Pengaruh strategi pembelajaran learning cycle dan keterampilan berfikir kritis terhadap kapabilitas diskriminasi dan konsep konkret bidang fisika / Sudi Dul Aji - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh strategi pembelajaran learning cycle dan keterampilan berfikir kritis terhadap kapabilitas diskriminasi dan konsep konkret bidang fisika / Sudi Dul Aji

Aji, Sudi Dul (2012) Pengaruh strategi pembelajaran learning cycle dan keterampilan berfikir kritis terhadap kapabilitas diskriminasi dan konsep konkret bidang fisika / Sudi Dul Aji. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci strategi pembelajaran learning cycle keterampilan berfikir kritis kapabilitas diskriminasi kapabilitas konsep konkret. Learning cycle dipilih sebagai salah satu strategi pembelajaran disebabkan learning cycle merupakan strategi yang effektif dalam pembelajaran IPA mudah untuk dipelajari konsisten dengan paradigma pembelajaran masa kini dan menciptakan peluang untuk mempelajari ilmu pengetahuan. Strategi pembelajaran merupakan domain yang berpengaruh pada kapabilitas belajar seseorang. Pada dasarnya siswa telah memiliki keterampilan berfikir kristis hanya kadarnya yang berbeda berdasarkan pemahaman awal yang telah dimiliki. Keterampilan berfikir kritis ini dapat mempengaruhi kapabilitas belajar siswa. Penelitian ini mengkaji dua strategi pembelajaran learning cycle yang dapat mempengaruhi kapabilitas belajar siswa juga pengaruh keterampilan berfikir kritis siswa serta interaksi strategi pembelajaran dan keterampilan berfikir kritis siswa terhadap kapabilitas belajarnya. Tujuan penelitian adalah (1) menguji perbedaan dalam kapabilitas diskriminasi antara siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran learning cycle 5 E dan learning cycle POE (2) menguji perbedaan dalam kapabilitas diskriminasi antara siswa yang memiliki keterampilan berfikir kristis tinggi dan siswa yang memiliki keterampilan berfikir kritis rendah (3) mengetahui interaksi strategi pembelajaran learning cycle dan keterampilan berfikir kritis terhadap kapabilitas diskriminasi siswa (4) menguji perbedaan dalam kapabilitas konsep konkret antara siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran learning cycle 5 E dan learning cycle POE (5) menguji perbedaan dalam kapabilitas konsep konkret siswa yang memiliki keterampilan berfikir kritis tinggi dan siswa yang memiliki keterampilan berfikir kritis rendah (6) mengetahui interaksi dalam penerapan strategi pembelajaran learning cycle dan keterampilan berfikir kritis terhadap kapabilitas konsep konkret. Penelitian ini menggunakan rancangan eksperimen semu dengan menggunakan desain non-equivalent posttest only control group design. Desain penelitian ini terdiri dari dua kelompok perlakuan. Satu kelompok diberi perlakuan strategi pembelajaran learning cycle 5E dan kelompok lain diberi perlakuan strategi pembelajaran learning cycle POE. Kelompok yang digunakan merupakan intact group dan dependent variable diukur satu kali yaitu setelah perlakuan eksperimen diberikan. Data penelitian dikumpulkan melalui instrument berupa (1) angket untuk keterampilan berfikir kritis dan (2) Tes untuk kapabilitas belajar siswa. Sementara untuk menguji hipotesis digunakan analisis Manova dengan bantuan computer program SPSS 18 for windows dan semua pengujian hipotesis nol dilakukan pada taraf signifikansi 5%. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan sebagai berikut (1) terdapat perbedaan kapabilitas diskriminasi antara penerapan strategi pembelajaran learning cycle 5 E dan penerapan strategi pembelajaran learning cycle POE (2) terdapat perbedaan kapabilitas diskriminasi antara siswa yang memiliki keterampilan berfikir kritis tingi dan siswa yang memiliki keterampilan berfikir kritis rendah (3) terdapat interaksi strategi pembelajaran learning cycle dan keterampilan berfikir kritis terhadap kapabilitas diskriminasi (4) terdapat perbedaan kapabilitas konsep konkret antara penerapan strategi pembelajaran learning cycle 5 E dan penerapan strategi pembelajaran learning cycle POE (5) terdapat perbedaan kapabilitas konsep konkret antara siswa yang memiliki keterampilan berfikir kritis tinggi dan siswa yang memiliki keterampilan berfikir kritis rendah (6) terdapat interaksi strategi pembelajaran learning cycle dan keterampilan berfikir kritis terhadap kapabilitas konsep konkret. Berangkat dari kesimpulan yang diperoleh beberapa saran yang dikemukakan antara lain (1) dalam pembelajaran fisika hendaknya menerapkan strategi pembelajaran learning cycle karena strategi ini terbukti dapat meningkatkan kapabilitas belajar siswa (2) Dalam penelitian ini kapabilitas belajar siswa hanya menyangkut keterampilan intelektual dengan dimensi diskriminasi dan konsep konkret masih perlu diidentifikasi untuk dimensi yang lain yaitu konsep abstrak kaidah dan kaidah tingkat tinggi (3) Sebelum guru mengajarkan materi sebaiknya mengidentifikasi keterampilan berfikir kritis siswa karena terbukti siswa yang memiliki keterampilan berfikir kritis tinggi akan memiliki kapabilitas belajar yang tinggi. (4) agar hasil penelitian dapat konsisten maka perlu penambahan jumlah guru model dan sekolah tempat penelitian.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S3 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Aug 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63587

Actions (login required)

View Item View Item