Pengaruh penggunaan variasi media dalam pembelajaran langsung dan gaya belajar terhadap hasil belajar bahasa Jepang kelas XI SMA / Dwi Retno Udjian Ningsih - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penggunaan variasi media dalam pembelajaran langsung dan gaya belajar terhadap hasil belajar bahasa Jepang kelas XI SMA / Dwi Retno Udjian Ningsih

Ningsih, Dwi Retno Udjian (2014) Pengaruh penggunaan variasi media dalam pembelajaran langsung dan gaya belajar terhadap hasil belajar bahasa Jepang kelas XI SMA / Dwi Retno Udjian Ningsih. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ningsih Dwi Retno Udjian 2014. Pengaruh Penggunaan Variasi Media Dalam Pembelajaran Langsung Dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Bahasa Jepang Kelas XI SMA. Disertasi. Program Studi Teknologi Pembelajaran. Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. I Nyoman S. Degeng M. Pd. (II) Prof. Dr. Punaji Setyosari M.Pd. M.Ed. (III) Prof. Dr. Haryono M.Pd. Kata Kunci variasi media pembelajaran langsung gaya belajar hasil belajar Bahasa Jepang Penelitian ini mengkaji pemanfaatan variasi media untuk memudahkan dan meningkatkan belajar dalam implementasi pembelajaran menggunakan model pembelajaran langsung. Variasi media meliputi penggunaan (1) media interaktif (2) Media presentasi dan selain itu penelitian ini juga menjelaskan pengaruh variasi media dalam pembelajaran langsung dan gaya belajar terhadap hasil belajar pebelajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji (1) perbedaan hasil belajar kelas XI SMA antara kelompok pebelajar yang dibelajarkan menggunakan media intteraktif media presentasi dalam pembelajaran langsung (2) perbedaan hasil belajar pebelajar kelas XI SMA antara kelompok pebelajar yang memiliki gaya belajar visual auditori dan kinestetik dan (3) interaksi penggunaan variasi media dalam pembelajaran langsung dan gaya belajar terhadap hasil belajar bahasa Jepang. Penelitian ini menggunakan rancangan eksperimen semu dengan rancangan faktorial (2x3) yang melibatkan dua kelompok subjek dengan memperhatikan adanya variabel moderator yang diduga dapat mempengaruhi eksperimen terhadap hasil yang didapatkan. Kelompok subjek penelitian dipilih secara random kemudian diberi prates. Dua kelompok subjek terpilih mendapatkan perlakuan yang berbeda yaitu (1) kelompok 1 dibelajarkan dengan menggunakan media interaktif (2) Kelompok 2 dibelajarkan dengan menggunakan media presentasi. Kedua hipotesis penelitian diuji dengan menggunakan teknik analisis varian (ANAVA) dua jalur. Semua analisis statistik menggunakan program statistik SPSS 20 0 dan semua pengujian hipotesis nol dilakukan pada taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan hasil belajar pebelajar kelas XI SMA antara kelompok pebelajar yang dibelajarkan menggunakan media interaktif dan media presentasi dalam pembelajaran langsung dan kelompok pebelajar yang dibelajarkan menggunakan media interaktif memberikan hasil belajar yang lebih tinggi dibandingkan kelompok pembelajaran yang dibelajarkan menggunakan media presentasi (2) terdapat perbedaan hasil belajar pebelajar kelas XI SMA antara kelompok pebelajar yang memiliki gaya belajar visual auditori dan kinestetik dan (3) terdapat interaksi penggunaan variasi media dalam pembelajaran langsung dan gaya belajar terhadap hasil belajar bahasa Jepang kelas XI SMA. Bertitik tolak dari temuan penelitian ini beberapa saran diberikan kepada para pembelajar (a) pembelajar sebaiknya menyisihkan waktu merancang pembelajaran dengan cermat dan menyusun panduan di setiap tahapan proses pembelajaran langsung (b) Pembelajar sebaiknya meminta kepada pebelajar untuk mempelajari bahan ajar dan LKS di rumah sebelum proses belajar di kelas cukup efektif dilakukan untuk menggali gagasan awal. Untuk penelitian lanjut diharapkan adanya penelitian tindakan kelas untuk memperoleh kualitas proses pembelajaran berbasis teknologi dan media yang lebih optimal sehingga dapat tergambarkan tingkat keefektifan penggunaan variasi media dalam pembelajaran langsung.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S3 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Aug 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63631

Actions (login required)

View Item View Item