Pengaruh strategi pembelajaran dan pemberian advance organizer serta prior knowledge terhadap hasil belajar fisika siswa kelas X / Ahmad Harjono - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh strategi pembelajaran dan pemberian advance organizer serta prior knowledge terhadap hasil belajar fisika siswa kelas X / Ahmad Harjono

Harjono, Ahmad (2012) Pengaruh strategi pembelajaran dan pemberian advance organizer serta prior knowledge terhadap hasil belajar fisika siswa kelas X / Ahmad Harjono. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Disertasi Program Studi Teknologi Pembelajaran Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. I Wayan Ardhana M.A. (II) Prof. Dr. I Nyoman Sudana Degeng M.Pd (III) Prof. Dr. H.M. Dimyati. Kata Kunci strategi pembelajaran think-pair-share ekspositori advance organizer prior knowledge hasil belajar Paradigma baru pembelajaran memberikan peluang kepada para siswa terlibat secara aktif dalam proses belajar dan strategi pembelajaran yang tepat dapat meningkatkan aktivitas dan saling membantu meningkatkan pemahaman. Strategi pembelajaran kooperatif dipandang sesuai untuk mengakomodasikan kebutuhan tersebut. Strategi pembelajaran kooperatif berorientasi aktivitas berpusat pada siswa dan berdampak positif terhadap siswa yang memiliki pemahaman rendah untuk meningkatkan pemahamannya. Salah satu strategi pembelajaran kooperatif adalah struktur think-pair-share memiliki prosedur yang ditetapkan secara eksplisit memberikan kepada siswa waktu lebih banyak untuk berfikir menjawab dan saling membantu. Penggunaan struktur dalam strategi pembelajaran kooperatif dapat mempengaruhi pola interaksi siswa. Selama ini guru berpengalaman menggunakan strategi pembelajaran ekspositori. Penelitian ini mengintegrasikan strategi pembelajaran (kooperatif struktur think-pair-share dan ekspositori) dengan pemberian advance organizer untuk meningkatkan hasil belajar fisika siswa kelas X. Selain strategi pembelajaran yang tepat dan pemberian advance organizer salah satu faktor yang diprediksi mempengaruhi hasil belajar adalah latar belakang pengetahuan dan menjadi salah satu unsur penting untuk diperhatikan dalam merencanakan pembelajaran. Prior knowledge menjadi salah satu variabel yang penting dalam belajar. Tujuan penelitian ini adalah mengkaji pengaruh utama dan interaksi dari strategi pembelajaran dan pemberian advance organizer serta prior knowledge terhadap hasil belajar fisika siswa kelas X. Penelitian ini menggunakan rancangan eksperimen semu pretest-posttest nonequivalent control group design dengan versi faktorial 2 x 2 x 2. Subjek penelitian adalah siswa SMA 7 Kota Mataram Provinsi NTB pada kelas X semester I tahun pelajaran 2010/2011 yang berjumlah 13 kelas (XA sampai XM). Pretest dilakukan pada seluruh kelas untuk mendapatkan empat kelas dengan nilai setara sebagai kelas perlakuan. Empat strategi pembelajaran berbeda sebagai perlakuan adalah (1) strategi pembelajaran kooperatif struktur think-pair-share dengan pemberian advance organizer (2) strategi pembelajaran kooperatif struktur think-pair-share (3) strategi pembelajaran ekspositori dengan pemberian advance organizer dan (4) strategi pembelajaran ekspositori. Siswa yang terlibat dalam penelitian ini sebanyak 143 siswa. Hipotesis penelitian diuji dengan statistik Analysis of Variance. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Tidak ada perbedaan hasil belajar fisika siswa kelas X antara kelompok siswa yang diberikan perlakuan dengan strategi pembelajaran kooperatif struktur think-pair-share dan kelompok siswa yang diberikan perlakuan dengan strategi pembelajaran ekspositori (2) Ada perbedaan hasil belajar fisika siswa kelas X antara kelompok siswa dengan pemberian advance organizer dan kelompok siswa tanpa pemberian advance organizer (3) Ada perbedaan hasil belajar fisika siswa kelas X antara kelompok siswa yang memiliki prior knowledge tinggi dan kelompok siswa yang memiliki prior knowledge rendah (4) Ada interaksi pengaruh antara strategi pembelajaran dan advance organizer terhadap hasil belajar fisika siswa kelas X (5) Tidak ada pengaruh interaksi antara strategi pembelajaran dan prior knowledge terhadap hasil belajar fisika siswa kelas X (6) Tidak ada pengaruh interaksi antara advance organizer dan prior knowledge terhadap hasil belajar fisika siswa kelas X dan (7) Tidak ada pengaruh interaksi antara strategi pembelajaran advance organizer dan prior knowledge terhadap hasil belajar fisika siswa kelas X. Pengujian statistik lanjutan ditemukan bahwa ada pengaruh interaksi antara strategi pembelajaran advance organizer dan prior knowledge level rendah tetapi tidak ada pengaruh interaksi antara strategi pembelajaran advance organizer dan prior knowledge level tinggi. Secara umum penelitian ini menyatakan bahwa tidak ada interaksi terhadap hasil belajar fisika. Berdasarkan temuan penelitian ini disarankan kepada para guru fisika hendaknya menggunakan strategi pembelajaran kooperatif struktur think-pair-share sebagai salah satu alternatif untuk pembelajaran selain strategi pembelajaran ekspositori dengan pemberian advance organizer terutama untuk meningkatkan keterampilan sosial. Advance organizer hanya efektif diberikan untuk siswa yang memiliki prior knowledge rendah dan kurang bermanfaat untuk siswa yang memiliki prior knowledge tinggi sehingga hendaknya tidak sembarang memberikan advance organizer.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S3 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Feb 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63577

Actions (login required)

View Item View Item