Pengaruh strategi pembelajaran dan gaya berpikir terhadap hasil belajar sejarah siswa SMA / Lukman Nadjamuddin - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh strategi pembelajaran dan gaya berpikir terhadap hasil belajar sejarah siswa SMA / Lukman Nadjamuddin

Nadjamuddin, Lukman (2014) Pengaruh strategi pembelajaran dan gaya berpikir terhadap hasil belajar sejarah siswa SMA / Lukman Nadjamuddin. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Nadjamuddin Lukman. 2014. Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Gaya Berpikir terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa SMA. Disertasi. Program Studi Teknologi Pembelajaran Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. I Nyoman Sudana Degeng M.Pd. (II) Dr. Wasis D. Dwiyogo M.Pd (III) Dr. Muh. Nur Ali M.Si. Kata kunci Strategi Pembelajaran Group Investigation Ekspositori Gaya Berpikir dan Hasil Belajar 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 Hasil belajar adalah semua efek yang dapat dijadikan indikator tentang nilai dari penggunaan strategi pembelajaran di bawah kondisi yang berbeda. Efek tersebut dapat berupa efek yang sengaja dirancang karena memang diinginkan dan bisa juga dalam bentuk efek nyata sebagai hasil penggunaan strategi pembelajaran tertentu. Jika acuan pembelajaran adalah hasil pembelajaran yang diinginkan maka ditetapkan terlebih dahulu hasilnya sebelum menentukan strategi pembelajaran sehingga strategi yang dipilih dapat berkontribusi secara optimal untuk mencapai hasil yang telah ditetapkan. Sebaliknya jika acauan pembelajaran adalah hasil yang nyata maka pilihan strategi pembelajaran ditetapkan terlebih dahulu kemudian mengamati hasil pembelajaran sebagai akibat dari penggunaan strategi di bawah kondisi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran group investigation dan strategi pembelajaran eskpositori terhadap hasil belajar sejarah siswa SMA yang memiliki gaya berpikir vertikal dan gaya berpikir lateral terhadap hasil belajar dan pengaruh interaksi antara strategi pembelajaran dan gaya berpikir terhadap hasil belajar. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen kuasi versifaktorial 2x2 pretest posttest nonequivalent control group design. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI pada tiga SMA Negeri di Kabupaten Sigi yang dipilih dengan metode cluster random sampling. Subjek yang dilibatkan sebanyak 112 orang yang terbagi ke dalam enam kelas. Data penelitian dikumpulkan menggunakan intrumen gaya berpikir dan tes hasil dianalisis secara deskriptif dan inferensial dengan statisitik ANOVA menggunakan Software IBM SPSS versi 20 for windows dan pengujian hipotesis dilakukan pada taraf signifikansi 5%. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan temuan sebagai berikut 1) secara deskriptif strategi pembelajaran group investigation lebih unggul dibanding dengan strategi pembelajaran eskpositori dalam menigkatkan hasil belajar sejarah 2) kelompok sisiwa memiliki gaya berpikir vertikal memiliki hasil belajar sejarah yang lebih unggul dibanding dengan kelompok siswa yang memiliki gaya berpikir lateral dan 3) terdapat pengaruh interaksi antara strategi pembelajaran dan gaya berpikir terhadap hasil belajar sejarah. Hasil penelitian ini menginformasikan bahwa strategi pembelajaran group investigation berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar sejarah bergantung pada gaya berpikir siswa. Berdasarkan temuan penelitian maka guru sejarah SMA disarankan menggunakan strategi pembelajaran group investigation untuk meningkatkan hasil belajar sejarah kemudian guru sejarah perlu mengetahui terlebih dahulu gaya berpikir siswa sebelum memutuskan untuk menerapkan suatu strategi pembelajaran tertentu.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S3 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Jul 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63626

Actions (login required)

View Item View Item