Pengaruh strategi pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan gaya belajar terhadap pemahaman konsep fisika siswa SMA Negeri di Palu / Amiruddin Kade - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh strategi pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan gaya belajar terhadap pemahaman konsep fisika siswa SMA Negeri di Palu / Amiruddin Kade

Kade, Amiruddin (2014) Pengaruh strategi pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan gaya belajar terhadap pemahaman konsep fisika siswa SMA Negeri di Palu / Amiruddin Kade. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kade Amiruddin. 2014. Pengaruh Strategi Pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw dan Gaya Belajar terhadap Pemahaman Konsep Fisika Siswa SMA Negeri di Palu. Disertasi. Program Studi Teknologi Pembelajaran Pascasarjana Universitas negeri Malang. Pembimbing (I)Prof. Dr. I Nyoman Sudana Degeng M.Pd. (II) Prof. Dr. H. Punadji Setyosari M.Pd. M.Ed. (III) Dr. Muh. Nur Ali M.Si Kata kunci Pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw Pembelajaran Langsung Gaya Belajar Converger Diverger Pemahaman konsep. Tujuan mata pelajaran fisika di SMA adalah untuk melatih dan mendidik para siswa agar dapat menguasai pengetahuan konsep dan prinsip fisika memiliki kecakapan ilmiah kritis dan mampu bekerjasama dengan orang lain. Dengan demikian perlu penerapan strategi pembelajaran yang lebih melibatkan siswa dalam proses belajar mengajar sehingga siswa dapat menguasai konsep dan memiliki keleluasaan dalam mengembangkan kemampuan berpikirnya serta mampu bekerjasama dengan orang lain. Salah satu strategi pembelajaran yang menuntut agar siswa berperan secara aktif dalam proses pembelajaran adalah strategi pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Setiap individu memiliki perbedaan dalam memahami dan memproses informasi yang diberikan kepadanya. Perbedaan ini dinamakan dengan gaya belajar yang diartikan sebagai preferensi siswa terhadap proses atau aktivitas di dalam pembelajaran yang dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh antara strategi pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan pembelajaran langsung terhadap pemahaman konsep pada siswa SMA yang memiliki gaya belajar converger dan diverger. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen kuasi versi faktorial 2x2 pretest posttest nonequivalent control group design. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI SMA Negeri di kota Palu yang dipilih dengan menggunakan metode cluster random sampling (multistage). Subjek yang dilibatkan sebanyak 167 orang. Data penelitian dikumpulkan menggunakan intrumen yang terdiri dari Kolb s Learning Style Inventory (KLSI) untuk gaya belajar dan Tes Pemahaman Konsep Fisika (TPKF) untuk pemahaman konsep. Data dianalisis secara deskriptif dan inferensial dengan statistik ANOVA menggunakan Software IBM SPSS versi 20 for windows. Pengujian hipotesis dilakukan pada taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan temuan-temuan sebagai berikut (1) secara deskriptif strategi pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw lebih unggul dari strategi pembelajaran langsung dalam pemahaman konsep (2) kelompok siswa yang memiliki gaya belajar converger memiliki pemahaman konsep lebih unggul dibanding dengan kelompok siswa yang memiliki gaya belajar diverger (3) ada pengaruh interaksi antara strategi pembelajaran dan gaya belajar terhadap pemahaman konsep fisika. Hasil penelitian ini menginformasikan bahwa strategi pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berpengaruh secara signifikan terhadap pemahaman konsep bergantung pada gaya belajar siswa. Berdasarkan temuan penelitian guru fisika SMA disarankan menggunakan strategi pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dalam upaya meningkatkan kemampuan pemahaman konsep fisika. Selanjutnya guru penting untuk mengetahui gaya belajar siswa sebelum memutuskan untuk menerapkan suatu strategi pembelajaran tertentu.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S3 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Jun 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63612

Actions (login required)

View Item View Item