Pengembangan game interaktif "math finder" untuk siswa kelas 2 pada mata pelajaran matematika pokok bahasan penjumlahan dan pengurangan di SDN Karangbesuki 1 Malang / Asrofi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan game interaktif "math finder" untuk siswa kelas 2 pada mata pelajaran matematika pokok bahasan penjumlahan dan pengurangan di SDN Karangbesuki 1 Malang / Asrofi

Asrofi (2016) Pengembangan game interaktif "math finder" untuk siswa kelas 2 pada mata pelajaran matematika pokok bahasan penjumlahan dan pengurangan di SDN Karangbesuki 1 Malang / Asrofi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Asrofi. 2016. Pengembangan Game Interaktif Math Finder Untuk Siswa Kelas 2 Mata Pelajaran Matematika Pokok Bahasan Penjumlahan dan Pengurangan di SDN Karangbesuki 1 Malang. Skripsi Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Dedi Kuswandi M.Pd. (II) Dr. Agus Wedi M.Pd. Kata Kunci Pengembangan Game Matematika Sekolah dasar. Guru biasanya hanya menggunakan gambar dan papan tulis sebagai media bantu dalam mengajar mata pelajaran matematika pokok bahasan penjumlahan dan pengurangan. Dengan memanfaatkan kedua media tersebut siswa kurang dapat terlibat aktif secara langsung sehingga dapat mengurangi pemahaman siswa. Game adalah suatu bentuk hiburan yang sering dijadikan sebagai penyegar pikiran dari rasa penat yang disebabkan oleh aktivitas dan rutinitas. Kelebihan yang dapat diperoleh dari game adalah rasa menyenangkan dan menghibur sedangkan sisi negatifnya game memiliki sifat ketergantungan yang dapat membuat anak malas belajar. Dengan porsi yang tepat penggunaan game dapat meningkatkan motivasi belajar siswa sehingga akan meningkatkan pemahaman siswa akan suatu materi. Tujuan pengembangan ini adalah untuk menghasilkan media berupa game interaktif yang valid dan dapat diterapkan dalam pembelajaran perhitungan matematika dasar untuk siswa kelas 2 (dua) di SDN 1 Karangbesuki. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Lee dan Owens . Subjek penelitian dalam pengembangan ini adalah siswa kelas 2 SDN Karangbesuki 1 Malang. Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif (instrumen ahli media ahli materi dan siswa). Media ini divalidasi oleh seorang ahli media seorang ahli materi dan diujicobakan kepada siswa kelas 2 di SDN Karangbesuki 1 dan SDIT Al-Rahbini. Berdasarkan hasil angket ahli media menunjukkan bahwa media ini valid dan layak digunakan sebagai media pembelajaran sedangkan dari hasil angket ahli materi menunjukkan bahwa media ini cukup valid namun harus direvisi. Uji coba lapangan didapat kesimpulan bahwa dari segi kemenarikan dan keefektifan media sudah terpenuhi tetapi beberapa siswa membutuhkan bimbingan khusus dalam pengerjaan soal. Saran untuk pengembangan berikutnya perlu diperhatikan pada peningkatan desain tampilan game serta penambahan animasi sehingga tampak lebih menarik dan dapat memotivasi siswa dalam belajar sambil bermain. Selain itu dibutuhkan metode yang tepat untuk pengelolaan kelas pada saat melaksanakan kegiatan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/636

Actions (login required)

View Item View Item