Pengaruh dua strategi pembelajaran (inkuiri dan ekspositori) dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar / Bambang Winarto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh dua strategi pembelajaran (inkuiri dan ekspositori) dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar / Bambang Winarto

Winarto, Bambang (2012) Pengaruh dua strategi pembelajaran (inkuiri dan ekspositori) dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar / Bambang Winarto. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci pembelajaran inkuiri pembelajaran ekspositori motivasi belajar prestasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengungkap dan menyelidiki perbedaan prestasi belajar antara kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan strategi pembelajaran inkuiri dengan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran ekspositori (2) mengungkap dan menyelidiki perbedaan prestasi belajar antara kelompok siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi dengan kelompok siswa yang memiliki motivasi belajar rendah (3) mengungkap dan menyelidiki interaksi antara penggunaan dua strategi pembelajaran (Inkuiri dan Ekspositori) dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen kuasi nonequivalent control group design. Pelaksanaan penelitian dilakukan dengan menerapkan pembelajaran dengan strategi inkuiri dan strategi ekspositori dan menggunakan rancangan penelitian kuasi eksperimen factorial 2x2. Subjek penelitian ini adalah siswa SMK Negeri se kota Probolinggo. Pemilihan sampel dilakukan dengan menggunakan tehnik random sampling dimana yang dirandom adalah kelas. Sampel penelitiannya adalah siswa kelas XI Akutansi1 (SMKN 1) kelas XI Tehnik informatika1 (SMKN 2) kelas XI Kecantikan (SMKN 3) dan kelas XI Nautika (SMKN 4) ditetapkan sebagai tempat pelaksanaan pembelajaran dengan strategi inkuiri. Sedangkan siswa kelas XI Akutansi 2 (SMKN 1) kelas XI Tehnik Informatika 2 (SMKN 2) kelas XI Busana 1(SMKN 3) dan kelas XI Nautika 2 (SMKN 4) yang diajarkan dengan diajar strategi ekspositori. Jumlah sampel yang dilibatkan dalam penelitian ini adalah sebanyak 244 anak. Data dikumpulkan dan diolah secara statistik inferensial dengan menggunakan tehnik analisis varians (anava) dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) prestasi belajar siswa berbeda secara signifikan jika diajar dengan menggunakan strategi inkuiri daripada strategi ekspositori (2) prestasi belajar siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi berbeda secara signifikan daripada siswa yang memiliki motivasi belajar rendah (3) ada interaksi antara strategi pembelajaran dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa. Statistik deskriptif menunjukkan bahwa ada pengaruh penerapan strategi pembelajaran inkuiri (rerata 75.50) terhadap prestasi belajar siswa dibandingkan dengan penerapan strategi ekspositori (rerata 68.34). Temuan penelitian ini mengindikasikan bahwa strategi inkuiri dan tingkat motivasi belajar berpengaruh terhadap perolehan prestasi belajar matematika siswa SMK Negeri di Probolinggo. Berdasarkan temuan penelitian disarankan kepada para guru untuk menggunakan strategi inkuiri pada mata pelajaran matematika pada pokok bahasan tertentu untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Dalam penelitian ini motivasi belajar berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar untuk itu perlu penelitian lebih lanjut terkait dengan adanya variabel moderator selain motivasi belajar (misalnya minat bakat gaya kogitif. Intelegensi sikap belajar dan lain-lain) yang juga berpengaruh terhadap prestasi belajar.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S3 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Sep 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63596

Actions (login required)

View Item View Item