Pengaruh metode (diskusi vs simulasi), pengetahuan awal dan gaya belajar terhadap hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan / Suhari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh metode (diskusi vs simulasi), pengetahuan awal dan gaya belajar terhadap hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan / Suhari

Suhari (2014) Pengaruh metode (diskusi vs simulasi), pengetahuan awal dan gaya belajar terhadap hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan / Suhari. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Suhari 2014. Pengaruh Metode (Diskusi Vs Simulasi) Pengetahuan Awal dan Gaya Belajar terhadap Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan. Disertasi Program Studi Teknologi Pembelajaran Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. I Nyoman Sudana Degeng M.Pd (2) Prof. Dr. Wayan Ardhana MA (3) Prof. Dr. H. Punadji Setyosari M.Pd. M.Ed. Kata kunci Metode diskusi metode simulasi pengetahuan awal gaya belajar hasil belajar. Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) belum memberikan hasil yang diharapkan. Pebelajar sering kesulitan menerapkan konsep yang diperoleh selama pembelajaran dalam situasi nyata. Pembelajaran cenderung pada kemampuan kognitif pada aspek mengingat kurang menekankan kemampuan kognitif pada aspek pemahaman aplikasi analisis dan evaluasi. Pembelajaran berupa pemindahan informasi sehingga pebelajar pasif. Kondisi ini memerlukan pemecahan. Salah satu upaya mengatasi masalah tersebut dengan menerapkan metode pembelajaran yang memposisikan pebelajar menjadi aktif dapat mengembangkan kemampuan dan hasil belajarnya. Sesuai dengan karakteristik PKn dan tujuan yang hendak dicapai metode yang dipilih adalah diskusi dan simulasi. Disamping metode faktor lain yang mempengaruhi hasil belajar adalah faktor pengetahuan awal dan gaya belajar yang dimiliki pebelajar. Dalam penelitian ini faktor pengetahuan awal dan gaya belajar dipilih karena diduga turut mempengaruhi pencapaian hasil belajar. Penelitian ini bertujuan menguji pengaruh metode (diskusi vs simulasi) pengetahuan awal dan gaya belajar terhadap hasil belajar PKn. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh utama dan pengaruh interaksi variabel perlakuan dan variabel moderator terhadap hasil belajar. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen menggunakan desain faktorial non equivalent control group design (2 x 2 x 2). Pengumpulan data kelas uji coba tanggal 11 Juni 2013 sedangkan pelaksanaan eksperimen tanggal 25 Juni 2013 sampai tanggal 10 Agustus 2013. Subjek penelitian adalah mahasiswa PGSD Universitas PGRI Adi Buana Surabaya semester IV tahun akademik 2012-2013 sejumlah 152 pebelajar. Pemilihan sampel menggunakan teknik cluster sampling. Data pengetahuan awal diperoleh melalui tes pengetahuan awal data gaya belajar diperoleh melalui Index of Learning Style (ILS) dari Felder dan Soloman dimensi aktif dan reflektif sedangkan data hasil belajar diperoleh dari tes yang dilaksanakan pada akhir pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan (1) ada perbedaan hasil belajar PKn antara pebelajar yang diajar menggunakan metode diskusi dan metode simulasi. (2) ada perbedaan hasil belajar PKn antara pebelajar yang memiliki pengetahuan awal tinggi dan pengetahuan awal rendah. (3) ada perbedaan hasil belajar PKn antara pebelajar yang memiliki gaya belajar aktif dan gaya belajar reflektif. (4) tidak ada pengaruh interaksi antara metode pembelajaran dan pengetahuan awal terhadap hasil belajar PKn. (5) tidak ada pengaruh interaksi antara metode pembelajaran dan gaya belajar terhadap hasil belajar PKn. (6) tidak ada pengaruh interaksi antara pengetahuan awal dan gaya belajar terhadap hasil belajar PKn. (7) ada pengaruh interaksi antara metode pembelajaran pengetahuan awal dan gaya belajar terhadap hasil belajar PKn. Hasil statistik deskriptif menunjukkan bahwa metode diskusi dengan rerata 75 50 mempunyai pengaruh lebih baik terhadap hasil belajar dibanding metode simulasi dengan rerata 71 12. Berdasarkan temuan penelitian diberikan saran-saran (1) Pengampu mata kuliah PKn disarankan menggunakan metode diskusi karena dapat meningkatkan hasil belajar disamping melatih berfikir kritis bekerjasama dan menghargai pendapat orang lain. (2) pengetahuan awal perlu diperhatikan karena menjadi dasar menyampaikan pengetahuan baru sekaligus menentukan cara memahami materi baru tersebut. (3) Gaya belajar yang dimiliki pebelajar perlu dipahami agar pembelajar bisa mengakomodasi perbedaan gaya belajar tersebut sehingga proses pembelajaran berjalan dengan baik.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S3 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Aug 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63630

Actions (login required)

View Item View Item