Pengaruh strategi pembelajaran koopertif model (TPS) think pair share vs konvensional model buku teks dengan pengetahuan awal berbeda terhadap hasil belajar kognitif dan efektif mata pelajaran biologi pada pembelajaran SMA Negeri 1 Jember / I Wayan Wesa Atmaja - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh strategi pembelajaran koopertif model (TPS) think pair share vs konvensional model buku teks dengan pengetahuan awal berbeda terhadap hasil belajar kognitif dan efektif mata pelajaran biologi pada pembelajaran SMA Negeri 1 Jember / I Wayan Wesa Atmaja

Atmaja, I Wayan Wesa (2012) Pengaruh strategi pembelajaran koopertif model (TPS) think pair share vs konvensional model buku teks dengan pengetahuan awal berbeda terhadap hasil belajar kognitif dan efektif mata pelajaran biologi pada pembelajaran SMA Negeri 1 Jember / I Wayan Wesa Atmaja. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci strategi pembelajaran kooperatif konvensional model TPS buku teks pengetahuan awal hasil belajar Keberhasilan proses pembelajaran ditentukan oleh beberapa faktor antara lain strategi pembelajaran yang dipilih oleh pembelajar dan pengetahuan awal pebelajar. Peneliti telah memverifikasi seberapa jauh pengaruh variabel strategi model pembelajaran dan pengetahuan awal pebelajar terhadap hasil belajar. Strategi pembelajaran yang dipilih adalah (1) Strategi pembelajaran kooperatif model TPS dan (2) Strategi pembelajarn konvensional model buku teks sebagai variabel bebas. Pengetahuan awal sebagai variabel moderator sedangkan hasil belajar pebelajar sebagai variabel terikat. Tujuan penelitian untuk menguji (1) perbedaan hasil belajar kognitif mata pelajaran biologi antara kelompok yang menggunakan strategi pembelajaran kooperatif model TPS vs strategi konvensional model buku teks pada pebelajar kelas X di SMA Negeri 1 Jember (2) perbedaan yang signifikan hasil belajar kognitif antara pengetahuan awal tinggi dan pengetahuan awal rendah (3) interaksi antara strategi pembelajaran (kooperatif model TPS vs konvensional model buku teks) dengan pengetahuan awal terhadap hasil belajar kognitif pebelajar kelas X di SMA Negeri 1 Jember (4) perbedaan hasil belajar afektif mata pelajaran biologi antara kelompok yang menggunakan strategi pembelajaran kooperatif model TPS dibandingkan dengan strategi konvensional model buku teks pada pebelajar kelas X di SMA Negeri 1 Jember (5) perbedaan yang signifikan hasil belajar afektif antara pengetahuan awal tinggi dan pengetahuan awal rendah pada pebelajar kelas X di SMA Negeri 1 Jember (6) interaksi antara strategi pembelajar kooperatif model TPS vs konvensional model buku teks dengan pengetahuan awal terhadap hasil belajar afektif pebelajar kelas X di SMA Negeri 1 Jember. Rancangan penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain factorial 2 x 2. Subjek penelitian terdiri dari dua kelompok yaitu (1) kelompok eksperimen yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran kooperatif model TPS dan kelompok kontrol yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran konvensional model buku teks. Instrumen untuk mengukur hasil belajar adalah tes. Hasil belajar yang diukur adalah hasil belajar kognitif dan afektif. Jenis soal tes yang dipakai untuk mengukur hasil belajar kogntif adalah tes obyektif pilihan ganda dengan 5 (lima) pilihan dan tes uraian. Jumlah soal tes obyektif adalah 35 soal dan uraian 5 soal. Hasil belajar afektif diukur menggunakan angket. Data yang dikumpulan dalam penelitian berupa skor tes yang dianalisis dengan statistik inferensial untuk mengetahui signifikansi perbedaan data. Hipotesis yang diajukan dianalasis dengan Mancova 2 jalur 2 X 2 karena terdapat variabel bebas dan variabel moderator serta dua variable terikat. Uji ini sekaligus untuk mengetahui pengaruh interaksi kedua faktor tersebut terhadap hasil belajar kognitif dan afektif. Hasil analisis menunjukkan bahwa (1) strategi pembelajaran model TPS memberikan pengaruh secara signifikan terhadap pencapaian hasil belajar kognitif. Model ini lebih unggul dibandingkan dengan pembelajaran model KV BT 2) pengetahuan awal memberikan pengaruh secara signifikan terhadap pencapaian hasil belajar kognitif. Pebelajar dengan pengetahuan awal tinggi lebih unggul dari pebelajar berpengetahuan awal rendah 3) interaksi antara implementasi model pembelajaran dengan pengetahuan awal pebelajar berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif (4) strategi pembelajaran model TPS memberikan pengaruh secara signifikan terhadap pencapaian hasil belajar afektif. Model ini lebih unggul dibandingkan dengan pembelajaran model KV BT (5) pengetahuan awal memberikan pengaruh secara signifikan pada pencapaian hasil belajar afektif (6) interaksi antara model pembelajaran dengan pengetahuan awal pebelajar tidak berpengaruh secara signifikan pada hasil belajar afektif. Berdasarkan temuan penelitian ini disarankan antara lain 1) kajian ini dapat dipakai oleh pembelajar sebagai pijakan untuk menyampaikan konsep-konsep biologi kepada pebelajar 2) Perangkat pembelajaran yang dihasilkan dapat dikembangkan lagi dan digunakan sebagai suplemen oleh pembelajar dalam proses pembelajaran khususnya pembelajaran biologi di SMA 3) kesulitan pembelajar dalam membagi waktu pada sintaks TPS dapat disiasati dengan memberikan pekerjaan rumah pada pebelajar untuk mengeksplorasi materi yang akan dibahas 4) Pembelajar hendaknya menyadari perbedaan pengetahuan awal pebelajar dalam proses pembelajaran sehingga sesuai dengan pemilihan strategi yang akan diterapkan 5) penelitian disarankan melibatkan subjek-subjek pada tingkatan lain yaitu kelas XI dan XII SMA ataupun pada jenjang sekolah yang berbeda 6) Variabel terikat yang diteliti dalam penelitian ini masih terbatas pada ranah kognitif dan afektif untuk penelitian lebih lanjut implementasi pembelajaran kooperatif dapat pula diteliti variabel terikat dari ranah psikomotor

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S3 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 10 Sep 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63595

Actions (login required)

View Item View Item