Pengaruh strategi pembelajaran konsep melalui direct presentation VS concept attainment, prior knowledge dan sikap terhadap hasil belajar ilmu pengetahuan sosial kelas V sekolah dasar / Ismail - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh strategi pembelajaran konsep melalui direct presentation VS concept attainment, prior knowledge dan sikap terhadap hasil belajar ilmu pengetahuan sosial kelas V sekolah dasar / Ismail

Ismail (2012) Pengaruh strategi pembelajaran konsep melalui direct presentation VS concept attainment, prior knowledge dan sikap terhadap hasil belajar ilmu pengetahuan sosial kelas V sekolah dasar / Ismail. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Strategi pembelajaran konsep direct presentation concept attain-ment prior knowledge sikap hasil belajar. Kualitas hasil belajar pemahaman konsep banyak ditentukan oleh metode dan kondisi pembelajaran. Pemilihan strategi pembelajaran dalam kondisi yang tepat merupakan prasyarat agar konsep yang dibelajarkan dapat dipahami dan diaplikasikan untuk pengembangan pengetahuan penyerapan informasi dan kemampuan berkomunikasi dalam berbagai situasi. Strategi pembelajaran konsep melalui direct presentation dan concept attainment sudah lama diterapkan dalam membelajarkan konsep tetapi keefektifan diantara keduanya belum banyak dikaji secara empirik. Strategi direct presentation membelajarkan konsep dengan pola penalaran deduktif atau from rule to example sedangkan concept attainment menempuh pola penalaran induktif atau from example to rule. Perbedaan pola di antara kedua strategi tersebut dapat membawa dampak yang berbeda terhadap hasil belajar pemahaman konsep. Keefektifan suatu strategi pembelajaran dalam mencapai hasil belajar juga tidak lepas dari faktor-faktor kondisi pembelajaran terutama yang melekat pada pebelajar seperti prior knowledge dan sikap pebelajar terhadap mata pelajaran. Prior knowledge mencerminkan tingkat perkembangan intelektual yang mempe-ngaruhi kesiapan dan kemampuan pebelajar untuk mempelajari berbagai jenis konsep. Sedangkan sikap merupakan sumber motivasi yang menggerakkan aktivitas dan kreativitas pebelajar dalam memahami konsep. Untuk memahami konsep dalam suatu mata pelajaran tertentu diperlukan dukungan sikap positip dari pebelajar terhadap mata pelajaran tersebut. Pertautan yang tepat antara strategi pembelajaran konsep dengan prior knowledge dan sikap pebelajar terhadap pelajaran ilmu pengetahuan sosial menjadi faktor kunci keberhasilan dalam memahami konsep-konsep yang dibelajarkan sebagai produk utama dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah mengkaji pengaruh utama dan interaksi dari strategi pembelajaran konsep melalui direct presentation dan concept attainment prior knowledge dan sikap pebelajar terhadap hasil belajar ilmu pengetahuan sosial pebelajar kelas V sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan rancangan eksperimen semu pretest-posttest nonequivalent control group design dengan faktorial 2 x 2 x 2. Subjek penelitian adalah pebelajar kelas V SDN 5 dan SDN 45 Mataram Provinsi Nusa Tenggara Barat semester gasal tahun pelajaran 2011/2012. Jumlah pebelajar yang terlibat 124 orang terdiri dari SDN 5 sebanyak 58 orang diberikan perlakuan dengan strategi direct presentation dan SDN 45 sebanyak 66 orang diberikan perlakuan dengan strategi concept attainment. Hipotesis penelitian diuji dengan statistik Analysis of Variance dengan tingkat signifikansi 5 %. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) hasil belajar pemahaman konsep berbeda secara signifikan antara kelompok pebelajar yang dibelajarkan dengan strategi direct presentation dan concept attainment kelompok pebelajar yang dibelajarkan dengan strategi concept attainment memperoleh nilai hasil belajar lebih tinggi daripada kelompok pebelajar yang dibelajarkan dengan direct presentation (2) hasil belajar pemahaman konsep berbeda secara signifikan antara kelompok pebelajar yang memiliki prior knowledge tinggi dan prior knowledge rendah kelompok pebelajar prior knowledge tinggi memperoleh nilai hasil belajar lebih tinggi daripada kelompok pebelajar prior knowledge rendah (3) hasil belajar pemahaman konsep berbeda secara signifikan antara kelompok pebelajar yang memiliki sikap positif dan sikap negatif kelompok pebelajar sikap positif memperoleh nilai hasil belajar lebih tinggi daripada kelompok pebelajar sikap negatif (4) interaksi strategi pembelajaran dan prior knowledge tidak memberi-kan pengaruh signifikan terhadap hasil belajar pemahaman konsep (5) interaksi strategi pembelajaran dan sikap pebelajar tidak memberikan pengaruh signifikan terhadap hasil belajar pemahaman konsep (6) interaksi prior knowledge dan sikap pebelajar tidak memberikan pengaruh signifikan terhadap hasil belajar pemaham-an konsep (7) interaksi strategi pembelajaran prior knowledge dan sikap pebelajar memberikan pengaruh signifikan terhadap hasil belajar pemahaman konsep. Berdasarkan temuan penelitian ini disarankan kepada para pembelajar sekolah dasar agar lebih sering menggunakan strategi concept attainment dalam membelajarkan konsep-konsep IPS karena teridentifikasilebih efektif dalam memban-tu pebelajar memperoleh hasil belajar yang lebih baik. Strategi concept attainment juga terbukti efektif dalam menghadapi pebelajar prior knowledge tinggi dan sikap positif maupun pada pebelajar prior knowledge rendah dan sikap negatif. Sedangkan strategi direct presentation lebih efektif jika menghadapi pebelajar dengan prior knowledge tinggi dan sikap positif. Untuk memverifikasi lebih jauh hasil penelitian ini diperlukan penelitian lanjutan dengan melibatkan subjek yang lebih banyak pada jenis dan jenjang pendidikan serta mata pelajaran yang berbeda. Dengan demikian hasil penelitian tentang strategi pembelajaran konsep ini akan memperoleh dukungan empiris yang lebih luas sehingga dapat memberikan manfaat yang lebih besar.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S3 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 02 Aug 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63588

Actions (login required)

View Item View Item