Pengaruh strategi pembelajaran fisika berbasis website terhadap hasil belajar pada siswa yang memiliki Self-Regulated Learning (SRL) yang berbeda / Mohammad Djamil M. Nur - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh strategi pembelajaran fisika berbasis website terhadap hasil belajar pada siswa yang memiliki Self-Regulated Learning (SRL) yang berbeda / Mohammad Djamil M. Nur

Nur, Mohammad Djamil M. (2014) Pengaruh strategi pembelajaran fisika berbasis website terhadap hasil belajar pada siswa yang memiliki Self-Regulated Learning (SRL) yang berbeda / Mohammad Djamil M. Nur. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah (1) Untuk menguji perbedaan hasil belajar antara kelompok siswa yang diajar dengan pembelajaran fisika berbasis website dengan kelompok siswa yang diajar pembelajaran berbasis video. (2) Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara kelompok siswa yang memiliki self-regulated learning yang berbeda. (3) Untuk menjelaskan interaksi antara pembelajaran fisika berbasis website dan self-regulated learning terhadap hasil belajar. Rancangan penelitian adalah kuasi eksperimen dengan desain faktorial 2X2. Subjek penelitian terdiri atas dua kelompok yang diajar dengan pembelajaran fisika berbasis website dengan pembelajaran fisika berbasis video. Instrumen yang digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar sedangkan untuk menentukan self regulated learning (SRL) menggunakan angket self regulated learning (SRL). Hasil analisis menunjukkan (1) Ada perbedaan hasil belajar antara kelompok siswa yang diajar dengan pembelajaran fisika berbasis website dengan kelompok siswa yang diajar Pembelajaran Berbasis Video. Hasil uji menunjukkan bahwa hasil belajar antara kelompok siswa yang diajar dengan pembelajaran fisika berbasis website memiliki nilai lebih tinggi 7 82 % dibandingkan dengan kelompok siswa yang diajar pembelajaran berbasis video. (2) Ada perbedaan hasil belajar antara kelompok siswa yang memiliki self-regulated learning yang berbeda. Hasil uji menunjukkan bahwa hasil belajar antara kelompok siswa yang self regulated learning tinggi memiliki nilai sebesar 19 53% lebih tinggi dibandingkan self regulated learning rendah. (3) Ada interaksi antara pembelajaran fisika berbasis website dan self-regulated learning terhadap hasil belajar.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S3 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Jun 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63614

Actions (login required)

View Item View Item