Pengaruh strategi pembelajaran inkuiri terbimbing dan ekspositori terhadap hasil belajar sosiologi pada siswa SMA yang memiliki tingkat motivasi berprestasi dan kreativitas berbeda / Sujarwo - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh strategi pembelajaran inkuiri terbimbing dan ekspositori terhadap hasil belajar sosiologi pada siswa SMA yang memiliki tingkat motivasi berprestasi dan kreativitas berbeda / Sujarwo

Sujarwo (2011) Pengaruh strategi pembelajaran inkuiri terbimbing dan ekspositori terhadap hasil belajar sosiologi pada siswa SMA yang memiliki tingkat motivasi berprestasi dan kreativitas berbeda / Sujarwo. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Jurusan Teknologi pembelajaran Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang Pembimbing (1) Prof. Dr. I. Wayan Ardhana M.A (II) Bapak Prof. Dr. I Nyoman Sudana Degeng M.Pd. dan (III) Prof. Dr. H. Punadji Setyosari M.Pd M.Ed Kata Kunci Strategi Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Ekspositori Motivasi Berprestasi Kreativitas Hasil Belajar Pembelajaran sosiologi di sekolah menengah atas masih menekankan pada kemampuan kognitif khususnya kemampuan mengingat/menghafal sedangkan dimensi kognitif yang lebih tinggi tingkatnnya (pemahaman aplikasi analisis dan evaluasi) belum dikembangkan secara optimal. Pencapaian hasil belajarnya juga masih tergolong rendah. Strategi pembelajaran yang diterapkan oleh guru masih menggunakan ekspositori Pembelajaran lebih menekankan pada upaya pemindahan informasi dari guru kepada siswa. Siswa hanya sebagai obyek penerima materi sehingga kesempatan untuk terlibat secara aktif dalam pembelajaran sangat terbatas. Untuk mencapai tujuan pembelajaran yang ideal harus ada upaya untuk memecahkan permasalahan-permasalahan di atas. Salah satu upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan strategi pembelajaran inkuiri terbimbing. Strategi pembelajaran inkuiri terbimbing menfasilitasi keterlibatan aktif siswa mencari mengumpulkan informasi dan menemukan jawaban terhadap permasalahan yang dipelajari dengan mengikuti petunjuk kegiatan yang dirancang oleh guru berupa pertanyaan-pertanyaan yang jawabannya mengarah pada tujuan pembelajaran. Selain faktor strategi pembelajaran masih banyak faktor lain yang juga mempengaruhi pencapaian hasil belajar. Salah satu faktor tersebut adalah karakteristik siswa. Di antara beberapa karakteristik siswa tersebut yang dipilih dan diduga mempengaruhi hubungan strategi pembelajaran terhadap hasil belajar adalah motivasi berprestasi dan kreativitas siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh strategi pembelajaran (inkuiri terbimbing dan ekspositori) tingkat motivasi berprestasi dan tingkat kreativitas terhadap hasil belajar mata pelajaran sosiologi. Dengan demikian tujuan penelitian ini adalah menentukan pengaruh utama (main effect) dan pengaruh interaksi (interaction effect) variabel perlakuan dan moderator terhadap hasil belajar sosiologi. Untuk mencapai tujuan penelitian tersebut dilakukan penelitian kuasi eksperimen. Penelitian kuasi eksperimen ini menggunakan desain faktorial versi non-equivalent control group design. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI.IPS di SMAN 6 dan SMAN 7 kota Surakarta pada tahun pembelajaran 2010/2011 yang berjumlah 318 siswa (9 kelas). Sampel yang terpilih berjumlah 141 siswa. yang terdiri dari siswa kelas XI.IPS1 dan XI.IPS3 SMAN 6 kota Surakarta dan siswa kelas XI.IPS1 dan XI.IPS2 SMAN 7 kota Surakarta. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Data dikumpulkan dengan tes hasil belajar dalam bentuk uraian angket motivasi berprestasi dan tes kreativitas verbal. Data yang terkumpul di olah secara statistik dengan menggunakan teknik analisis varians (anava) tiga jalur dengan menggunakan taraf signifikansi 0 05. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) ada perbedaan hasil belajar sosiologi antara kelompok siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran inkuiri terbimbing dan ekspositori (2) ada perbedaan hasil belajar sosiologi antara kelompok siswa yang memiliki motivasi berprestasi tinggi dan motivasi berprestasi rendah (3) ada perbedaan hasil belajar sosiologi antara kelompok siswa yang memiliki kreativitas tinggi dan rendah (4) tidak ada pengaruh interaksi antara strategi pembelajaran (inkuiri terbimbing dan ekspositori) dan tingkat motivasi berprestasi terhadap hasil belajar sosiologi (5) ada pengaruh interaksi antara strategi pembelajaran (inkuiri terbimbing dan ekspositori) dan tingkat kreativitas terhadap hasil belajar sosiologi (6) tidak ada pengaruh interaksi antara tingkat motivasi berprestasi dan tingkat kreativitas siswa terhadap hasil belajar sosiologi (7) tidak ada pengaruh interaksi antara strategi pembelajaran (inkuiri terbimbing dan ekspositori) tingkat motivasi berprestasi dan tingkat kreativitas siswa terhadap hasil belajar sosiologi. Hasil statistik deskriptif menunjukan bahwa hasil penerapan startegi pembelajaran inkuiri terbimbing (rerata 73 36) memberikan pengaruh lebih tinggi dibandingkan dengan hasil strategi pembelajaran ekspositori (rerata 67 72). Berdasarkan temuan penelitian disarankan sebagai berikut 1) penerapan strategi pembalajaran inkuiri terbimbing perlu dilengkapi perangkat pembelajaran secara terprogram dengan memperhatikan karakteristik siswa (motivasi berprestasi dan kreativitas) sehingga pembelajaran dengan pencarian dan penemuan informasi dalam pemecahan masalah dapat dilakukan siswa dengan lancar 2) memilih permasalahan yang sesuai dengan tujuan pembelajaran dan mudah dipahami siswa dan 3) guru perlu memahami perbedaan kepribadian karakteristik dan identitas siswa kemampuan siswa agar dalam proses pembelajaran sesuai dengan kebutuhan dan potensi siswa.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S3 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Jul 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63571

Actions (login required)

View Item View Item