Pengembangan model pembelajaran Computer Supported Collaborative Learning (CSCL) dalam e-learning berbasis blog di lingkup perguruan tinggi / Soetam Rizky Wicaksono - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan model pembelajaran Computer Supported Collaborative Learning (CSCL) dalam e-learning berbasis blog di lingkup perguruan tinggi / Soetam Rizky Wicaksono

Wicaksono, Soetam Rizky (2015) Pengembangan model pembelajaran Computer Supported Collaborative Learning (CSCL) dalam e-learning berbasis blog di lingkup perguruan tinggi / Soetam Rizky Wicaksono. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Wicaksono Soetam Rizky 2014 Pengembangan Model Pembelajaran Computer Supported Collaborative Learning (CSCL) Dalam E-learning Berbasis Blog di Lingkup Perguruan Tinggi Disertasi Program Studi Teknologi Pembelajaran Pascasarjana Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Prof. Dr. I Wayan Ardhana M.A (II) Prof. Dr. H. Punaji Setyosari M.Pd. M.Ed P (III) Dr. H. Sulthon M.Pd Kata Kunci computer supported collaborative learning e-learning blog model pembelajaran Pembelajaran berbasis web di kalangan perguruan tinggi sering diasumsikan sebagai e-learning dan didefinisikan sebagai bahan ajar yang ditempatkan di komputer. Namun terjadi kesalahpahaman persepsi dalam penerapan e-learning yang lebih banyak berpusat kepada pengisian bahan ajar forum diskusi dan implementasi blended learning. Hasilnya adalah pebelajar di lingkup perguruan tinggi khususnya menjadi lebih apatis dan skeptis terhadap penerapan e-learning sehingga e-learning hanya menjadi sebuah kewajiban dibandingkan upaya inovasi proses pembelajaran. Karenanya dibutuhkan sebuah inovasi yang diharapkan dapat lebih menggiatkan pebelajar dalam partisipasi aktif di dalam e-learning. Inovasi yang telah terbukti berhasil dalam konteks ini adalah dengan menerapkan pembelajaran kolaboratif (collaborative learning) di dalam e-learning. Pembelajaran kolaboratif khususnya yang melibatkan teknologi komputer seperti halnya penerapan pembelajaran kolaboratif dengan e-learning juga disebut sebagai Computer-Supported Collaborative Learning atau CSCL. CSCL saat ini dianggap sebagai salah satu inovasi pembelajaran kolaboratif yang paling menjanjikan khususnya di lingkup perguruan tinggi. Tujuan dari pengembangan ini adalah untuk menghasilkan (1) produk model pembelajaran khususnya untuk CSCL e-learning berbasis blog dengan aplikasi terhadap objek uji coba mata kuliah Sistem Informasi Manajemen di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Ma Chung (2) produk yang dihasilkan kemudian dijabarkan menjadi strategi pembelajaran yang terdiri dari tiga strategi yakni strategi pengorganisasian manajemen dan penyampaian dan (3) pengembangan e-learning pembelajaran kolaboratif berbasis blog sebagai produk uji coba model pembelajaran Langkah pengembangan yang dilakukan secara keseluruhan menggunakan model Seels Glasgow (dengan adaptasi). Langkah yang dilakukan adalah dengan melakukan analisis dan kajian pustaka melakukan pembuatan prototipe uji coba analisis fase data dan melakukan analisis awal model pembelajaran serta pengembangan prototipe. Model pembelajaran terdiri dari tiga strategi yakni (1) strategi pengorganisasian (2) strategi penyampaian serta (3) strategi manajemen. Hasil dari proses pengembangan dengan menggunakan langkah yang sudah ditetapkan menghasilkan tiga strategi serta diujicobakan ke dalam prototipe produk yang menjadi landasan untuk revisi produk akhir dari model pembelajaran. Hasil dari pengembangan strategi pengorganisasian meliputi dua sub strategi yakni (1) rasional pemilihan media dan (2) pemilihan sumber belajar. Strategi penyampaian meliputi tiga sub strategi yaitu (1) instalasi blog (2) modifikasi blog dan (3) adaptasi CSCL. Strategi yang terakhir yakni strategi manajemen meliputi dua strategi yaitu (1) mata kuliah yang diampu dan rencana pembelajaran yang terbentuk serta (2) skema evaluasi. Hasil dari kajian produk menyatakan bahwa di dalam strategi pengorganisasian kesiapan komponen yang terlibat di dalam proses pembelajaran (institusi pebelajar pembelajar dan teknologi) juga harus disertai dengan lingkup perubahan peran (role changing) antara pebelajar dan pembelajar yang memiliki level sama dalam pencarian sumber belajar. Masalah yang kerap terjadi seperti plagiarisme dapat diatasi dengan penerapan dimensi 4T (Tugas Tenggat waktu Tim dan Teknologi). Kajian untuk strategi penyampaian menyatakan bahwa pemilihan Wordpress sebagai template blog dianggap mampu menyederhanakan proses instalasi dan modifikasi blog sebagai basis e-learning yang dijalankan. Sehingga dipastikan kendala teknologi yang dikhawatirkan terjadi seharusnya dapat diatasi dalam melakukan adaptasi ke dalam model CSCL. Kajian untuk strategi manajemen menyatakan bahwa penerapan model pembelajaran dalam pengembangan ini masih di dalam lingkup mata kuliah yang menjadi objek uji coba yakni mata kuliah Sistem Informasi Manajemen serta skema evaluasi yang digunakan juga mengacu pada skema lokasi uji coba yakni di Universitas Ma Chung Malang. Sehingga masih diperlukan penelitian lebih lanjut yang dapat melakukan validasi strategi ini.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S3 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jan 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63638

Actions (login required)

View Item View Item