Pengaruh modul pembelajaran kooperatif (Jigsaw dan Teams Games Tournaments), berprestasi dan keterampilan sosial terhadap hasil belajar pada mata pelajaran PKn sekolah dasar / I G A. Agung Sri Asri - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh modul pembelajaran kooperatif (Jigsaw dan Teams Games Tournaments), berprestasi dan keterampilan sosial terhadap hasil belajar pada mata pelajaran PKn sekolah dasar / I G A. Agung Sri Asri

Asri, I.G.A. Agung Sri (2012) Pengaruh modul pembelajaran kooperatif (Jigsaw dan Teams Games Tournaments), berprestasi dan keterampilan sosial terhadap hasil belajar pada mata pelajaran PKn sekolah dasar / I G A. Agung Sri Asri. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Disertasi Program Studi Teknologi Pembelajaran Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. I Nyoman Sudana. Degeng M.Pd (II) Prof. Dr. H. Punaji Setyosari M.Pd M. Ed dan (III) Dr. H. Sulthon M.Pd. Kata Kunci Model Pembelajaran Jigsaw Teams Games Tournament (TGT) Motivasi Berprestasi Keterampilan Sosial Hasil Belajar Model Jigsaw dan Teams Games Tournament (TGT) adalah sama-sama model pembelajaran kooperatif yang dapat digunakan di semua pelajaran dan jenjang sekolah. TGT sebagai salah satu model pembelajaran kooperatif yang paling mengasyikkan untuk menyelesaikan masalah yang pernah muncul dan cara penyelesaiannya dapat diselesaikan dengan model pembelajaran. Dalam pembelajaran model Jigsaw peran siswa cukup besar karena pembelajaran tidak lagi terpusat pada guru tetapi pada siswa. Guru memulai kegiatan belajar mengajar dengan menjelaskan kegiatan yang akan dilakukan siswa mengorganisasi kelas merupakan langkah yang amat penting dalam disain pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh model pembelajaran (Jigsaw dan (TGT)) tingkat motivasi berprestasi dan keterampilan sosial terhadap hasil belajar PKn. Dengan demikian tujuan penelitian ini adalah menentukan pengaruh utama (main effect) dan pengaruh interaksi (interaction effect) variabel perlakuan dan moderator terhadap hasil belajar PKn. Penelitian kuasi eksperimen ini menggunakan desain faktorial 2x2x2. Subyek penelitian adalah siswa kelas Va dan Vb SD No.1 Kerandan Denpasar Barat dan Kelas Va dan Vb di SD 11 Monang-maning Denpasar Barat (4 kelas). Pemilihan sampel dilakukan secara total sampling. Variabel penelitian terdiri atas hasil belajar PKn angket motivasi berprestasi dan keterampilan sosial. Data yang terkumpul diolah secara statistic menggunakan teknik analisis kovarian (ANACOVA) tiga jalur dengan menggunakan taraf signifikansi 0 05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelompok siswa yang menggunakan model pembelajaran Jigsaw dengan kelompok siswa yang menggunakan model pembelajaran (TGT) (2) terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelompok siswa yang memiliki motivasi berprestasi tinggi dengan kelompok siswa yang memiliki motivasi rendah (3) terdapat perbedaan hasil belajar yang tidak signifikan antara kelompok siswa yang memilki keterampilan sosial tinggi dengan kelompok siswa yang memiliki keterampilan sosial rendah (4) terdapat pengaruh interaksi yang signifikan antara inplementasi model pembelajaran kooperatif (Jigsaw dan TGT) dengan tingkat motivasi berprestasi tingkat tinggi dan rendah terhadap hasil belajar (5) terdapat pengaruh interaksi yang signifikan antara keterampilan sosial tinggi dan rendah yang menggunakan Jigsaw dan TGT dengan tingkat keterampilan sosial tinggi dan rendah terhadap hasil belajar (6) terdapat pengaruh interaksi yang tidak signifikan antara motivasi berprestasi dan keterampilan sosial terhadap hasil belajar (7) terdapat pengaruh interaksi yang signifikan antara implementasi model pembelajaran kooperatif (Jigsaw dan TGT) dengan tingkat keterampilan sosial (tinggi dan rendah) terhadap motivasi berprestasi.(tinggi dan rendah) terhadap hasil belajar. Hasil statistik deskriptif menunjukkan bahwa hasil model pembelajaran TGT memberikan pengaruh yang lebih tinggi dibandingkan Jigsaw. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat dikemukakan saran-saran yang terkait dengan pemanfaatan hasil penelitian dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan di Sekolah Dasar dan penelitian lebih lanjut sebagai berikut (1) Guru-guru PKn disarankan untuk meningkatkan hasil belajar siswa perlu menerapkan model pembelajaran kooperatif (Jigsaw dan TGT) pada kompetensi tertentu yang sesuai dengan karaktristik model pembelajaran kooperatif Jigsaw dan TGT (2) merancang pembelajaran secara sistematis yang bersifat kontekstual dengan memperhatikan karaktristik siswa (motivasi berprestasi dan keterampilan sosial) (3) memahami keterampilan bekerjasama dalam kelompok sebagai langkah memahami konsep materi pembelajaran (4) mengkondisikan dan memotivasi siswa sehingga siswa dapat belajar dan mendorong siswa untuk belajar bersama dan berani mengungkapkan sendiri dengan kalimat bertanya/ menjawab pertanyaan. (5) guru perlu memahami kepribadian dan karaktristik dan identitas kemampuan dan pengalaman siswa masing-masing agar proses pembelajaran sesuai dengan kebutuhan potensi dan tujuan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S3 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Feb 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63579

Actions (login required)

View Item View Item