Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar subtema keunikan daerah tempat tinggalku pada siswa kelas IVa SDN Mergosono 1 Kedungkandang Malang / Achmad Shidiq Ichwan - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar subtema keunikan daerah tempat tinggalku pada siswa kelas IVa SDN Mergosono 1 Kedungkandang Malang / Achmad Shidiq Ichwan

Ichwan, Achmad Shidiq (2016) Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar subtema keunikan daerah tempat tinggalku pada siswa kelas IVa SDN Mergosono 1 Kedungkandang Malang / Achmad Shidiq Ichwan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ichwan AchmadShidiq. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Subtema Keunikan Daerah Tempat Tinggalku Pada Siswa Kelas IVA SDN Mergosono 1 Kedungkandang Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Sumanto M.Pd (II) Drs. Achmad Badawi S.Pd. M.Pd. Kata Kunci Model PBL Aktivitas Hasil Belajar Pembelajaran menurut kurikulum 2013 idealnya menuntut siswa agar aktif dalam pembelajaran. Namun hal tersebut belum ditemukan peneliti pada saat observasi di kelas IVA SDN Mergosono 1 Kedungkandang Malang. Oleh karena itu peneliti menawarkan penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning. Model tersebut digunakan bertujuan agar siswa dapat aktifmenemukan pengetahuan baru secara mandiri ataupun kelompok dari sebuah upaya pemecahan masalah. Sehingga berdampak pada meningkatnya aktivitas dan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Rancangan penelitian dimulai dari tahap observasi awal tahap perencanaan dan terakhir tahap tindakan. Tahap tindakan dilaksanakan dalam 2 siklus tindakan. Satu siklus terdiri dari dua kali pembelajaran. Setiap siklus meliputi tahap perencanaan perlakuan-pengamatan dan refleksi. Hasil dari penelitian ini adalah terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar pada tiap siklusnya. Hal tersebut berdasarkan pada pembelajaran I sebanyak 15 siswa mengalami peningkatan hasil belajar. Selanjutnya pada pembelajaran II ada 25 siswa mengalami peningkatan aktivitas belajardan 17 siswa mengalami peningkatan hasil belajar. Kemudian pada pembelajaran III ada 18 siswa mengalami peningkatan aktivitas belajar dan 6 siswa mengalami peningkatan hasil belajar. Terakhir pada pembelajaran ke IV terdapat 5 siswa meningkat aktivitas belajarnya dan 6 siswa meningkat hasil belajarnya. Kesimpulannya meskipun jumlah siswa yang meningkat hasil belajarnya semakin menurun namun hal tersebut bukan karena kualitas semakin menurun tetapi karena nilai siswa sudah mendekati nilai maksimal. Hal tersebut menunjukkan bahwa model PBL memang layak disarankan untuk digunakan sebagai model alternatif dalam pembelajaran di kelas IV sekolah dasar pada tema Tempat Tinggalku subtema Keunikan Daerah Tempat Tinggalku Pembelajaran 1 sampai dengan 4. 8195

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jul 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6359

Actions (login required)

View Item View Item