Pengaruh variasi multimedia prsentasi terhadap hasil belajar bahasa Inggris peserta didik yang memiliki gaya belajar berbeda / Ahmad Bahruddin - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh variasi multimedia prsentasi terhadap hasil belajar bahasa Inggris peserta didik yang memiliki gaya belajar berbeda / Ahmad Bahruddin

Bahruddin, Ahmad (2014) Pengaruh variasi multimedia prsentasi terhadap hasil belajar bahasa Inggris peserta didik yang memiliki gaya belajar berbeda / Ahmad Bahruddin. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Bahruddin Ahmad. 2014. Pengaruh variasi multimedia presentasi terhadap hasil belajar bahasa Inggris peserta didik yang memiliki gaya belajar berbeda. Disertasi Program Studi Teknologi Pembelajaran Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. I Nyoman Sudana Degeng M.Pd. (II) Prof. Dr. H. Punaji Setyosari M.Pd.. M.Ed. dan (III) Dr. Waras Kamdi M.Pd. Kata kunci variasi multimedia presentasi gaya belajar hasil belajar bahasa Inggris 12288 12288 12288 12288 Multimedia presentasi merupakan jenis perangkat lunak yang diciptakan untuk membantu menyampaikan informasi. Dewasa ini perangkat lunak ini dipergunakan dalam berbagai macam kegiatan seperti pelatihan penataran maupun kegiatan pembelajaran. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menguji dampak penggunaan variasi multimedia presentasi terhadap hasil belajar mata pelajaran bahasa Inggris peserta didik yang memiliki gaya belajar berbeda. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk menguji (1) perbedaaan hasil belajar bahasa Inggris peserta didik yang dibelajarkan dengan menggunakan multimedia presentasi yang berbeda yaitu Macromedia Flash Power Point dan Prezi (2) perbedaan hasil belajar bahasa Inggris peserta didik yang memiliki gaya belajar berbeda yaitu auditory kinestetik dan visual dan (3) interaksi antara variasi multimedia presentasi dan gaya belajar terhadap hasil belajar bahasa Inggris. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan rancangan eksperimen semu dengan rancangan faktorial 3x3 yang melibatkan tiga kelompok subjek mempertimbangkan variabel moderator yang diprediksi dapat berinteraksi dengan variabel penelitian. Pemilihan ketiga subjek penelitian ditentukan secara random ketiga kelompok subjek penelitian yang terpilih diberikan prates. Setelah itu mereka diberikan perlakuan kelompok 1 (kelas X-1) dibelajarkan dengan menggunakan multimedia presentasi Power Point kelompok 2 (kelas X-2) dibelajarkan dengan menggunakan multimedia presentasi Macromedia Flash dan kelompok 3 (kelas X-4) dibelajarkan dengan menggunakan multimedia presentasi Prezi. Ketiga hipotesis penelitian diuji dengan menggunakan teknik ANOVA dua jalur menggunakan bantuan program SPSS for Windows versi 17.0 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan yang meyakinkan antara kelompok peserta didik yang dibelajarkan dengan menggunakan variasi multimedia presentasi kelompok peserta didik yang dibelajarkan dengan menggunakan multimedia presentasi Power Point memiliki nilai tertinggi dibandingkan dengan dua kelompok peserta didik yang lain (2) terdapat perbedaan yang meyakinkan antara kelompok peserta didik yang memiliki gaya belajar berbeda kelompok peserta didik yang memiliki gaya belajar visual mendapatkan hasil belajar tertinggi dibandingkan dengan peserta didik yang memiliki gaya belajar lain (3) terdapat interaksi antara variasi multimedia presentasi dan gaya belajar terhadap hasil belajar bahasa Inggris. Berdasarkan hasil penelitian di atas maka beberapa saran dan masukan kepada para guru adalah sebagai berikut (1) guru hendaknya lebih intensif menggunakan variasi model pembelajaran langsung dan media pembelajaran yang bervariasi agar bisa mengakomodasi kebutuhan kebutuhan belajar peserta didik (2) guru hendaknya menyediakan waktu untuk memberikan pembimbingan kepada peserta didik melalui penyediaan Lembar Kerja Siswa (LKS) berisi latihan terstruktur yang memungkinkan mereka mendapatkan pendampingan untuk mendapatkan pemahaman yang komprehensif terhadap materi yang telah disajikan. Untuk penelitian lebih lanjut diharapkan para guru menindaklanjuti hasil penelitian ini dengan melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) untuk mendapatkan hasil yang lebih detail terhadap dampak penggunaan model pembelajaran langsung berbantuan multimedia berbasis teknologi informasi dan komunikasi pada materi pembelajaran yang lain

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S3 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Jun 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63618

Actions (login required)

View Item View Item