Pengaruh pembelajaran kolaboratif terhadap hasil belajar pendidikan pancasila dan ketrampilan kerja sama pada mahasiswa yang memiliki tingkat motivasi belajar berbeda / Djoko Apriono

Apriono, Djoko (2012) Pengaruh pembelajaran kolaboratif terhadap hasil belajar pendidikan pancasila dan ketrampilan kerja sama pada mahasiswa yang memiliki tingkat motivasi belajar berbeda / Djoko Apriono. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Program Studi Teknologi Pembelajaran Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang Pembimbing (1) Prof. Dr. I Nyoman Sudana Degeng, M.Pd, (II) Prof. Dr. H. Punadji Setyosari, M.Pd, M.Ed, dan (III) Prof. Dr. Mohammad Efendi, M.Pd. M.Kes Kata kunci: pembelajaran, kolaboratif, motivasi belajar, hasil belajar, dan keterampilan kerjasama Implementasi pembelajaran Pendidikan Pancasila cenderung bersifat konvensional (tradisional), dosen-dosen lebih suka menggunakan pembelajaran yang hanya mendasarkan pada tujuan pokok bahasan semata, tanpa ada pengembangan atau usaha menumbuhkan kerjasama antar mahasiswa dalam menyelesaikan permasalahan belajar.Mahasiswa lebih banyak mendapatkan hasil belajar yang bersifat kognitif tingkat rendah, sedangkan aspek afektif dan psikomotor belum nampak pada diri mahasiswa, sehingga tidak tampak hasilnya dalam implementasi kehidupan riil di masyarakat. Untuk mencapai tujuan pembelajaran yang ideal, harus ada upaya untuk memecahkan permasalahan-permasalahan di atas. Salah satu upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan pembelajaran kolaboratif. Pembelajaran kolaboratif merupakansuatu pembelajaran yang melibatkan beberapa mahasiswa secara bersama-sama tergabung dalam kelompok yang mengakui adanya perbedaan kemampuan dan sumbangan pemikiran tiap-tiap individu. Pembelajaran ini digunakan untuk memecahkan masalah dalam meteri pembelajaran yang dilakukan melalui kerja kolaborasi, yakni ditunjukkan dengan (1) kemampuan tim untuk secara konstan menguji proses mereka agar terjadi perbaikan, dan (2) adanya persyaratan yang disepakati untuk saling percaya dan terbuka dalam komunikasi. Selain faktor strategi pembelajaran, masih banyak faktor lain yang juga mempengaruhi pencapaian hasil belajar. Salah satu faktor tersebut adalah karakteristik mahasiswa. Di antara beberapa karakteristik mahasiswa tersebut yang dipilih dan diduga mempengaruhi hubungan strategi pembelajaran terhadap hasil belajar dan keterampilan kerjasama adalah motivasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pembelajaran (kolaboratif dan konvensional), tingkat motivasi belajar terhadap hasil belajar dan keterampilan kerjasama mahasiswa pada mata kuliah Pendidikan Pancasila. Dengan demikian, tujuan penelitian ini adalah menentukan pengaruh utama (main effect) dan pengaruh interaksi (interaction effect) variabel perlakuan dan moderator terhadap hasil belajar dan keterampilan kerjasama pada mata kuliah Pendidikan Pancasila.Untuk mencapai tujuan penelitian tersebut dilakukan penelitian kuasi eksperimen.Penelitian kuasi eksperimen ini menggunakan desain faktorial versi non-equivalent pretest-posttest control group design. Penelitian ini dilaksanakan di UNIROW (Universitas PGRI Ronggolawe) Tuban, Subjek penelitian adalah mahasiswa di program studi Pendidikan Matematika FKIP UNIROW sebanyak 5 kelas, dengan jumlah mahasiswa setiap kelas 34- 40mahasiswa. Dari 5 kelas yang ada diambil secara acak (undian), dua kelas yang akan dijadikan sampel penelitian, yaitu kelas A berjumlah 31 mahasiswa dan kelas B berjumlah 34 mahasiswa. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Data dikumpulkan dengan tes hasil belajar dalam bentuk uraian, angket motivasi belajar. Data yang terkumpul di olah secara statistik dengan menggunakan teknik analisis varians (anava) dua jalur dengan menggunakan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian ini menunjukan (1) ada perbedaan yang signifikan hasil belajar Pendidikan Pancasila antara kelompok mahasiswa yang belajar dengan pembelajaran kolaboratif dan konvensional, (2) ada perbedaan yang signifikan hasil belajar Pendidikan Pancasila antara kelompok mahasiswa yang memiliki motivasi belajar tinggidan rendah, (3)adapengaruh interaksi antara pembelajaran (kolaboratif dan konvensional) dan motivasi belajar mahasiswa terhadap hasil belajar Pendidikan Pancasila, (4) ada perbedaan yang signifikan keterampilan kerjasama antara kelompok mahasiswa yang belajar dengan pembelajaran kolaboratif dan konvensional, (5) ada perbedaan yang signifikan keterampilan kerjasama antara kelompokmahasiswa yang memiliki motivasi belajar tinggidan rendah, dan (6) tidak ada pengaruh interaksi antara pembelajaran (kolaboratif dan konvensional) dan motivasi belajar mahasiswaterhadap keterampilan kerjasama mahasiswa. Hasil statistik deskriptif menunjukan bahwa 1) hasil belajar melalui penerapan pembelajaran kolaboratif (rerata, 79,76) memberikan pengaruh lebih tinggi dibandingkan dengan hasil pembelajaran konvensional (rerata, 71,03), 2) hasil keterampilan kerjasama melalui penerapan pembelajaran kolaboratif (rerata, 39,24) memberikan pengaruh lebih tinggi dibandingkan dengan hasil pembelajaran konvensional (rerata, 35,55) Berdasarkan temuan penelitian disarankan sebagai berikut: 1) penerapan pembalajaran kolaboratif perlu dilengkapi perangkat pembelajaran secara terprogram dengan memperhatikan karakteristik mahasiswa (motivasi belajar), sehingga pembelajaran kolaboratif dapat dilakukan mahasiswa dengan lancar; 2) memilih permasalahan yang sesuai dengan tujuan pembelajaran dan mudah dipahami mahasiswa; dan 3) dosen perlu memahami perbedaan kepribadian, karakteristik dan identitas mahasiswa, kemampuan mahasiswa, agar dalam proses pembelajaran sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik mahasiswa.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Teknologi Pendidikan (TEP) > S3 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Feb 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63578

Actions (login required)

View Item View Item