Pengaruh strategi pembelajaran dan motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar masail fiqhiyah / Evi Fatimatur Rusydiyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh strategi pembelajaran dan motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar masail fiqhiyah / Evi Fatimatur Rusydiyah

Rusydiyah, Evi Fatimatur (2012) Pengaruh strategi pembelajaran dan motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar masail fiqhiyah / Evi Fatimatur Rusydiyah. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Disertasi Program Studi Teknologi Pembelajaran Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. I Wayan Ardhana M.A. (II) Prof. Dr. Punaji Setyosari M.Ed. M.Pd. (III) Dr. Sulthon M.Pd. Kata Kunci problem based-learning konvensional motivasi berprestasi prestasi belajar. Paradigma belajar yang dianut oleh dosen tercermin pada strategi pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran. Strategi pembelajaran sebagai penataan cara-cara yang memuat urutan langkah-langkah prosedural yang dapat digunakan pada kondisi tertentu untuk mencapai hasil belajar yang diinginkan. Di lapangan selama ini dosen kurang memperhatikan strategi pembelajaran yang digunakannya. Seringkali seorang dosen hanya menggunakan strategi pembelajaran yang monoton yaitu strategi pembelajaran yang berpusat pada dosen. Hal ini tidak sesuai dengan prinsip umum penggunaan strategi pembelajaran yang menyatakan bahwa tidak semua strategi pembelajaran dapat digunakan untuk mencapai semua tujuan pada berbagai kondisi. Penggunaan strategi pembelajaran yang tidak tepat dimana mahasiswa tidak dilibatkan secara aktif dapat berpengaruh terhadap prestasi belajar pada mata kuliah yang dipelajari. Hal ini berimplikasi terhadap rendahnya kompetensi mata kuliah yang dipelajari. Keadaan tersebut dapat mengakibatkan ketidakpuasan terhadap kualitas lulusan yang dihasilkan oleh perguruan tinggi. Untuk itu seorang dosen perlu menguji keefektifan suatu strategi pembelajaran sebelum strategi itu digunakan dalam perkuliahan. Salah satu strategi pembelajaran yang perlu diuji keefektifannya adalah strategi pembelajaran problem based learning (PBL). PBL dirancang tidak untuk menyampaikan materi sebanyak-banyaknya kepada mahasiswa melainkan untuk mengembangkan cara berfikir pemecahan masalah ketrampilan intelektual belajar melalui situasi nyata atau simulasi dan menjadi pebelajar mandiri. Sebagai pembanding keefektifan strategi pembelajaran PBL digunakan strategi pembelajaran konvensional karena strategi ini sangat lazim digunakan oleh para dosen jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam mengampu mata kuliah. Selain strategi pembelajaran hal penting yang perlu juga menjadi perhatian guru dalam pembelajaran adalah karakteristik pebelajar diantaranya adalah motivasi berprestasi. Motivasi berprestasi adalah dorongan atau keinginan yang dimiliki mahasiswa untuk melakukan aktivitas dengan harapan memperoleh hasil yang sebaik-baiknya. Sejauhmana pengaruh utama dan pengaruh interaksi strategi pembelajaran dan motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar merupakan konsentrasi penelitian ini. Tujuan penelitian ini adalah menentukan pengaruh utama dan pengaruh interaksi variabel perlakuan terhadap prestasi belajar mata kuliah Masail Fiqhiyah pada mahasiswa S1 jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI). Kegunaan penelitian ini dipilah menjadi dua yaitu (1) manfaat teoritis yang terkait dengan pelaksanaan kebijakan dalam pendidikan dan (2) manfaat praktis untuk pelaksanaan tindakan pembelajaran di kelas dalam lembaga pendidikan. Penelitian ini termasuk penelitian kuasi eksperimen. Desainnya merupakan versi faktorial nonequivalent control group design. Populasi penelitian adalah mahasiswa semester III S1 Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Tarbiyah IAIN Sunan Ampel Surabaya semester gasal tahun akademik 2011/2012 berjumlah 210 (6 kelas). Sampelnya berjumlah 70 orang (dua kelas) mahasiswa S1 jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Tarbiyah Semester III. Pemilihan subjek dilakukan dengan menggunakan sampel kelompok acak dimana yang diacak adalah kelas. Data yang dikumpulkan diolah secara statistik dengan menggunakan teknik analisis varian (anova) dua jalur 2 x 2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada perbedaan prestasi belajar mata kuliah Masail Fiqhiyah antara kelompok mahasiswa yang diberi perlakuan menggunakan strategi pembelajaran PBL dan kelompok mahasiswa yang menggunakan strategi pembelajaran konvensional. Kelompok dengan strategi pembelajaran PBL lebih tinggi skor reratanya dari konvensional (PBL 79 6 konvensional 76 26) (2) ada perbedaan prestasi belajar mata kuliah Masail Fiqhiyah antara kelompok mahasiswa yang memiliki motivasi berprestasi rendah dan kelompok mahasiswa yang memiliki motivasi berprestasi tinggi. Kelompok dengan motivasi berprestasi tinggi lebih tinggi skor reratanya dari kelompok yang bermotivasi berprestasi rendah (motivasi berprestasi tinggi 80 33 motivasi berprestasi rendah 75 78) dan (3) ada interaksi antara strategi pembelajaran dan motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar. Berdasarkan temuan penelitian disarankan kepada para dosen untuk mencoba menggunakan strategi pembelajaran PBL dalam mata kuliah yang diampu pada pokok bahasan tertentu yang sesuai dengan karakteristik strategi pembelajaran ini. Dalam penelitian ini motivasi berprestasi berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar oleh karena itu para dosen hendaknya memperhatikan kondisi pembelajaran seperti minat bakat kemampuan awal motivasi gaya kognitif intelegensi sikap dan lain-lain sehingga dosen dapat memberdayakan mahasiswa untuk belajar secara maksimal.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S3 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 10 May 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63581

Actions (login required)

View Item View Item