Pengaruh strategi pembelajaran kooperatif think pair share dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar ekonomi siswa SMA / Asia - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh strategi pembelajaran kooperatif think pair share dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar ekonomi siswa SMA / Asia

Asia (2014) Pengaruh strategi pembelajaran kooperatif think pair share dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar ekonomi siswa SMA / Asia. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Asia 2014. Pengaruh Strategi Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Pebelajar SMA. Program Studi Teknologi Pembelajaran Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. I Nyoman Sudana Degeng M.Pd. (II) Prof. Dr. Punaji Setyosari M.Pd .M.Ed. (III) Dr. Mauled Moelyono SE. MA. Kata Kunci Strategi pembelajaran kooperatif motivasi berprestasi hasil belajar Keberhasilan proses pembelajaran ditentukan oleh beberapa faktor antara lain strategi pembelajaran yang dipilih oleh pembelajar. Pembelajaran yang baik merupakan perwujudan dari ketepatan penggunaan strategi sehingga proses pembelajaran berlangsung secara efektif dan efisien. Pembelajaran kooperatif think pair share dapat meningkatkan hasil belajar karena dengan metode ini pebelajar yang memiliki kemampuan rendah akan terdorong untuk aktif belajar dan pebelajar yang memiliki kemampuan tinggi dapat bekerjasama dan saling berbagi sehingga kemampuan yang dimiliki semakin meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menguji perbedaan hasil belajar dua strategi pembelajaran yaitu kooperatif think pair share dan pembelajaran langsung (2) menguji perbedaan hasil belajar antara pebelajar yang memiliki motivasi berprestasi tinggi dan rendah dan (3) menguji interaksi antara strategi pembelajaran dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar. Desain penelitian ini menggunakan faktorial 2x2 versi non-equivalent control group design. Subjek penelitian ini adalah Pebelajar SMA Negeri 3 SMA Negeri 4 dan SMA Negeri 7 kelas XI program studi IPS tahun ajaran 2013/2014. Penentuan sampel secara random sampling. Data yang dikumpulkan melalui pretes postes dan instrumen motivasi berprestasi dianalisis secara statistik inferensial dengan menggunakan analisis varians dengan taraf signifikansi 0.05 Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada perbedaan hasil belajar antara kelompok pebelajar yang diberi perlakuan dengan strategi pembelajaran kooperatif think pair share dan pembelajaran langsung (2) ada perbedaan hasil belajar antara kelompok pebelajar yang motivasi berprestasi rendah dan tinggi dan (3) ada interaksi yang signifikan antara strategi pembelajaran motivasi berprestasi dan hasil belajar. Berdasarkan temuan penelitian di atas ada beberapa hal yang perlu disampaikan (1) strategi pembelajaran think pair share perlu dipertimbangkan oleh pembelajar untuk diterapkan pada bidang sudi ekonomi begitu pada bidang studi yang lain (2) pembelajar perlu memperhatikan kemampuan akademik dan motivasi berprestasi sebelum menerapkan strategi pembelajaran sehingga pebelajar lebih belajar sungguh-sungguh untuk meraih prestasi yang lebih baik dan (3) temuan penelitian dapat dijadikan referensi bagi pembelajar dalam meningkatkan kualitas pembelajaran bukan saja pada strategi penyajian tapi juga pada strategi dan pengelolaan.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S3 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 May 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63608

Actions (login required)

View Item View Item