Perbandingan prestasi belajar mahasiswa yang dibelajarkan menggunakan strategi Advance Organizer jenis Mind dan Consept Map yang memiliki gaya kognitif berbeda / Luk-Luk Nur Mufidah - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbandingan prestasi belajar mahasiswa yang dibelajarkan menggunakan strategi Advance Organizer jenis Mind dan Consept Map yang memiliki gaya kognitif berbeda / Luk-Luk Nur Mufidah

Mufidah, Luk-Luk Nur (2012) Perbandingan prestasi belajar mahasiswa yang dibelajarkan menggunakan strategi Advance Organizer jenis Mind dan Consept Map yang memiliki gaya kognitif berbeda / Luk-Luk Nur Mufidah. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci strategi advance organizer jenis mind map strategi advance organizer jenis concept map gaya kognitif prestasi belajar. Pemahaman terhadap mata kuliah fiqh munakahat selama ini hanya dilakukan oleh dosen dengan cara ceramah tanpa variasi dan diskusi kelompok. namun pembelajaran yang dilakukan dengan kedua cara tersebut di atas tidak cukup efektif dalam menghasilkan kedalaman materi bagi mahasiswa. Ini dikarenakan penyajian materi dan pengorganisasiannya terlalu monoton membosankan dan kurang menarik bagi mahasiswa. Hal ini berakibat pada tidak optimalnya fungsi struktur kognitif mahasiswa serta lemahnya daya ingat mereka terhadap materi fiqh munakahat sehingga prestasi belajar mereka menurun. Advance organizer adalah suatu strategi membangun struktur kognitif untuk meningkatkan proses pembelajaran serta membangun daya ingat dalam memperoleh informasi baru. Penelitian ini akan membandingkan keampuhan dua jenis graphic organizer yakni mind map dan concept map yang digunakan sebagai advance organizer terhadap prestasi belajar. Karakteristik pebelajar yang kelihatannya cukup signifikan mempengaruhi keberadaan advance organizer adalah gaya kognitif. Pengaruh utama strategi pembelajaran dan pengaruh interaksi strategi pembelajaran dan gaya kognitif terhadap prestasi belajar merupakan konsentrasi penelitian ini. Tujuan penelitian ini adalah menentukan pengaruh utama dan pengaruh interaksi variabel perlakuan terhadap prestasi belajar mata kuliah fiqh munakahat pada mahasiswa S1 syari ah. Kegunaan dan manfaat penelitian ini dipilah menjadi dua yaitu (1) manfaat teoritis terkait dengan pelaksanaan kebijakan dalam pendidikan dan (2) manfaat praktis untuk pelaksanaan tindakan pembelajaran di kelas dalam lembaga pendidikan. Penelitian ini termasuk penelitian kuasi eksperimen dengan desain versi nonequivalent control group design. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Tulungagung jurusan Syari ah semester II angkatan 2010/2011 yang terdiri dari dua kelas A dan B. Penentuan kelas yang akan menjadi subjek penelitian dilakukan secara acak tetapi penempatan dalam masing-masing kelas merupakan hal yang harus diterima apa adanya (intact Group). Data yang dikumpulkan diolah secara statistik inferensial dengan menggunakan teknik analisis varian dua jalur 2x2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ada perbedaan prestasi belajar mata kuliah fiqh munakahat antara kelompok mahasiswa yang dibelajarkan menggunakan strategi advance organizer jenis mind map dan kelompok mahasiswa yang dibelajarkan dengan strategi advance organizer jenis concept map pada mahasiswa S1 syari ah (2) Tidak ada perbedaan prestasi belajar mahasiswa mata kuliah fiqh munakahat antara kelompok mahasiswa yang memiliki gaya kognitif field dependence dan field independence pada mahasiswa S1 syari ah (3) Tidak ada interaksi antara strategi pembelajaran advance organizer jenis mind map dan concept map dengan gaya kognitif field dependence dan field independence terhadap prestasi belajar matakuliah fiqh munakahat. Statistik deskriptif menunjukkan bahwa penggunaan strategi advance organizer jenis mind map (rerata 78 59) lebih unggul dibandingkan penggunaan advance organizer jenis concept map (rerata 67 61) dalam meningkatkan prestasi belajar mahasiswa. Berdasarkan temuan penelitian disarankan kepada para dosen untuk menggunakan strategi pembelajaran advance organizer jenis mind map dalam mata kuliah yang diampu pada pokok bahasan tertentu yang sesuai dengan karakteristik strategi pembelajaran ini. Walaupun dalam penelitian ini gaya kognitif tidak berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar para dosen hendaknya memperhatikan kondisi pembelajaran seperti minat bakat kemampuan awal motivasi gaya kognitif intelegensi sikap dan lain-lain sehingga dosen dapat memberdayakan mahasiswa untuk belajar secara maksimal.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S3 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63583

Actions (login required)

View Item View Item