Pengaruh strategi pembelajaran dan gaya berpikir terhadap hasil belajar pemahaman dan menerapkan konsep IPS / Agus Purwowidodo - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh strategi pembelajaran dan gaya berpikir terhadap hasil belajar pemahaman dan menerapkan konsep IPS / Agus Purwowidodo

Purwowidodo, Agus (2014) Pengaruh strategi pembelajaran dan gaya berpikir terhadap hasil belajar pemahaman dan menerapkan konsep IPS / Agus Purwowidodo. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Agus Purwowidodo 2014. Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Gaya Berpikir Terhadap Hasil Belajar Pemahaman dan Menerapkan Konsep IPS. Disertasi Program Studi Teknologi Pembelajaran Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. I Wayan Ardhana MA. (II) Prof. Dr. I Nyoman Sudana Degeng M.Pd. (III) Prof. Dr. H. Punadji Setyosari M.Ed. M.Pd. Kata Kunci Generatif Ekspositori Gaya berpikir pemahaman menerapkan konsep 12288 12288 12288 12288 12288 Paradigma baru pembelajaran memberika peluang kepada para siswa terlibat secara aktif dalam proses belajar dan strategi pembelajaran yang tepat dapat meningkatkan aktivitas belajar dan memfasilitasi siswa dalam rangka membangun konsep dan merefleksikannya pada kegiatan pembelajaran. Strategi pembelajaran generatif berorientasi pada membantu siswa untuk mampu memahami dan menganalisis pengetahuan baru dan menggabungkan ide-ide baru itu dengan pengetahuan yang dimiliki sebelumnya sehingga dalam diri siswa akan terbangun struktur mental yang baru. Strategi pembelajaran generatif di pandang sesuai untuk mengakomodasikan kebutuhan tersebut karena dapat meningkatkan pemahaman melalui proses perubahan kognitif dalam upaya memahami informasi-informasi baru siswa dapat menyelesaikan tugasnya melalui bantuan temannya dapat meningkatkan rasa tanggung jawab lebih menekankan pada pengajaran top-down dari pada bottom-up. Top-down berarti siswa langsung mulai dari masalah-masalah komplek utuh dan autentik untuk dipecahkan menganut asumsi sentral bahwa belajar itu ditemukan. Selama ini guru berpengalaman menggunakan strategi pembelajaran ekspositori. Penelitian ini mengitegrasikan strategi pembelajaran (generatif dan ekspositori) dengan gaya berpikir (divergen dan konvergen) untuk meningkatkan perolehan hasil belajar pemahaman dan menerapkan konsep IPS siswa kelas VII. 12288 12288 12288 12288 12288 Selain strategi pembelajaran yang tepat maka salah satu faktor yang diprediksi mempengaruhi hasil belajar adalah gaya berpikir siswa dan menjadi salah satu unsur penting untuk diperhatikan dalam merencanakan pembelajaran. Gaya berpikir siswa adalah cara merespon memanipulasi atau mengelola dalam mentransformasi informasi-informasi dalam memori siswa untuk membentuk konsep nalar dalam berpikir secara kritis dalam membuat keputusan dan merencanakan masalah. Gaya berpikir menjadi salah satu variabel yang penting dalam pembelajaran. 12288 12288 12288 12288 12288 Tujuan utama penelitian ini adalah menentukan pengaruh utama dan interaksi strategi pembelajaran dan gaya berpikir terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VII. Kegunaan dan manfaat penelitian ini Pertama strategi pembelajaran generatif sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan hasil belajar. Kedua strategi pembelajaran generatif berguna untuk mengaktifkan struktur kognitif dan menghubungkan pengetahuan lama dengan pengatahuan baru dalam rangka membangun konsep dan merefleksikannya pada kegiatan pembelajaran. Secara praktis manfaat penelitian ini adalah Pertama bahan pertimbangan guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dengan melibatkan siswa secara aktif dalam pembelajaran. Kedua hasil pengembangan perangkat pembelajaran berupa lembar kerja siswa rencana pelaksanaan pembelajaran dan gaya berpikir siswa dapat menjadi acuan dalam pengajaran IPS di SMP. Tiga guru mitra mendapat pengalaman secara langsung menggunakan strategi pembelajaran generatif dan gaya berpikir siswa. 12288 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan desain non-equevalent control group dengan menerapkan desain faktorial 2x2 dalam rancangan eksperimennya. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII tahun akademik 2012/2013 di SMPN 1 dan 2 Sumbergempol Tulungagung yang terdiri dari enam kelas dengan subjek penelitian sebanyak 194 siswa yang diambil secara acak. Subjek penelitian ditetapkan empat kelas di SMP Negeri 2 Sumbergempol dan dua kelas di SMP Negeri 1 Sumbergempol. Hipotesis diuji dengan uji statistika Multivariat Analysis of Variance (MANOVA) 12288 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) ada perbedaan hasil belajar pemahaman konsep IPS antara siswa yang belajar dengan strategi pembelajaran generatif dan strategi pembelajaran ekspositori (F 24 987 p 0 000) (2) ada perbedaan perolehan belajar pemahaman konsep IPS antara siswa yang belajar dengan gaya berpikir divergen dan konvergen (F 12 650 p 0 000) (3) ada pengaruh interaksi antara strategi pembelajaran gaya berpikir terhadap perolehan belajar pemahaman konsep IPS (F 4 253 p 0.041) (4) ada perbedaan hasil belajar menerapkan konsep IPS antara siswa yang belajar dengan strategi pembelajaran generatif dan strategi pembelajaran ekspositori (F 53 934 p 0 00) (5) ada perbedaan perolehan belajar menerapkan konsep IPS antara siswa yang belajar dengan gaya berpikir divergen dan konvergen (F 18 837 p 0 000) (6) ada pengaruh interaksi antara strategi pembelajaran gaya berpikir terhadap perolehan belajar menerapkan konsep IPS (F 11 261 p 0 001). 12288 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan temuan penelitian ini disarankan kepada para guru menggunakan strategi pembelajaran generatif dalam proses pembelajaran IPS. Karena strategi ini efektif untuk mengoptimalkan pencapaian tujuan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S3 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Oct 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63635

Actions (login required)

View Item View Item