Pengaruh strategi pembelajaran matematika realistik dan motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar dan sikap siswa pada bidang studi matematika / Dimyati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh strategi pembelajaran matematika realistik dan motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar dan sikap siswa pada bidang studi matematika / Dimyati

Dimyati (2012) Pengaruh strategi pembelajaran matematika realistik dan motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar dan sikap siswa pada bidang studi matematika / Dimyati. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Disertasi Program Studi Teknologi Pembelajaran. Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. H. Punaji Setyosari M.Pd M.Ed. (II) Prof. Dr.I Nyoman Sudana Degeng M.Pd. dan (III) Dr.H. Sulton M.Pd. Kata kunci pembelajaran matematika realistik (PMR) motivasi berprestasi prestasi belajar sikap siswa. Secara umum pembelajaran di sekolah sampai saat ini masih menunjukkan adanya dominasi guru. Peran siswa tidak lebih hanya mendengar dan mencatat. Kalaupun ada peran siswa dalam kelas khususnya dalam mengerjakan soal bertanya dan sharing tetapi jauh dari harapan. Guru dalam proses pembelajaran menjadi panglima dan tidaklah berlebihan jika dikatakan sebagai satu-satunya sumber belajar. Pembelajaran semacam ini mengakibatkan siswa hanya bekerja secara algoritmik dan memahami rumus-rumus matematika tanpa penalaran. Tipologi bidang studi matematika lebih bersifat abstrak adanya kesepakatan bernalar deduktif aksiomatik dan terstruktur. Oleh sebab itu layaknya strategi pembelajaran matematika khususnya ditingkat dasar (SD sampai SMP) adalah strategi yang bisa mengubah sesuatu yang abstrak menjadi nyata yang dialami siswa dalam kehidupan sehari-hari. Strategi pembelajaran semacam ini adalah pembelajaran matematika realistik (PMR) Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk membandingkan efektifitas penggunaan strategi pembelajaran matematika realistik dan konvensional dilihat dari prestasi belajar dan sikap siswa pada bidang studi matematika siswa SMP kelas VIII (2) menguji pengaruh motivasi berprestasi yang berbeda (tinggi dan rendah) terhadap prestasi belajar dan sikap siswa pada bidang studi matematika dan (3) menguji interaksi antara penerapan strategi pembelajaran (matematika realistik dan konvensional) dan motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar dan sikap siswa pada bidang studi matematika. Penelitian dilakukan di SMP I Ambulu Kabupaten Jember dengan subjek penelitian siswa kelas VIII semester genap tahun pelajaran 2011/2012. Jumlah siswa yang dilibatkan dalam penelitian ini sebanyak 71 siswa dengan rincian kelas yang menggunakan strategi pembelajaran konvensional sebanyak 36 siswa dan kelas yang menggunakan strategi pembelajaran metematika realistik sebanyak 35 siswa. Pengumpulan data menggunakan tiga instrumen yaitu (1) instrumen motivasi beprestasi (2) instumen prestasi belajar dan (3) instrumen sikap siswa pada bidang studi matematika. Pengolahan data menggunakan Multivariate Analysis of Variance (MANOVA) faktorial 2X2 dengan penghitungan menggunakan SPSS 17 0 for Windows. Hasil penelitian ada 6 yaitu (1) prestasi belajar matematika siswa antara kelompok siswa yang belajar melalui strategi pembelajaran matematika realistik dan kelompok siswa yang belajar melalui strategi pembelajaran konvensional menunjukkan adanya perbedaan. Penggunaan PMR memberikan hasil prestasi lebih baik dibandingkan dengan menggunakan strategi pembelajaran konvensional (2) prestasi belajar matematika siswa SMP kelas VIII antara kelompok siswa yang memiliki tingkat motivasi berprestasi (tinggi dan rendah) menunjukkan adanya perbedaan. Kelompok siswa yang memiliki tingkat motivasi tinggi memiliki prestasi lebih tinggi jika dibandingkan dengan kelompok siswa yang memiliki motivasi berprestasi rendah (3) strategi pembelajaran dan tingkat motivasi berprestasi menunjukkan tidak adanya interaksi terhadap prestasi belajar matematika siswa SMP kelas VIII. Tidak adanya interaksi ini menunjukkan bahwa tingkat motivasi berprestasi siswa tidak memberikan pengaruh secara bersamaaan dengan strategi pembelajaran matematika realistik terhadap prestasi belajar (4) sikap siswa pada bidang studi matematika pada SMP kelas VIII antara kelompok siswa yang belajar melalui strategi pembelajaran realistik dan kelompok siswa melalui pembelajaran konvensional menunjukkan perbedaan. Penggunaan strategi pembelajaran matematika realistik memberikan sikap siswa pada bidang studi matematika lebih baik dibandingkan dengan penggunaan strategi pembelajaran konvensional (5) sikap siswa pada bidang studi matematika pada SMP kelas VIII antara kelompok siswa yang memiliki tingkat motivasi berprestasi tinggi dan tingkat motivasi berprestasi rendah menunjukkan perbedaan. Kelompok siswa yang memiliki tingkat motivasi tinggi memiliki sikap terhadap bidang studi matematika lebih baik dibanding dengan tingkat motivasi beprestasi rendah dan (6) Strategi pembelajaran dan tingkat motivasi berprestasi tidak menunjukkan adanya pengaruh interaksi terhadap sikap siswa pada bidang studi matematika. Kenyataan ini menunjukkan bahwa tingkat motivasi berprestasi tidak memberikan pengaruh secara bersamaan dengan strategi pembelajaran terhadap sikap siswa pada bidang studi matematika. Dari hasil penelitian ini ada beberapa saran yang diajukan (1) pada pendidkan di tingkat dasar setingkat SD dan SMP sederajat perlu terus menggali mengkaji dan menerapkan strategi pembelajaran matematika realistik. Sifat abstrak pada bidang studi matematika jelas membutuhkan upaya meng-konkritkan matematika ke dalam kehidupan nyata yang dialami siswa khususnya materi-materi yang menyangkut konsep karena ditingkat sekolah itu konsep matematika mulai dibangun (2) strategi pembelajaran matematika realistik hendakya diawali dengan memilih masalah-masalah riil dan sekaligus menantang hal ini akan memotivasi siswa untuk belajar lebih baik (3) agar keterlibatan siswa dalam pembelajaran bisa maksimal hendaknya guru menciptakan suasana yang kondusif antara lain demokratis rilek dan tidak mudah menyalahkan siswa

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S3 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Aug 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63594

Actions (login required)

View Item View Item