Hubungan antara tingkat pendidikan orang tua dengan hasil belajar siswa kelas IV A SDN Madyopuro 5 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Stefanus Yerkohok - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antara tingkat pendidikan orang tua dengan hasil belajar siswa kelas IV A SDN Madyopuro 5 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Stefanus Yerkohok

Yerkohok, Stefanus (2016) Hubungan antara tingkat pendidikan orang tua dengan hasil belajar siswa kelas IV A SDN Madyopuro 5 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Stefanus Yerkohok. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Yerkohok Stefanus. 2016. Hubungan Antara Tingkat Pendidikan Orang Tua dengan Hasil Belajar Siswa Kelas IV A SDN Madyopuro 5 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Dimyati S.Pd. M.Pd. (II) Dra. Nur Hanifah M.Pd. Kata Kunci Hubungan Tingkat Pendidikan Orang Tua Hasil Belajar Kedudukan orang tua dalam kesuksesan seorang siswa begitu penting. Dalam pembelajaran kurikulum 2013 hal tersebut terlihat dari adanya buku siswa yang memuat rubrik kerjasama dengan orang tua. Atas dasar itu salah satu faktor yang berhubungan dengan orang tua dan berpengaruh dalam hasil belajar siswa adalah tingkat pendidikan orang tua. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan (1) untuk mendeskripsikan tingkat pendidikan orang tua siswa kelas IV A SDN Madyopuro 5 Malang (2) untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa kelas IV A SDN Madyopuro 5 Malang dan (3) untuk mendeskripsikan hubungan antara tingkat pendidikan orang tua dengan hasil belajar siswa kelas IV A SDN Madyopuro 5 Malang. Penelitian ini dirancang menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik deskriptif korelasional. Sampel penelitian ini menggunakan sampel jenuh yaitu 36 siswa. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan analisis statistik. Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa tingkat pendidikan orang tua paling banyak berada pada level SMP/sederajat dan SMA/sederajat dan nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 83 72. Sementara itu dari hasil analisis korelasional diketahui bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara tingkat pendidikan orang tua dengan hasil belajar siswa. Hal tersebut dapat dilihat dari rhitungsebesar 0 402 yang lebih banyak dari rtabel sebesar 0 329 (0 402 0 329). Atas dasar itu peneliti memberikan saran kepada guru untuk memberikan perhatian lebih kepada siswa terutama kepada siswa yang tingkat pendidikan orang tuanya rendah. Sementara itu kepada pemerintah maupun dinas terkait untuk memperhatikan faktor keluarga dalam membuat kebijakan yang berhubungan dengan pendidikan. Selain itu kepada peneliti lain diharapkan manambah cakupan penelitian dan menggunakan teknik analisis statistik yang lain. 8195

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Jul 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6362

Actions (login required)

View Item View Item