Pengaruh strategi pembelajaran (pembelajaran berbasis proyek vs pembelajaran langsung) dan motivasi belajar terhadap pemahaman konsep dan keterampilan motorik / Abdul Hakim - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh strategi pembelajaran (pembelajaran berbasis proyek vs pembelajaran langsung) dan motivasi belajar terhadap pemahaman konsep dan keterampilan motorik / Abdul Hakim

Hakim, Abdul (2014) Pengaruh strategi pembelajaran (pembelajaran berbasis proyek vs pembelajaran langsung) dan motivasi belajar terhadap pemahaman konsep dan keterampilan motorik / Abdul Hakim. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Hakim Abdul. 2014. Pengaruh Strategi Pembelajaran (Pembelajaran Berbasis Proyek vs Pembelajaran Langsung) dan Motivasi Belajar terhadap Pemahaman Konsep dan Keterampilan Motorik. Disertasi. Program Studi Teknologi Pembelajaran Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Punaji Setyosari M.Pd M.Ed. (II) Prof. Dr. I Nyoman Sudana Degeng M.Pd (III) Dr. H. Dedi Kuswandi M.Pd Kata kunci pembelajaran berbasis proyek pembelajaran langsung motivasi belajar pemahaman konsep dan keterampilan motorik. 12288 12288 12288 12288 Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji pengaruh penerapan dua strategi pembelajaran yaitu pembelajaran berbasis proyek dan pembelajaran langsung terhadap pemahaman konsep dan keterampilan motorik. Pengembangan dan penerapan strategi-strategi pembelajaran yang inovatif di dalam kelas ini diharapkan akan membantu pembelajar mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan dunia nyata serta mendorong pebelajar membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini adalah penelitian eksprimen kuasi. Dalam penelitian ini semua kelompok mendapat perlakuan berbeda yakni kelompok pertama menggunakan strategi Pembelajaran Berbasis Proyek dan kelompok kedua dengan strategi Pembelajaran Langsung. Dengan demikian desain eksperimen penelitian ini merupakan versi dari nonequivalent control group design (the version of nonequivalent control group design). Subjek penelitian adalah mahasiswa program studi Kurikulum dan Teknologi Pendidikan FKIP Universitas Muhammadiyah Makassar semester VI tahun ajaran 2012/2013 yang memprogram mata kuliah Produksi Media Video. Pengumpulan data dilakukan dengan instrumen yang terdiri atas instrumen untuk menentukan motivasi belajar mahasiswa dan instrumen untuk mengukur hasil belajar mahasiswa. Data dianalisis dengan analisis deskriptif dan MANOVA (2x2). Perhitungan menggunakan program IBM SPSS versi 20 for windows. 12288 12288 12288 12288 Temuan penelitian 1) ada perbedaan signifikan hasil belajar pemahaman konsep antara mahasiswa yang diajar dengan strategi pembelajaran berbasis proyek dengan strategi pembelajaran langsung 2) ada perbedaan signifikan hasil belajar pemahaman konsep mahasiswa yang memiliki motivasi belajar tinggi dan motivasi belajar rendah 3) tidak terdapat interaksi antara strategi pembelajaran berbasis proyek dan motivasi belajar terhadap hasil belajar pemahaman konsep 4) ada perbedaan hasil belajar keterampilan motorik antara mahasiswa yang diajar dengan strategi pembelajaran berbasis proyek dan strategi pembelajaran langsung 5) ada perbedaan hasil belajar keterampilan motorik mahasiswa yang memiliki motivasi belajar tinggi dan motivasi belajar rendah 6) tidak terdapat interaksi antara strategi pembelajaran berbasis proyek dan motivasi belajar terhadap hasil belajar keterampilan motorik. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan temuan penelitian maka disarankan 1) dosen pengampu mata kuliah produksi media video agar dapat mempertimbangkan strategi pembelajaran berbasis proyek sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa serta dapat menggunakan dan mengembangkan perangkat perkulihaan Produksi media video yang telah dikembangkan oleh peneliti 2) program studi fakultas dan lembaga perguruan tinggi agar dapat menyiapkan sarana dan prasarana yang memadai dalam menunjang proses pelaksanaan belajar mengajar.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S3 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Oct 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63636

Actions (login required)

View Item View Item