Peningkatan keterampilan menulis deskripsi melalui penggunaan lingkungan alam sekitar pada siswa kelas IV SDN Sumbersari 01 Kabupaten Blitar / Vina Anesha - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan keterampilan menulis deskripsi melalui penggunaan lingkungan alam sekitar pada siswa kelas IV SDN Sumbersari 01 Kabupaten Blitar / Vina Anesha

Anesha, Vina (2016) Peningkatan keterampilan menulis deskripsi melalui penggunaan lingkungan alam sekitar pada siswa kelas IV SDN Sumbersari 01 Kabupaten Blitar / Vina Anesha. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Anesha Vina. 2016. Peningkatan Keterampilan Menulis Deskripsi melalui Penggunaan Lingkungan Alam Sekitar pada Siswa Kelas IV SDN Sumberasri 01 Kabupaten Blitar. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Sutansi M.Pd (II) Drs. H. Hadi Mustofa M.Pd Kata kunci keterampilan menulis menulis deskripsi lingkungan alam sekitar Pada kenyataan di lapangan siswa kelas IV SDN Sumberasri 01 Kecamatan Nglegok Kabupaten Blitar memiliki kemampuan menulis deskripsi yang rendah. Maka perlu diadakan penelitian untuk mengatasi masalah tersebut. Rumusan masalah penelitian ini adalah 1) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran menulis deskripsi siswa Kelas IV SDN Sumberasri 01 Kabupaten Blitar 2) Apakah pemanfaatan lingkungan sekitar siswa dapat meningkatkan kemampuan menulis deskripsi siswa Kelas IV SDN Sumberasri 01 Kabupaten Blitar . Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan penggunaan lingkungan alam sekitar untuk meningkatkan keterampilan menulis deskripsi pada siswa kelas IV SDN Sumberasri 01 Kabupaten Blitar dan (2) mendeskripsikan hasil peningkatan keterampilan menulis deskripsi melalui penggunaan lingkungan alam sekitar pada siswa kelas IV SDN Sumberasri 01 Kabupaten Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif. Jenis penelitian yang dipergunakan dalam penulisan skripsi ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Tiap siklus dilaksanakan dengan tahapan (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) observasi dan (4) refleksi. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dokumentasi catatan lapangan dan tes. Berdasarkan hasil analisis data tersebut diperoleh dua simpulan hasil penelitian yaitu (1) pada pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV khususnya pembelajaran menulis deksripsi membutuhkan media pembelajaran yang sesuai agar siswa termotivasi untuk menulis (2) pembelajaran menulis dengan menggunakan lingkungan alam sekitar dapat meningkatkan keterampilan menulis deskripsi siswa Kelas IV SDN Sumberasri 01 Kabupaten Blitar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Jul 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6364

Actions (login required)

View Item View Item