Pengaruh strategi pembelajaran ekspositori berbantuan peta pikiran dan motivasi berprestasi terhadap pemahaman konsep pendidikan agama Islam / Mashudi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh strategi pembelajaran ekspositori berbantuan peta pikiran dan motivasi berprestasi terhadap pemahaman konsep pendidikan agama Islam / Mashudi

Mashudi (2012) Pengaruh strategi pembelajaran ekspositori berbantuan peta pikiran dan motivasi berprestasi terhadap pemahaman konsep pendidikan agama Islam / Mashudi. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci strategi pembelajaran ekspositori berbantuan peta pikiran motivasi berprestasi pendidikan agama Islam Penelitian ini mengkaji strategi pembelajaran ekspositori berbantuan peta pikiran. Dengan membandingkan dua jenis strategi yakni strategi pembelajaran ekspositori berbantuan peta pikiran dan strategi pembelajaran ekspositori tanpa peta pikiran. Karakteristik pebelajar kelihatannya cukup signifikan mempengaruhi pemahaman konsep pendidikann agama Islam. Pengaruh utama strategi pembelajaran dan pengaruh interaksi strategi pembelajaran dengan motivasi pembelajaran terhadap pemahaman konsep merupakan konsentrasi pada penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk menguji (1) perbedaan pemahaman konsep antara kelompok pebelajar yang dibelajarkan dengan menggunakan strategi ekspositori berbantuan peta pikiran dan strategi ekspositori tanpa berbantuan peta pikiran (2) perbedaan pemahaman konsep antara kelompok pebelajar yang memiliki motivasi berprestasi tinggi dan kelompok pebelajar yang memiliki motivasi berprestasi rendah (3) interaksi antara penerapan strategi ekspositori berbantuan peta pikiran versus strategi ekspositori tanpa berbantuan peta pikiran dan motivasi berprestasi terhadap pemahaman konsep. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen kuasi. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Jember program studi pendidikan agama Islam pada semester II angkatan 2011/2012 yang terdiri dari dua kelas I dan J. Jumlah sampel yang dilibatkan dalam penelitian ini adalah 78. Data yang dikumpulkan diolah secara statistik inferensial dengan menggunakan teknik analisis varian (ANAVA) dua jalur. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa (1) Ada perbedaan yang signifikan dalam pemahaman konsep pendidikan agama Islam bagi pebelajar yang dibelajarkan dengan strategi ekspositori berbantuan peta pikiran dan strategi ekspositori tanpa berbantuan peta pikiran (2) Ada perbedaan yang signifikan dalam pemahaman konsep pendidikan agama Islam yang dibelajarkan dengan strategi ekspositori yang berbantuan peta pikiran dan strategi ekspositori tanpa berbantuan peta pikiran bagi pebelajar yang memiliki motivasi berprestasi tinggi dan pebelajar yang memiliki motivasi berprestasi rendah dann (3) Tidak ada interaksi antara penerapan strategi ekspositori berbantuan peta pikiran (rerata 33 92) dan strategi ekspositori tanpa berbantuan peta pikiran (rerata 55 43) bagi pebelajar yang memiliki motivasi berprestasi tinggi dan pebelajar yang memiliki vii motivasi berprestasi rendah terhadap pemahaman konsep pendidikan agama Islam. Berdasarkan penelitian ini disarankan pembelajar (1)Untuk meningkatkan prestasi belajar mahasiswa dalam pembelajaran pendidikan agama Islam (ilmu fiqh) jenis peta pikiran hendaknya digunakan sebagai salah satu strategi pembelajaran karena terbukti efektif dalam meningkatkan prestasi belajar dan juga dipersiapkan dengan baik berupa sarana dan prasarana serta sumber belajar yang mendukung pelaksanaan strategi pembelajaran (2) Walaupun dalam penelitian ini motivasi berprestasi berpengaruh secara signifikan terhadap pemahaman konsep para pembelajar hendaknya tetap memperhatikan seluruh kondisi pembelajaran dan hendaknya memperhatikan motivasi berprestasi pebelajar. sehingga pembelajaran dapat dilakukan secara baik dan memperoleh hasil yang optimal dan (3) Pengkajian tentang tidak adanya interaksi antara penerapan strategi ekspositori berbantuan peta pikiran dan motivasi terhadap pemahaman konsep masih perlu dilakukan untuk memperoleh gambaran yang jelas tentang hubungan dimensi starategi pembelajaran dimensi motivasi terhadap ranah kognitif disamping itu kepada pembelajar untuk tetap memperhatikan karakteristik pebelajar seperti minat bakat kemampuan motivasi dan lain-lain sebaiknya tetap menjadi perhatian pembelajar dalam merancang melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran sehingga pembelajar dapat memberdayakan pebelajar untuk belajar secara maksimal.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S3 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 10 Aug 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63590

Actions (login required)

View Item View Item