Pengaruh strategi pembelajaran meringkas dan format presentasi terhadap hasil belajar penalaran argumentatif sejarah pada matapelajaran sejarah di SMA / Susanto Yunus Alfian - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh strategi pembelajaran meringkas dan format presentasi terhadap hasil belajar penalaran argumentatif sejarah pada matapelajaran sejarah di SMA / Susanto Yunus Alfian

Alfian, Susanto Yunus (2013) Pengaruh strategi pembelajaran meringkas dan format presentasi terhadap hasil belajar penalaran argumentatif sejarah pada matapelajaran sejarah di SMA / Susanto Yunus Alfian. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci strategipembelajaranmeringkas format presentasi graphic organizer sebab-akibat written summarizing dengan-subtopik tanpa-subtopik penalaranargumentatifsejarah. Meskipun graphic organizer telahterbuktibanyakmembantudalampembelajaranteks masihbelumadapenelitantentangpenerapannyadalammempengaruhihasilbelajarpenalaranargumentatifsejarah di Indonesia. Penelitianinibertujuanuntukmengujipengaruhstrategipembelajaranmeringkasdan format presentasiterhadaphasilbelajarpenalaranargumentatifsejarah di SMA.Sebagaivariabelbebasdalampenelitianiniadalahstrategipembelajaranmeringkasdan format presentasi. Gabungandariduavariabelbebastersebutmenghasilkanempatperlakuanyaitu graphic organizer danteksdengansubtopik graphic organizer dantekstanpasubtopik written summarizing danteksdengansubtopik dan written summarizing dantekstanpasubtopik.Variabelterikatnyaadalahskorhasilbelajarpenalaranargumentatifsejarah. Rancanganpenelitianyang digunakanadalahrancanganfaktorial yang terdiridaripretest-perlakuan-posttest.Subjekdalampenelitianiniadalahsiswadariempatkelaspadaempat SMA negeri di Kabupaten Malang.Masing-masingkelompokterdiridari 26-32siswa. Siswadiajardenganmeringkassendiridalambentuk graphic organizer sebabakibatdan written summarizing.Siswajugadiajardenganmenggunakanteksdengan sub topikdantekstanpa sub topik. Dari kombinasikeduaperlakuanitu makaadaempatkelompok yang diteliti. Instrumen yang digunakanuntukmengukurhasilbelajarpenalaranargumentatifsejarahadalah test yang terdiridari10 soal. Test tersebuttanpadiubahdigunakansebagai pretest dan posttest. ANCOVAduajalurdigunakanuntukmenganalisis data posttest. ANCOVA 2X2 dimanaduavariabelbebasnyaadalahstrategipembelajaranmeringkas yang terdiridari graphic organizer dalambentuksebabakibatdan written summarizingdanformat presentasi yang terdiridari format presentasidengan sub topikdantanpa sub topikdigunakanuntukmenentukanpengaruhperlakuantersebutterhadapskorhasilbelajarpenalaranargumentatifsejarah. Dan pretest dijadikansebagaikovariat. Sebagaihasilpenelitiankuasieksperimenini tigakesimpulanutamanyadisajikansebagaiberikut 1. Ada perbedaanhasilbelajarpenalaranargumentatifsejarahsecarasignifikanantarakelompoksiswa yang diajardenganmeringkasdengangraphic organizerdalambentuksebabakibatdanwrittensummarizingpadamatapelajaransejarah. 2. Tidakadaperbedaanhasilbelajarpenalaranargumentatifsejarahantarakelompoksiswa yang diberi format presentasidengansub-topikdantanpa sub-topikpadamatapelajaransejarah. 3. Ada pengaruhinteraksiantarastrategipembelajaranmeringkasdan format presentasiterhadaphasilbelajarpenalaranargumentatifsejarahpadamatapelajaransejarah. Berdasarkantemuanpenelitiantersebut guru disarankanuntukmenggunakanstrategipembelajaranmeringkasdengan graphic organizer dalambentuksebabakibatuntukmeningkatkankemampuanpenalaranargumentatifsejarah. Dan jugadisarankanuntukmenggunakan format presentasi sub topiksupayabisamempermudahsiswadalammelakukanperingkasanbacaan. Dari temuaninijugadisarankanbahwapenelitianlebihlanjutperlumenggunakan multiple textsdanmemperhatikangayakognitifsupayabisameningkatkankemampuanpenalaranargumentatifsejarah.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S3 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63600

Actions (login required)

View Item View Item