Pengaruh strategi pembelajaran, motivasi berprestasi, dan keterampilan berkomunikasi terhadap hasil belajar mata kuliah pengembangan media pembelajaran IPS di SD pada mahasiswa program studi PGSD / Edy Herianto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh strategi pembelajaran, motivasi berprestasi, dan keterampilan berkomunikasi terhadap hasil belajar mata kuliah pengembangan media pembelajaran IPS di SD pada mahasiswa program studi PGSD / Edy Herianto

Herianto, Edy (2012) Pengaruh strategi pembelajaran, motivasi berprestasi, dan keterampilan berkomunikasi terhadap hasil belajar mata kuliah pengembangan media pembelajaran IPS di SD pada mahasiswa program studi PGSD / Edy Herianto. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Program Studi Teknologi Pembelajaran Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. I Wayan Ardhana MA. (II) Prof. Dr. I Nyoman Sudana Degeng M.Pd. (III) Prof. Dr. H. Punaji Setyosari M.Pd. M.Ed. Kata kunci strategi pembelajaran motivasi berprestasi keterampilan berkomunikasi hasil belajar. Strategi pembelajaran kooperatif-investigasi kelompok adalah strategi pembelajaran inovatif yang membutuhkan keterlibatan aktif mahasiswa pada setiap aktivitas pembelajaran. Optimalnya keterlibatan aktif mahasiswa ditentukan oleh tingginya motivasi berprestasi dan keterampilan berkomunikasi. Motivasi berprestasi tinggi mengarahkan mahasiswa untuk mewujudkan harapannya agar berhasil sesuai tujuan. Keterampilan berkomunikasi tinggi mengarahkan mahasiswa dalam berinteraksi antarsesama yang memiliki kemampuan heterogen. Isu penting pembelajaran mata kuliah PMPIPS-SD adalah hasil belajar masih berupa kemampuan kognitif tingkat rendah (pengetahuan pemahaman dan aplikasi). Isi pesan silabus mata kuliah belum diimplementasikan. Fokus strategi pembelajaran belum melibatkan peran aktif mahasiswa. Di samping itu motivasi berprestasi dan keterampilan berkomunikasi antarmahasiswa yang memiliki kemampuan kognitif heterogen belum memperoleh perhatian. Mahasiswa belum memperoleh kesempatan untuk melakukan investigasi sebagai wahana pengembangan kemampuan analisis sintesis dan evaluasi. Secara teoretis investigasi kelompok merupakan wahana bagi mahasiswa untuk mengembangkan motivasi berprestasi dan keterampilan berkomunikasi antarsesama yang memiliki kemampuan yang heterogen namun dosen pembina mata kuliah PMPIPS-SD belum mengetahui secara teknis implementasi strategi pembelajaran kooperatif-kelompok investigasi pada kegiatan pembelajaran sehari-hari. Tujuan penelitian ini adalah (1) membandingkan efektivitas penggunaan strategi pembelajaran (strategi kooperatif-investigasi kelompok (PK-IK) dan strategi pembelajaran nonkooperatif-diskusi kelompok (PN-DK)) motivasi berprestasi (tinggi dan rendah) dan keterampilan berkomunikasi (tinggi dan rendah) dilihat dari hasil belajar mahasiswa PGSD pada mata kuliah PMPIPS-SD serta (2) mengkaji interaksi antara strategi pembelajaran motivasi berprestasi dan keterampilan berkomunikasi terhadap hasil belajar mata kuliah PMPIPS-SD pada mahasiswa PGSD. Penelitian kuasi eksperimen dengan rancangan pretest-posttest nonequivalent control group design dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut. Penelitian ini dilakukan di jenjang S1 Program Studi PGSD FKIP Universitas Mataram. Subjek penelitiannya adalah mahasiswa semester VI (2010/2011) berjumlah 200 orang yang sedang menempuh mata kuliah PMPIPS-SD. Pengumpulan data penelitian menggunakan (1) angket motivasi berprestasi hasil adaptasi dari Robinson terdiri dari 14 item (2) angket keterampilan berkomunikasi disusun berdasarkan kisi-kisi konsep keterampilan berkomunikasi terdiri dari 15 item dan (3) tes hasil belajar disusun berdasarkan kisi-kisi mata kuliah PMPIPS-SD terdiri dari 31 item bentuk pilihan ganda dan 5 item bentuk uraian. Data penelitian dianalisis dengan ANOVA tiga jalan melalui program SPSS 16 0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) hasil belajar mata kuliah PMPIPS-SD kelompok mahasiswa yang mendapat strategi PK-IK lebih tinggi dibandingkan dengan strategi PN-DK (2) mahasiswa yang memiliki motivasi berprestasi tinggi mempunyai hasil belajar lebih tinggi dari pada yang memiliki motivasi berprestasi rendah (3) mahasiswa yang memiliki keterampilan berkomuniksai tinggi mempunyai hasil belajar lebih tinggi daripada yang memiliki keterampilan berkomunikasi rendah (4) tidak ada interaksi antara strategi pembelajaran dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar mata kuliah PMPIPS-SD (5) tidak ada interaksi antara strategi pembelajaran dan keterampilan berkomunikasi terhadap hasil belajar mata kuliah PMPIPS-SD (6) tidak ada interaksi antara motivasi berprestasi dan keterampilan berkomunikasi terhadap hasil belajar mata kuliah PMPIPS-SD dan (7) tidak ada interaksi antara strategi pembelajaran motivasi berprestasi dan keterampilan berkomunikasi terhadap hasil belajar mata kuliah PMPIPS-SD. Berdasarkan temuan penelitian dosen mata kuliah PMPIPS-SD disarankan menggunakan strategi PK-IK sebagai upaya mewujudkan hasil belajar pada ranah kognitif tingkat tinggi. Pada implementasi strategi PK-IK dosen disarankan agar memperhatikan karakteristik mahasiswa khususnya motivasi berprestasi dan keterampilan berkomunikasi sehingga mahasiswa dapat terlibat aktif di setiap kegiatan investigasi yang akan membuahkan hasil belajar ranah kognitif tingkat tinggi.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S3 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Apr 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63580

Actions (login required)

View Item View Item