam penelitian ini dengan sikap kritis untuk meningkatkan efektivitasnya demikian juga jenis tes yang dipergunakan (3) dosen hendaknya memperhatikan skemata mahasiswa sebagai salah satu aspek dalam variabel kondisi yang mempengaruhi hasil belajar sehingga dapat menjadi pertimbangan dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran (4) dalam penelitian ini interaksi antara penerapan strategi pembelajaran CDT dengan skemata mahasiswa hanya pada hasil belajar pada aspek analisis oleh karena itu bagi dosen yang akan menerapkan pembelajaran CDT perlu mencermati hal ini (5) perlu dilakukan penelitian lanjutan berkaitan dengan penerapan pembelajaran berdasar CDT pada pembelajaran sejarah dan menggunakan skemata yang dimiliki mahasiswa sebagai variabel dalam penelitian pembelajaran sejarah.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S3 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Jan 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63642

Actions (login required)

View Item View Item