Strategi pembelajaran yang menumbuhkan keterampilan sosial pada program pendidikan calon guru (studi pada dua LPTK di Provinsi Nusa Tenggara Barat) / Jujuk Ferdianto - Repositori Universitas Negeri Malang

Strategi pembelajaran yang menumbuhkan keterampilan sosial pada program pendidikan calon guru (studi pada dua LPTK di Provinsi Nusa Tenggara Barat) / Jujuk Ferdianto

Ferdianto, Jujuk (2015) Strategi pembelajaran yang menumbuhkan keterampilan sosial pada program pendidikan calon guru (studi pada dua LPTK di Provinsi Nusa Tenggara Barat) / Jujuk Ferdianto. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ferdianto Jujuk. 2014. Strategi Pembelajaran yang Menumbuhkan Keterampilan Sosial pada Program Pendidikan Calon Guru Studi pada LPTK di Provinsi Nusa Tenggara Barat. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Punadji Setyosari M.Ed. M.Pd. (II) Prof. Dr. Hariyono M.Pd. (III) Dr. H. Sulton M.Pd. Kata kunci strategi pembelajaran keterampilan sosial mata kuliah microteaching. Penelitianinidilaksanakan di dualokasi LPTK 1 dan LPTK 2 keduanyaterletak di Provinsi Nusa Tenggara Barat. Penelitianinidifokuskanpadaupayauntukmenggambarkanstrategipembelajaranyang menumbuhkan keterampilansosialdimatakuliahMicroteachingpada program pendidikancalon guru di LPTK. Penelitianinimerupakanpenelitianbidangteknologipembelajaran yang fokuspadapaparaneksperiensialdankontekstualnyauntukdapatmengkonstruksipembelajaran. Penelitianinibertujuanuntukmenjelaskan 1) strategipenyampaianpembelajaran 2) strategimanajemenpembelajaran dan 3) latarbudaya di manasi-belajar berasal. Orientasi pada tujuanpertama antara lain (1) pemanfaatan media (2) interaksipesertadidikdengan media pembelajaran dan (3) strukturpembelajaran. Orientasipada tujuankeduaadalah (1) penjadwalanpenggunaanstrategipembelajaran (2) pembuatan laporankemajuanhasilbelajar (3) pengelolaanmotivasional dan (4) kontrolbelajardalam proses pembelajaran. Sedangkan orientasi tujuan terakhir adalah (1) latar belakang budaya si-belajar (2) pengalaman pebelajar (3) tanggapan pebelajar dan (4) dampak perlakuan pembelajaran pada pebelajar. Pendekatan yang digunakandalampenelitianiniadalahpendekatankualitatiffenomenologisdenganstrategistudikasusganda.Pendekataninidigunakanuntukmengeksplorasidanmemahamimakna yang mendalam dalam pelaksanaan pembelajaran yang menumbuhkan keterampilan sosial pada mata kuliah microteaching. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah (1) TeknikObervasiPartisipatif (2) TeknikWawancara (3) TeknikPerekaman (4) Focus Group Discussion (FGD) dan (5) PenelusuranDokumen. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) Strategipenyampaianpembelajaran yang menumbuhkanketerampilansosialpadamatakuliah Microteaching meliputi (a) Mengoptimalkandimensi media pembelajarandalamstrategipenyampaianpembelajarandapatmeningkatkanketerampilansosial (b) intensitasinteraksisi-belajardengandimensi media pembelajaranmelaluirancangan media si-belajardapatmeningkatkanketerampilan sosial (c) Penerapanbentukpembelajarankolaboratifdankooperatifdosenpadamatakuliahmicroteachingmemberikankebebasanberekspresidanberinovasi dapatmeningkatkanketerampilansosial. (2) Strategipengelolaanpembelajaran yang menumbuhkanketerampilansosialpadamatakuliah Microteaching antara lain (a) penggunaanstrategipembelajaransecarakolaboratifdapatmenumbuhkanketerampilansosial (b) catatankemajuanbelajarolehdosendanmahasiswadalamkegiatanpraktikumpembelajarandapatmeningkatkandayakritisdalammengukurkemampuandiridapatmenumbuhkanketerampilan social (c) Motivasionalsecaraterporgramdanterukur baik verbal maupun non-verbal dapatmeningkatkankualitaskinerjadanketerampilansosial (d) Kebebasanmahasiswadalammelakukantindakanbelajardapatmeningkatkanketerampilanpembelajaran. (3) Faktor-faktor yang mempengaruhistrategipenyampaiandanpengelolaanpembelajaranpadamatakuliah Microteachingdan PPL 1 antara lain (a) latarbudayasebagailokuskendali (locus of control) eksternalmahasiswadandosendapatmenumbuhkanketerampilan social (b) pengalamanberdasarkanlingkungansosialbudayamembekaliketerampuilansosialdandalampemilihanprofesimenjadi guru (c) komunikasiinstruksional yang konstruktifmahasiswacalon guru merupakanbentukperilakupembelajaranmerupakantolokukurkeberhasilandalam proses pembelajaran (d) praktikpembelajaranpebelajar/ mahasiswamenjadipembiasaandalamperilakupembelajarancalon guru.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S3 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Jan 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63641

Actions (login required)

View Item View Item