Pengembangan model pembelajaran berdasarkan first principles of instruction merrill dalam pembelajaran bahasa inggris di SMA Surabaya / Endang Mastuti Rahayu - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan model pembelajaran berdasarkan first principles of instruction merrill dalam pembelajaran bahasa inggris di SMA Surabaya / Endang Mastuti Rahayu

Rahayu, Endang Mastuti (2011) Pengembangan model pembelajaran berdasarkan first principles of instruction merrill dalam pembelajaran bahasa inggris di SMA Surabaya / Endang Mastuti Rahayu. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Disertasi. Fakultas Pascasarjana Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Prof. Dr. Punaji Setyosari M.Ed (II) Prof.Dr. I Nyoman S Degeng MPd (III) Prof Dr. Dimyati. Kata kunci model pembelajaran prinsip-prinsip Merrill. Permasalahan pembelajaran bahasa Inggris saat ini disebabkan jumlah siswa di dalam kelas yang terlalu banyak terbatasnya jam pelajaran bahasa Inggris rendahnya motivasi siswa kurang profesionalnya guru dan kurangnya fasilitas belajar di sekolah. Berpijak dari definisi Reigeluth tentang model pembelajaran dan permasalahan yang dialami oleh siswa SMA pada saat belajar bahasa Inggris khususnya memahami tipe teks maka dipilih model pembelajaran berdasarkan First Principles of Instruction Merrill. Merrill (2002) mendefinisikan First Principles of Instruction adalah prinsip pembelajaran preskriptif dari berbagai teori desain pembelajaran dan model. Apa saja sifat-sifat First Principles of Instruction yakni pertama belajar dari program yang diberikan kedua First Principles of Instruction dapat dilaksanakan dalam sistem penyampaian atau digunakan dalam langkah-langkah pembelajaran. Ketiga prinsip-prinsip tersebut berorientasi preskriptif daripada pembelajaran yang berorientasi pada deskriptif. Keduanya menciptakan lingkungan belajar dan produk bukan menggambarkan bagaimana siswa memperoleh pengetahuan dan keterampilan dari lingkungan atau produk tersebut. Berdasarkan uraian latar belakang di atas maka dapat dikatakan bahwa proses pembelajaran bahasa Inggris belum dilakukan secara optimal. Hal ini terjadi karena masih banyak guru yang belum merancang dan mengembangkan model pembelajaran yang relevan dengan kebutuhan dan karakteristik siswa yang diharapkan. Dalam rangka meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran pada siswa SMA penelitian ini mengembangkan suatu model pembelajaran yakni model pembelajaran dengan menggunakan First Principles of Instruction Merrill. Model tersebut dikembangkan berdasarkan pada 3 hal yaitu (1) model pembelajaran yang bersifat memberi kesempatan pada siswa untuk mengeksplor kemampuannya dan membawa pada konteks dunia nyata (2) kebutuhan strategi pembelajaran bahasa Inggris yang didukung dengan media interaktif guna meningkatkan hasil belajar siswa yang selama ini belum ada. (3) strategi pemilihan dan penetapan metode pembelajaran berdasarkan pada kegiatan analisis dan penetapan hasil pembelajaran yang diharapkan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan berorientasi produk. Data Penelitian berupa data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif dihimpun dari hasil penilaian masukan tanggapan kritikan dan saran perbaikan. Sedangkan data kuantitatif dihimpun dengan menggunakan angket yang berupa tanggapan terhadap pembelajaran bahasa Inggris dan produk secara umum dan tes pencapaian hasil belajar. Teknik sampling yang digunakan random sampling yakni SMA ITP dan SMA Barunawati Surabaya. Hasil pengembangan menunjukkan 1. hasil tes kompetensi penguasaan pemahaman jenis teks sebelum menggunakan model pembelajaran berdasarkan prinsip-prinsip (FPI) Merrill sebagai berikut a) siswa kelas X SMA ITP menunjukkan 48 72% siswa yang mendapatkan nilai diatas 50. Sedangkan hasil penilaian tes kompetensi siswa (TKS) setelah menggunakan model pembelajaran berdasarkan First Principles of Instruction Merrill menunjukkan 82 05% siswa yang mendapatkan nilai diatas 50. Terjadi suatu peningkatan hasil penilaian sebelum dan setelah pembelajaran menggunakan model pembelajaran berdasarkan First Principles of Instruction Merrill sebesar 33 33%. b) siswa kelas X SMA BARUNAWATI menunjukkan 47 40% siswa mendapatkan nilai diatas 50. Sedangkan hasil penilaian TKS setelah menggunakan model pembelajaran berdasarkan First Principles of Instruction Merrill menunjukkan 60 13% siswa yang mendapatkan nilai diatas 50. Terjadi suatu peningkatan hasil belajar sebelum dan setelah pembelajaran menggunakan model pembelajaran berdasarkan First Principles of Instruction Merrill sebesar 12 73%. 2. efektifitas model pembelajaran berdasarkan First Principles of Instruction Merrill dalam pembelajaran bahasa Inggris adalah sebagai berikut 1) SMA ITP terjadi perbedaan mean kelompok siswa yang menggunakan model pembelajaran berdasarkan First Principles of Instruction Merrill dengan kelompok siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional sebesar 23% 2) SMA BARUNAWATI terjadi perbedaan mean kelompok siswa yang menggunakan model pembelajaran berdasarkan First Principles of Instruction Merrill dengan kelompok siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional sebesar 35%. Dari uraian di atas maka dapat disimpulkan sebagai berikut Model pembelajaran berdasarkan First Principles of Instruction telah menghasilkan dampak pembelajaran sebagaimana yang diharapkan yakni 1) model pembelajaran berdasarkan First Principles of Instruction Merrill dapat membantu menyelesaikan permasalahan siswa dalam memahami tipe teks 2) hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran berdasarkan First Principles of Instruction Merrill lebih meningkat 3) ada perbedaan hasil belajar siswa yang belajar mata pelajaran bahasa Inggris dengan menggunakan model pembelajaran berdasarkan First Principles of Instruction Merrill dengan yang menggunakan model pembelajaran konvensional 4) pembelajaran bahasa Inggris lebih efektif dengan menggunakan model pembelajaran berdasarkan First Principles of Instruction Merrill.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S3 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Jul 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63573

Actions (login required)

View Item View Item