Pengaruh model pembelajaran kontekstual vs pembelajaran langsung dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar kognitif dan keterampilan motorik di SMK Negeri 2 Kupang / Edy Suprapto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran kontekstual vs pembelajaran langsung dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar kognitif dan keterampilan motorik di SMK Negeri 2 Kupang / Edy Suprapto

Suprapto, Edy (2014) Pengaruh model pembelajaran kontekstual vs pembelajaran langsung dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar kognitif dan keterampilan motorik di SMK Negeri 2 Kupang / Edy Suprapto. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Suprapto Edy. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual Vs Pembelajaran Langsung dan Motivasi Berprestasi terhadap Hasil Belajar Kognitif dan Keterampilan Motorik di SMK Negeri 2 Kupang.Disertasi Program Studi Teknologi Pembelajaran Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. I Nyoman Sudana Degeng M.Pd (II) Prof. Dr. H. Punadji Setyosari M.Ed. M.Pd (III) Dr. Waras Kamdi M.Pd. Kata kunci model pembelajaran kontekstual model pembelajaran langsung motivasi berprestasi hasil belajar kognitif dan keterampilan motorik. 12288 12288 12288 12288 Model pembelajaran kontekstual merupakan salah satu alternatif model pembelajaran yang efektif dan efisien bagi siswa yang menempuh pelajaran sepeda motor di Sekolah Menengah Kejuruan. Model pembelajaran ini mempunyai beberapa kelebihan dalam proses belajar mengajar antara lain dapat membuat pembelajaran lebih relevan dengan kehidupan nyata menanamkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif terhadap pemecahan masalah belajar kolaboratif dan belajar dalam konteks yang bermakna. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini bertujuan (1) menguji perbedaan hasil belajar kognitif antara siswa yang diajar dengan model pembelajaran kontekstual dan pembelajaran langsung (2) menguji perbedaan hasil belajar kognitif antara siswa dengan motivasi berprestasi tinggi dan siswa dengan motivasi berprestasi rendah (3) menguji ada tidaknya interaksi antara model pembelajaran dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar kognitif (4) menguji perbedaan hasil belajar keterampilan motorik antara siswa yang diajar dengan model pembelajaran kontekstual dan pembelajaran langsung (5) menguji perbedaan hasil belajar keterampilan motorik antara siswa dengan motivasi berprestasi tinggi dan siswa dengan motivasi berprestasi rendah dan (6) menguji ada tidaknya interaksi antara model pembelajaran dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar keterampilan motorik. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen dengan model rancangan nonequivalent control group design yang menggunakan rancangan faktorial 2x2. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X TKR yang memprogram pelajaran sepeda motor semester ganjil tahun 2013/2014 terdiri atas dua kelas paralel sebanyak 77 siswa. Subjek penelitian tidak ditentukan secara random tapi diambil secara apa adanya (intact group) kelas X TKR 1 (38 siswa) sebagai kelas eksperimen (pembelajaran kontekstual) dan kelas X TKR 2 (39 siswa) sebagai kelas kontrol (pembelajaran langsung). Variabel moderator penelitian ini adalah motivasi berprestasi yang terdiri atas siswa dengan motivasi berprestasi tinggi dan siswa dengan motivasi berprestasi rendah. Data hasil penelitian kemudian dianalisis dengan analisis deskriptif dan MANOVA (Multivariate Analysis of Variance). Sebelum dilakukan analisis MANOVA dilakukan uji persyaratan analisis dengan uji normalitas dari kolmogorov-Smirnov dan uji homogenitas dengan uji levene s test yang didasarkan pada taraf signifikansi 5%. 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 Dari hasil analisis data dapat disimpulkan (1) penggunaan model pembelajaran kontekstual lebih unggul (rerata 78 03 dan SD 9 29) dibandingkan dengan model pembelajaran langsung (rerata 71 49 dan SD 7 53) pada hasil belajar kognitif (2) ada perbedaan hasil belajar kognitif yang signifikan antara siswa dengan motivasi berprestasi tinggi (rerata 77 65 dan SD 7 82) dan siswa dengan motivasi berprestasi rendah (rerata 71 54 dan SD 9 23) (3) tidak ada interaksi yang signifikan antara model pembelajaran dan motivasi berprestasi pada hasil belajar kognitif (4) penggunaan model pembelajaran kontekstual lebih unggul (rerata 76 24 dan SD 5 64) dibandingkan dengan model pembelajaran langsung (rerata 73 23 dan SD 5 20) pada hasil belajar keterampilan motorik (5) ada perbedaan belajar keterampilan motorik yang signifikan antara siswa dengan motivasi berprestasi tinggi (rerata 76 60 dan SD 5 11) dan siswa dengan motivasi berprestasi rendah (rerata 72 68 dan SD 5 44) dan (6) tidak ada interaksi yang signifikan antara model pembelajaran dan motivasi berprestasi pada hasil belajar keterampilan motorik. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil penelitian ini disampaikan beberapa saran untuk pemanfaatan model pembelajaran kontekstual pada pelajaran sepeda motor yaitu (1) guru pengampu mata pelajaran sepeda motor sebaiknya menggunakan model pembelajaran kontekstual dalam proses belajar mengajar tidak tergantung motivasi berpretasi siswa agar dapat meningkatkan hasil belajar kognitif dan keterampilan motorik (2) agar perbedaan motivasi berprestasi siswa dapat terakomodasi dalam pembelajaran kontekstual maka guru perlu memberikan perhatian dan fasilitas yang sesuai dan memberikan dorongan kepada setiap siswa sesuai dengan kebutuhan mereka dan (3) guru perlu merubah kebiasaan dari penggunaan model pembelajaran langsung menjadi menggunakan model pembelajaran kontesktual jika tujuan pembelajarannya adalah melatih siswa berpikir tingkat tinggi dan pemecahan masalah. Untuk penelitian selanjutnya disampaikan saran sebagai berikut (1) untuk melihat keefektifan model pembelajaran kontekstual dengan melibatkan variabel-variabel lain seperti sikap gaya belajar kemampuan kognitif latar belakang siswa dan lain-lain dan (2) dapat dilakukan atau berikutnya dicoba pada pelajaran atau kompetensi keahlian yang lain seperti mesin listrik elektronika sipil dan informatika.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S3 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Aug 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63633

Actions (login required)

View Item View Item