Pengaruh strategi pembelajaran online dan ekspositori dengan orientasi tujuan berbeda terhadap kemampuan berfikir tingkat tinggi mahasiswa pada mata kuliah kimia dasar / Kasmudin Mustapa - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh strategi pembelajaran online dan ekspositori dengan orientasi tujuan berbeda terhadap kemampuan berfikir tingkat tinggi mahasiswa pada mata kuliah kimia dasar / Kasmudin Mustapa

Mustapa, Kasmudin (2014) Pengaruh strategi pembelajaran online dan ekspositori dengan orientasi tujuan berbeda terhadap kemampuan berfikir tingkat tinggi mahasiswa pada mata kuliah kimia dasar / Kasmudin Mustapa. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Mustapa Kasmudin. 2014. Pengaruh Strategi Pembelajaran Online dan Ekspositori dengan Orientasi Tujuan Berbeda terhadap Kemampuan Berfikir Tingkat Tinggi Mahasiswa pada Mata Kuliah Kimia Dasar. Disertasi Program Studi Teknologi Pembelajaran Pascasarjana Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Prof. Dr. I Wayan Ardhana M.A. (II) Prof. Dr. I Nyoman Sudana Degeng M.Pd. (III) Prof. Dr. H. Punaji Setyosari M.Pd. M.Ed. Kata Kunci Online ekspositori orientasi tujuan kemampuan berfikir tingkat tinggi kimia dasar. 12288 12288 12288 Perkembangan teknologi komunikasi dan komputer membawa dampak yang sangat pesat dalam kehidupan manusia termasuk dalam dunia pendidikan. Penggunaan teknologi dalam setiap proses pembelajaran telah menjadi sebuah kebutuhan khususnya di lingkup perguruan tinggi serta menghasilkan sebuah proses pembelajaran yang lebih baik dalam memberikan kontribusi yang sangat besar untuk menggeser paradigma pembelajaran dari pembelajaran berpusat pada guru menjadi pembelajaran berpusat pada siswa. Pelaksanaan strategi pembelajaran online pada mahasiswa diharapkan mampu mengatasi hambatan atau masalah dalam belajar mempunyai rasa percaya diri dan dapat melakukan proses belajar secara mandiri. Kondisi pembelajaran dalam hal ini karakteristik si-belajar seperti orientasi tujuan mahasiswa dan strategi pembelajaran online menjadi salah satu faktor keberhasilan peningkatan keterampilan berpikir tingkat tinggi pada mata kuliah kimia dasar. 12288 12288 12288 Tujuan penelitian ini sebagai berikut (1) untuk menguji perbedaan kemampuan berfikir tingkat tinggi antara mahasiswa yang diberi perlakuan dengan pembelajaran online dan ekspositori pada mata kuliah kimia dasar (2) untuk menguji perbedaan kemampuan berfikir tingkat tinggi mahasiswa yang mempunyai orientasi tujuan belajar dan orientasi tujuan penampilan pada mata kuliah kimia dasar (3) untuk menjelaskan interaksi antara pembelajaran online dan ekspositori dengan orientasi tujuan berbeda terhadap kemampuan berfikir tingkat tinggi mahasiswa pada mata kuliah kimia dasar. 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan rancangan eksperimen semu dan subjek penelitian adalah mahasiswa program studi pendidikan kimia jurusan Pendidikan MIPA FKIP Universitas Tadulako Palu Sulawesi Tengah Tahun 2012-2013 yang berjumlah 57 orang untuk kelas eksperimen dan 55 orang orang untuk kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah lembar tes tertulis dan lembar angket instrumen tersebut sebelum digunakan dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan teknik Anova (Analysis of Variance) dengan bantuan program SPSS versi 19 for windows. 12288 12288 12288 Hasil penelitian ini ditemukan bahwa (1) terdapat perbedaan kemampuan berpikir tingkat tinggi mahasiswa yang diberi perlakuan dengan pembelajaran online dan ekspositori pada mata kuliah kimia dasar dengan nilai probabilitas 0 000 ( 945 0 05) dan secara total rerata posttest kemampuan berpikir tingkat tinggi mahasiswa yang diberi perlakuan strategi pembelajaran online 45 16 lebih tinggi dari mahasiswa yang diberi perlakuan strategi pembelajaran ekspositori adalah 39 28 (2) terdapat perbedaan kemampuan berpikir tingkat tinggi mahasiswa yang mempunyai orientasi tujuan belajar dan orientasi tujuan penampilan pada mata kuliah kimia dasar dengan nilai probabilitas 0.006 ( 945 0 05) dan rerata orientasi tujuan belajar adalah 44 24 lebih tinggi dari rerata orientasi tujuan penampilan adalah 40 07 (3) tidak terdapat interaksi antara pembelajaran online dan ekspositori dengan orientasi tujuan berbeda terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi mahasiswa pada mata kuliah kimia dasar hal ini dilihat dari nilai probabilitas 0 358 ( 945 0 05) sehingga hipotesis nol diterima dan menolak hipotesis alternatif. Berdasarkan temuan penelitian maka disarankan agar dalam menerapkan strategi pembelajaran online penting untuk memperhatikan kemampuan dasar pembelajar dan pebelajar ketersediaan sarana dan prasarana serta karakteristik pebelajar. Untuk lebih mengefektifkan penggunaan strategi pembelajaran online maka penting untuk memberikan informasi bahan yang menarik perhatian ketersediaan materi dan teori penggunaan simulasi dan visualisasi adanya latihan soal quiz dan evaluasi lainnya serta memaksimalkan proses tanya jawab interaksi dan diskusi. Perlu dilakukan pengkajian materi kimia dasar lainnya dengan memperhatikan karakteristik suatu materi sehingga semua permasalahan dalam materi tersebut dapat dipecahkan.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S3 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Jul 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63621

Actions (login required)

View Item View Item