Pembelajaran yang menumbuhkan tanggung jawab pebelajar: studi kualitatif-fenomenologis di SD Negeri Piji, Bagelen, Purworejo, Jawa Tengah / Sigit Purnama - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembelajaran yang menumbuhkan tanggung jawab pebelajar: studi kualitatif-fenomenologis di SD Negeri Piji, Bagelen, Purworejo, Jawa Tengah / Sigit Purnama

Purnama, Sigit (2015) Pembelajaran yang menumbuhkan tanggung jawab pebelajar: studi kualitatif-fenomenologis di SD Negeri Piji, Bagelen, Purworejo, Jawa Tengah / Sigit Purnama. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sigit Purnama. 2014. Pembelajaran yang Menumbuhkan Tanggung Jawab Pebelajar Studi Kualitatif-Fenomenologis di SDN Piji Bagelen Purworejo Jawa Tengah. Disertasi. Program Studi Teknologi Pembelajaran. Pascasarjana. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. I Wayan Ardhana M.A. (II) Prof. Dr. H. Punaji Setyosari M.Pd. M.Ed. (III) Prof. Dr. I Nyoman Sudana Degeng M.Pd. Kata kunci tanggung jawab pebelajar sekolah dasar model pembelajaran 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran tanggung jawab bagi pebelajar sekolah dasar dengan latar belakang keluarga petani dan buruh. Setelah memperoleh gambaran tersebut kemudian dideskripsikan sebuah model pembelajaran yang menumbuhkan tanggung jawab pebelajar. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Piji Bagelen Purworejo Jawa Tengah pada bulan April 2013 hingga April 2014. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan strategi fenomenologi. Sumber data berupa orang lokasi kegiatan-kegiatan dokumen-dokumen dan materi-materi visual yang sengaja dipilih karena dapat memberikan informasi dan dapat membantu memahami masalah yang diteliti. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi wawancara telaah dokumen dan materi-materi visual. Analisis data dilakukan selama dan setelah proses pengumpulan data. Data-data yang telah terkumpul ditulis secara utuh ditranskrip dikategorisasi diberi kode disimpan dicari dan diambil kembali untuk kepentingan pemaparan triangulasi analisis dan integrasi data. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan bahwa penumbuhan tanggung jawab pebelajar merupakan salah satu tujuan prioritas dan kebijakan pendidikan di SDN Piji. Pembelajaran diselenggarakan agar para pebelajar memiliki tanggung jawab. Para pembelajar berusaha menumbuhkan tanggung jawab pebelajar dengan penuh tanggung jawab menerapkan metode-metode pembelajaran di kelas dan menyelenggarakan kegiatan-kegiatan sekolah secara umum seperti ekstrakurikuler. Tanggung jawab yang ditumbuhkan oleh para pembelajar telah diakui oleh para pebelajar dan orang tua bahwa SDN Piji adalah sekolah yang baik karena para pembelajarnya memiliki tanggung jawab dan berhasil menghantarkan para pebelajarnya berprestasi dan memiliki tanggung jawab. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini juga menghasilkan sebuah model pembelajaran yang menumbuhkan tanggung jawab pebelajar yang dideskripsikan melalui (1) komponen orientasi model yang berupa sasaran fondasi dasar dan tujuan pembelajaran (2) komponen sistem pendukung yang berupa pengaturan sistem sekolah untuk mendukung terwujudnya model (3) komponen sistem sosial yang berupa lingkungan pembelajaran dimana model diterapkan (4) sintaks yang berupa prinsip-prinsip dan strategi-strategi pembelajaran yang digunakan oleh pembelajar di kelas maupun strategi-strategi sekolah secara umum (5) komponen dampak yang berupa dampak pembelajaran yang mendeskripsikan dampak jangka pendek dari digunakannya strategi dan dampak pengiring yang mendeskripsikan dampak jangka panjang yang dapat dicapai dari penggunaan model.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S3 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jan 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63640

Actions (login required)

View Item View Item