Kemampuan guru tersertifikasi dalam perancangan dan penerapan pembelajaran (studi multisitus pada SMK Negeri Kota Palu) / Syafruddin - Repositori Universitas Negeri Malang

Kemampuan guru tersertifikasi dalam perancangan dan penerapan pembelajaran (studi multisitus pada SMK Negeri Kota Palu) / Syafruddin

Syafruddin (2014) Kemampuan guru tersertifikasi dalam perancangan dan penerapan pembelajaran (studi multisitus pada SMK Negeri Kota Palu) / Syafruddin. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Syafruddin 2014. Kemampuan Guru Tersertifikasi dalam Perancangan dan Penerapan Pembelajaran (Studi Multisitus pada SMK Negeri Kota Palu). Disertasi Program Studi Teknologi Pembelajaran Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. I Nyoman Sudana Degeng M.Pd. (II) Dr. H. Sulton M.Pd. dan (III) Dr. H. Gazali Lembah M.Pd. Kata Kunci kemampuan/kompetensi guru tersertifikasi perancangan dan penerapan pembelajaran hambatan SMK. 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 Peningkatan kualitas sumberdaya manusia melalui pendidikan tentu tak bisa dilepaskan dari peran guru. Guru memegang peranan kunci dan menentukan keberhasilan pendidikan di sekolah melalui kegiatan belajar mengajar disamping faktor-faktor sumber daya lainnya karena di tangan gurulah kurikulum sumber belajar sarana dan prasarana serta iklim pembelajaran menjadi sesuatu yang berarti bagi kehidupan siswa. Namun kenyataannya ditengarai bahwa profesionalisme guru masih rendah dan secara makro merupakan penyebab rendahnya mutu pendidikan nasional secara keseluruhan. Selain itu juga ditengarai belum adanya dampak positif guru tersertifikasi terhadap kinerjanya dalam melaksanakan tugas-tugas profesional yang berkaitan dengan peningkatan kualitas pembelajaran dan mutu pendidikan di sekolah. Sehubungan hal itu perlu dilakukan suatu kajian secara mendalam terhadap kemampuan guru tersertifikasi dalam perancangan dan penerapan pembelajaran terutama di lingkungan SMK Negeri Kota Palu. 12288 12288 12288 12288 Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif-kualitatif dengan rancangan studi kasus multisitus. Lokasi penelitian adalah SMK Negeri 1 Palu SMK Negeri 2 Palu dan SMK Negeri 3 Palu. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan kemampuan guru tersertifikasi dalam perancangan pembelajaran (2) Untuk mendeskripsikan kemampuan guru tersertifikasi dalam penerapan pembelajaran dan (3) Untuk mendeskripsikan hambatan guru tersertifikasi dalam perancangan dan penerapan pembelajaran. Sumber data adalah guru tersertifikasi/dan koordinator bidang studi atau matapelajaran serta bahan-bahan dokumentasi yang relevan dengan tujuan penelitian. Metode atau teknik pengumpulan data yaitu wawancara/rubrik penilaian diri pengamatan (observasi) dan analisis isi dokumen. Analisis data menggunakan teknik model interaktif triangulasi. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian (1) Kemampuan guru tersertifikasi dalam perancangan pembelajaran menunjukkan bahwa guru tersertifikasi belum seluruhnya memiliki kemampuan secara optimal dalam perancangan pembelajaran. Ketidakmampuan guru tersertifikasi dalam perancangan pembelajaran meliputi (a) pengurutan dan perumusan SK dan KD (b) penentuan dan uraian materi pokok/bahan ajar pembelajaran (c) pemilihan pengalaman belajar siswa (d) penjabaran KD menjadi indikator (e) penjabaran indikator ke dalam instrumen penilaian jenis tagihan yang digunakan (f) jenis tagihan yang digunakan (g) menentukan alokasi waktu pembelajaran dan (h) memilih serta menentukan media dan sumber pembelajaran (2) Kemampuan guru tersertifikasi dalam penerapan pembelajaran. Pada kenyataannya kemampuan guru tersertifikasi belum optimal dalam penerapan pembelajaran baik dalam melaksanakan kegiatan awal pembelajaran kegiatan inti maupun dalam melaksanakan kegiatan penutup pembelajaran (3) Hambatan guru tersertifikasi dalam perancangan dan penerapan pembelajaran adalah (a) hambatan teknis dan (b) hambatan non teknis. Hambatan teknis pada dasarnya dalam kaitan dengan aspek keterampilan yang dimiliki oleh guru tersertifikasi yang bersangkutan. Dimana keterampilan guru dalam mengembangkan dan merancang pembelajaran ke dalam bentuk rencana pelaksanan pembelajaran (RPP) adalah belum memadai atau belum optimal. Demikian juga dengan terbatasnya keterampilan guru tersertifikasi dalam penerapan pembelajaran sebagai implementasi RPP. Sedangkan hambatan non teknis adalah keterbatasan aspek pengetahuan (kognitif) sikap (afektif) keterbatasan alokasi waktu dan keterbatasan sarana/media pembelajaran dalam melaksanakan tugas-tugas profesinya. Seperti terbatasnya pemahaman tentang prinsip-prinsip pengembangan pembelajaran dan pemahaman tentang langkah-langkah proses pembelajaran yang optimal dan efektif. Berdasarkan hasil penelitian dikemukakan beberapa saran (1) Kementerian Pendidikan Nasional dalam hal ini Dirjen Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan perlu ada upaya peningkatan mutu pendidik/guru melalui Pendidikan dan Pelatihan Profesional Guru (PLPG) ketimbang melalui portofolio (2) Perguruan Tinggi khususnya Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) perlu ada peningkatan dalam mendidik dan membina guru serta calon guru yang berkualitas (3) Pemerintah Kota Palu dalam hal ini Dinas Pendidikan pelu upaya peningkatan kualitas pendidikan dengan meningkatkan kompetensi guru dalam perancangan dan penerapan pembelajaran melalui kerjasama dengan LPMP LPTK PGRI NGO/LSM yang memiliki perhatian terhadap pendidikan (4) Pengawas dan Kepala Sekolah disarankan perlu peningkatan tugas dan fungsinya pada satuan pendidikan yang menjadi tanggung jawabnya terutama dalam hal pelaksanaan tugas supervisi akademik/pendidikan (5) Guru tersertifikasi perlu ada upaya peningkatan kompetensi profesionalnya dengan menambah pengetahuan sikap dan keterampilan terutama yang berkaitan dengan kemampuan dalam perancangan dan penerapan pembelajaran baik secara individual maupun kelompok antar guru dan (6) Bagi Peneliti perlu ada penelitian lanjut dalam kaitan dengan peningkatan dan pelaksanaan kinerja guru tersertifikasi pada satuan pendidikan khususnya SMK negeri maupun swasta di Kota Palu.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S3 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Jul 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63625

Actions (login required)

View Item View Item