Pengaruh strategi pembelajaran menulis berbasis proses terhadap hasil belajar menulis bahasa Inggris pada mahasiswa yang memiliki self-regulated learning berbeda / Abdul Gafur Marzuki - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh strategi pembelajaran menulis berbasis proses terhadap hasil belajar menulis bahasa Inggris pada mahasiswa yang memiliki self-regulated learning berbeda / Abdul Gafur Marzuki

Marzuki, Abdul Gafur (2014) Pengaruh strategi pembelajaran menulis berbasis proses terhadap hasil belajar menulis bahasa Inggris pada mahasiswa yang memiliki self-regulated learning berbeda / Abdul Gafur Marzuki. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menguji 1) perbedaan hasil belajar sebagai pengaruh strategi pembelajaran antara pembelajaran menulis berbasis proses dengan pembelajaran langsung pada pembelajaran menulis 2) perbedaan hasil belajar sebagai pengaruh self-regulated learning 3) pengaruh interaksi antara strategi pembelajaran dan self-regulated learning terhadap hasil belajar. Penelitian ini adalah quasi experiment menggunakan rancangan faktorial nonequivalent control group design yang dilaksanakan pada dua kelas paralel di program studi bahasa Inggris FKIP Untad Palu. Subjek dalam penelitian ini adalah 75 mahasiswa. Data hasil belajar dikumpulkan melalui kegiatan prates dan pascates pada kelas yang diteliti. Data prates diambil sebelum kegiatan pembelajaran dilaksanakan dipergunakan untuk menentukan keragaman mahasiswa dan data pascastes diambil setelah pembelajaran selesai dilaksanakan seluruhnya untuk menguji perbedaan hasil belajar. Untuk analisis data mempergunakan Anova faktorial 2 x 2 (Anova dua jalur) dengan mempergunakan program SPSS 17. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) hasil belajar mahasiswa kelompok pembelajaran menulis berbasis proses secara signifikan berbeda dengan hasil belajar mahasiswa kelompok pembelajaran langsung 2) ada perbedaan hasil belajar yang signifikan antara mahasiswa kelompok SRL tinggi dengan SRL rendah 3) ada pengaruh interaksi yang signifikan antara strategi pembelajaran dengan SRL terhadap hasil belajar.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S3 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jun 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63613

Actions (login required)

View Item View Item