Sulistyaningrum, Heny (2012) Pengaruh dua tipe strategi pembelajaran kooperatif (NHT VS TPS) dan pengetahuan awal terhadap hasil belajar pemahaman dan aplikasi konsep fisika bagi mahasiswa pendidikan matematika / Heny Sulistyaningrum. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci pembelajaran kooperatif NHT TPS pengetahuan awal hasil belajar pemahaman konsep aplikasi konsep Penelitian ini dilatarbelakangi adanya masalah yang dihadapi pendidikan di Indonesia pada umumnya dan khususnya pada Pendidikan Matematika dimana kualitas proses dan hasil pembelajaran masih belum optimal. Proses pembelajaran yang dilakukan belum sepenuhnya diarahkan untuk mengembangkan kemampuan berpikir mahasiswa seperti halnya memahami makna yang dipelajari dan menggunakan konsep untuk memecahkan masalah sehari-hari. Belajar pada dasarnya memiliki aspek sosial maka diperlukan rancangan pembelajaran yang dapat memberikan kesempatan kepada pebelajar untuk melakukan proses interaksi sosial interpersonal dan meningkatkan kemampuan akademik. .Salah satu strategi pembelajaran yang dapat mendorong terjadinya hal tersebut adalah pembelajaran kooperatif. Pembelajaran kooperatif Numbered Heads Together (NHT) dan Think-Pair-Share (TPS) merupakan dua strategi pembelajaran kooperatif dengan pendekatan struktural yang dapat digunakan untuk mengajarkan isi akademik. Perbedaan strategi NHT dan TPS adalah pada jumlah anggota kelompok dan sintak pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh utama dan pengaruh interaksi antara strategi pembelajaran kooperatif (NHT vs TPS) dan tingkat pengetahuan awal terhadap hasil belajar pemahaman dan aplikasi konsep fisika bagi mahasiswa Pendidikan Matematika. Desain eksperimen yang digunakan adalah desain kuasi eksperimen pretest-posttest nonequivalent control group design. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa Pendidikan Matematika Unirow Tuban yang memprogram mata kuliah Fisika Dasar I. pada semester 1 tahun akademik 2011/2012 yang terdiri dari 6 kelas. Pemilihan kelas untuk perlakuan dilakukan secara random. Jumlah mahasiswa yang terlibat adalah 71 mahasiswa yang terdiri atas 35 mahasiswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran kooperatif NHT dan 36 mahasiswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran kooperatif TPS. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Prosedur penelitian terdiri dari pengembangan perangkat pembelajaran dan instrumen penelitian validasi perangkat pembelajaran dan instrumen penelitian uji coba strategi pembelajaran dan uji coba instrumen penelitian. Teknik analisis data yang digunakan adalah MANOVA faktorial 2 x 2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) hasil belajar pemahaman konsep fisika mahasiswa Pendidikan Matematika antara kelompok mahasiswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran kooperatif NHT kelompok mahasiswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran kooperatif TPS tidak berbeda secara signifikan (2) hasil belajar aplikasi konsep fisika mahasiswa Pendidikan Matematika antara kelompok mahasiswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran kooperatif NHT dengan kelompok mahasiswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran kooperatif TPS tidak berbeda secara signifikan (3) hasil belajar pemahaman konsep fisika mahasiswa Pendidikan Matematika antara kelompok mahasiswa yang memiliki pengetahuan awal tinggi dengan kelompok mahasiswa yang memiliki pengetahuan awal rendah berbeda secara signifikan (4) hasil belajar aplikasi konsep fisika mahasiswa Pendidikan Matematika antara kelompok mahasiswa yang memiliki pengetahuan awal tinggi dengan kelompok mahasiswa yang memiliki pengetahuan awal rendah berbeda secara signifikan (5) penerapan strategi pembelajaran kooperatif dan pengetahuan awal menunjukkan ada pengaruh interaksi terhadap hasil belajar pemahaman konsep fisika bagi mahasiswa Pendidikan Matematika dan (6) penerapan strategi pembelajaran kooperatif dan pengetahuan awal menunjukkan ada pengaruh interaksi terhadap hasil belajar aplikasi konsep fisika bagi mahasiswa Pendidikan Matematika. Berdasarkan temuan penelitian disarankan sebagai berikut (1) untuk meningkatkan hasil belajar pemahaman konsep dan aplikasi konsep fisika hendaknya dalam pembelajaran memperhatikan tingkat pengetahuan awal mahasiswa (2) dalam menerapkan strategi pembelajaran kooperatif NHT dan TPS hendaknya memperhatikan pengetahuan awal pebelajar sebagai pijakan dalam mengorganisasikan pebelajar dalam kelompok-kelompok dan melaksanakan langkah-langkah pembelajaran lebih lanjut pembelajaran kooperatif NHT lebih bisa diterima bagi mahasiswa dengan pengetahuan awal tinggi maupun rendah sedangkan pembelajaran kooperatif TPS lebih cocok pada mahasiswa dengan pengetahuan awal tinggi sedangkan untuk mahasiswa dengan pengetahuan awal rendah kurang cocok.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S3 Teknologi Pembelajaran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 23 Oct 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/63597 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |