Pengaruh strategi pembelajaran kooperatif CIRC vs ekspositori terhadap kemampuan memahami teks bacaan dan menulis karangan bahasa Inggris pada pebelajar yang memiliki self-regulated learning berbeda / Imam Azhar - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh strategi pembelajaran kooperatif CIRC vs ekspositori terhadap kemampuan memahami teks bacaan dan menulis karangan bahasa Inggris pada pebelajar yang memiliki self-regulated learning berbeda / Imam Azhar

Azhar, Imam (2015) Pengaruh strategi pembelajaran kooperatif CIRC vs ekspositori terhadap kemampuan memahami teks bacaan dan menulis karangan bahasa Inggris pada pebelajar yang memiliki self-regulated learning berbeda / Imam Azhar. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Azhar Imam. 2014. Pengaruh Strategi Pembelajaran Kooperatif CIRC Vs Ekspositori terhadap Kemampuan Memahami Teks Bacaan dan Menulis Karangan Bahasa Inggris pada Pebelajar yang Memiliki Self-Regulated Learning Berbeda. Disertasi Program Studi Teknologi Pembelajaran Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. I Wayan Ardhana MA. (II) Prof. Dr. I Nyoman Sudana Degeng M. Pd. (III) Prof. Dr. H. Punadji Setyosari M. Ed. M. Pd. Kata Kunci strategi pembelajaran kemampuan memahami teks bacaan menulis karangan Bahasa Inggris self-regulated learning 12288 12288 12288 12288 Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji (1) perbedaan kemampuan memahami teks bacaan dan menulis karangan Bahasa Inggris antara pebelajar yang dibelajarkan dengan menggunakan strategi pembelajaran kooperatif CIRC dan strategi pembelajaran ekspositori (2) perbedaan kemampuan memahami teks bacaan dan menulis karangan Bahasa Inggris antara pebelajar yang memiliki self-regulated learning (SRL) tinggi dengan pebelajar yang memiliki SRL rendah dan (3) interaksi antara penggunaan strategi pembelajaran dengan SRL terhadap kemampuan memahami teks bacaan dan menulis karangan Bahasa Inggris. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan metode a factorialized (2x2) version of nonequivalent control group design dengan mengambil tempat di Madrasah Tsanawiyah Tarbiyatut Tholabah dan Madrasah Tsanawiyah Maskumambang yang dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2013/2014. Subjek penelitian sebanyak 232 pebelajar dari kelas VIII putri yang tersebar dalam 8 rombongan belajar (rombel) yang terbagi ke dalam 4 kelompok eksperimen dan 4 kelompok kontrol. Penetapan kelas eksperimen dan kelas kontrol dilakukan dengan teknik acak. Instrumen pengumpulan data menggunakan teknik angket dan tes. Sampel yang dianalisis berjumlah 152 pebelajar berdasarkan 33% kelompok SRL tinggi dan rendah. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kemampuan memahami teks bacaan pebelajar yang dibelajarkan menggunakan strategi pembelajaran kooperatif CIRC dan strategi pembelajaran ekspositori menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan. Hal ini dapat dibuktikan dengan nilai F hitung sebesar 41.257 dan probabilitas (p) 0 000 (2) kemampuan memahami teks bacaan pebelajar yang memiliki SRL tinggi dan SRL rendah menunjukkan perbedaan secara signifikan yang ditunjukkan dengan nilai F hitung sebesar 16.020 dan probabilitas (p) 0 000 (3) tidak terdapat pengaruh interaksi antara penggunaan strategi pembelajaran dengan SRL terhadap kemampuan memahami teks bacaan pebelajar yang dibuktikan dengan perolehan nilai F hitung sebesar 1.494 dan nilai probabilitas (p) 0 224 (4) kemampuan menulis karangan Bahasa Inggris antara pebelajar yang dibelajarkan menggunakan strategi pembelajaran kooperatif CIRC dan strategi pembelajaran ekspositori menunjukkan perbedaan yang signifikan. Hal ini dibuktikan dengan nilai F hitung sebesar 45.462 dengan probabilitas (p) 0 000 (5) kemampuan menulis karangan Bahasa Inggris antara pebelajar yang memiliki kemampuan SRL tinggi dan SRL rendah menunjukkan perbedaan yang signifikan yang dibuktian dengan nilai F hitung sebesar 12.729 dan probabilitas (p) 0 000 dan (6) tidak terdapat pengaruh interaksi antara penggunaan strategi pembelajaran dan SRL terhadap kemampuan menulis karangan Bahasa Inggris yang dibuktikan dengan perolehan nilai F hitung sebesar 1.702 dan nilai probabilitas (p) 0 194. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian ini menyatakan tidak adanya pengaruh interaksi antara strategi pembelajaran kooperatif CIRC dengan SRL terhadap kemampuan memahami teks bacaan dan menulis karangan Bahasa Inggris maka penelitian selanjutnya direkomendasikan untuk lebih memperhatikan instrumen yang dikembangkan sekaligus mengidentifikasi variabel-variabel lain yang dapat menentukan adanya interaksi strategi pembelajaran kooperatif CIRC dengan variabel lain disamping menggunakan teknik pengumpulan data kualitatif seperti teknik wawancara dan observasi partisipatori.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S3 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jan 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63639

Actions (login required)

View Item View Item