Pengaruh strategi pembelajaran simulasi vs bermain peran dan sikap siswa terhadap pengetahuan dan kesiapsiagaan tentang bencana alam / Muhammad Zulfikar Syuaib - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh strategi pembelajaran simulasi vs bermain peran dan sikap siswa terhadap pengetahuan dan kesiapsiagaan tentang bencana alam / Muhammad Zulfikar Syuaib

Syuaib, Muhammad Zulfikar (2013) Pengaruh strategi pembelajaran simulasi vs bermain peran dan sikap siswa terhadap pengetahuan dan kesiapsiagaan tentang bencana alam / Muhammad Zulfikar Syuaib. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini untuk mendapatkan temuan secara empirik tentang 1) keefektifan bentuk pengajaran pada siswa yang belajar dengan strategi pembelajaran simulasi dan bermain peran terhadap hasil belajar pengetahuan dan kesiapsiagaan tentang bencana alam 2) bentuk pengajaran antara siswa bersikap positif dan bersikap negatif terhadap bencana alam dengan hasil belajar pengetahuan dan kesiapsiagaan tentang bencana alam 3) interaksi antara sikap siswa dengan siswa yang belajar strategi pembelajaran simulasi dan bermain peran terhadap hasil belajar pengetahuan dan kesiapsiagaan tentang bencana alam. Penelitian ini memadukan strategi pembelajaran dengan sikap siswa pada materi pembelajaran tentang Bencana Alam yang telah dikembangkan sebelumnya. Jenis penelitian ini adalah desain eksperimen kuasi versi faktorial 2 x 2 Pretest-Posttest Nonequivalent Control Group Design dengan populasi penelitian siswa kelas V (lima) sekolah dasar untuk matapelajaran IPA di Kota Bima Povinsi Nusa Tenggara Barat. Instrumen yang digunakan adalah instrumen sikap siswa terhadap bencana alam instrumen pengetahuan tentang bencana alam dan instrumen kesiapsiagaan tentang bencana alam. Instrumen tersebut telah diujicoba dan divalidasi. Data hasil penelitian ini dianalisis secara deskriptif dan inferential dengan menggunakan analisis statistik MANOVA dengan taraf signifikansi 95%. Hasil penelitian mengindikasikan bahwa Ada perbedaan signifikan pengaruh sikap siswa berbeda terhadap hasil belajar pengetahuan tentang bencana alam dengan siswa bersikap negatif lebih akomodatif daripada siswa bersikap positif. Ada perbedaan yang signifikan pengaruh strategi pembelajaran berbeda terhadap hasil belajar kesiapsiagaan tentang bencana alam dengan siswa yang belajar dengan strategi bermain peran lebih akomodatif daripada pembelajaran simulasi. Kata kunci strategi pembelajaran simulasi strategi pembelajaran bermain peran sikap siswa terhadap bencana alam pengetahuan mitigasi bencana alam dan kesiapsiagaan mitigasi bencana alam.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S3 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Oct 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63605

Actions (login required)

View Item View Item