Pengaruh strategi pembelajaran dan jenis masalah terhadap kemampuan pemecahan masalah pada siswa SD yang memiliki sikap berbeda terhadap matematika / Ni Nyoman Parwati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh strategi pembelajaran dan jenis masalah terhadap kemampuan pemecahan masalah pada siswa SD yang memiliki sikap berbeda terhadap matematika / Ni Nyoman Parwati

Parwati, Ni Nyoman (2011) Pengaruh strategi pembelajaran dan jenis masalah terhadap kemampuan pemecahan masalah pada siswa SD yang memiliki sikap berbeda terhadap matematika / Ni Nyoman Parwati. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Disertasi Program Studi Teknologi Pembelajaran Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Wayan Ardhana M.A. (II) Prof. Dr. I Nyoman Sudana Degeng M.Pd (III) Prof. Dr. Punaji Setyosari M.Ed. M.Pd. Kata kunci strategi pembelajaran jenis masalah sikap terhadap matematika kemampuan pemecahan masalah. Tujuan pendidikan matematika sekolah dasar adalah agar siswa memahami konsep matematika dan mampu menerapkan konsep-konsep tersebut dalam pemecahan masalah kehidupan sehari-hari. Dalam kenyataannya pembelajaran matematika di sekolah dasar khususnya masih didominasi oleh latihan keterampilan-keterampilan dasar atau pencapaian kompetensi basic skills semata. Sebagai dampak dari pelaksanaan pembelajaran semacam ini adalah rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Rendahnya kemampuan pemecahan masalah siswa tidak terlepas dari kurang tepatnya pemilihan strategi pembelajaran oleh guru. Dalam upaya mengoptimalkan pencapaian kemampuan pemecahan masalah siswa mereka seharusnya dilibatkan dalam aktivitas pemecahan masalah sejak awal pembelajaran. Salah satu strategi pembelajaran yang akomodatif untuk tujuan tersebut adalah strategi pembelajaran pemecahan masalah. Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan dan menguji pengaruh strategi pembelajaran dan jenis masalah terhadap kemampuan pemecahan masalah pada siswa kelas V SD yang memiliki sikap berbeda terhadap matematika. Strategi pembelajaran yang dikaji meliputi strategi pembelajaran pemecahan masalah dan strategi pengajaran langsung. Jenis masalah yang dikaji meliputi masalah matematika terbuka dan masalah matematika tertutup serta sikap siswa meliputi sikap positif terhadap matematika dan sikap negatif terhadap matematika. Penelitian ini menggunakan rancangan eksperimen kuasi nonequivalent control group design yaitu the untreated control group design with pretest and posttest. Rancangan ini dimodifikasi dengan memberikan perlakuan pada kedua kelompok yaitu pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Analisis data menggunakan analysis of covariance (ancova) faktorial 2 x 2 x 2. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Laboratorium Undiksha dan SD 1 Banjar Jawa. Subjek penelitian dipilih dari populasi siswa SD di kota Singaraja menggunakan metode cluster random sampling (multistage). Subjek penelitian yang dilibatkan dalam penelitian ini sebanyak 152 orang. Data penelitian dikumpulkan menggunakan tes kemampuan pemecahan masalah matematika dan skala sikap terhadap matematika. Tes kemampuan pemecahan masalah terdiri dari 6 soal uraian yang dikembangkan berdasarkan analisis validitas butir daya beda tingkat kesukaran reliabilitas internal dan waktu yang diperlukan siswa dalam menjawab tes. Reliabilitas alpha Cronbach tes kemampuan pemecahan masalah sebesar 0 904. Skala sikap terdiri dari 12 pernyataan yang dikembangkan berdasarkan analisis validitas butir reliabilitas internal serta validitas konstruk menggunakan analisis faktor. Reliabilitas alpha Cronbach skala sikap sebesar 0 961. Pengujian hipotesis nol dilakukan pada taraf signifikansi 5% atau 945 0 05. Semua analisis statistik menggunakan software SPSS 15.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kemampuan pemecahan masalah siswa yang memperoleh strategi pembelajaran pemecahan masalah lebih tinggi dari siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pengajaran langsung (2) kemampuan pemecahan masalah siswa yang memperoleh jenis masalah matematika terbuka lebih tinggi dari siswa yang memperoleh jenis masalah matematika tertutup (3) kemampuan pemecahan masalah siswa yang memiliki sikap positif terhadap matematika lebih tinggi dari siswa yang memiliki sikap negatif terhadap matematika (4) ada pengaruh interaksi antara strategi pembelajaran dengan jenis masalah terhadap pencapaian kemampuan pemecahan masalah (5) strategi pembelajaran dan sikap siswa terhadap matematika menunjukkan tidak adanya pengaruh interaksi terhadap pencapaian kemampuan pemecahan masalah (6) jenis masalah matematika dan sikap siswa terhadap matematika menunjukkan tidak adanya pengaruh interaksi terhadap pencapaian kemampuan pemecahan masalah dan (7) ada pengaruh interaksi antara strategi pembelajaran jenis masalah dan sikap terhadap matematika dalam pencapaian kemampuan pemecahan masalah. Berdasarkan temuan penelitian guru matematika SD disarankan menggunakan strategi pembelajaran pemecahan masalah dalam upaya mencapai kompetensi pemecahan masalah. Permasalahan-permasalahan yang disajikan di awal pembelajaran sebagai motivator siswa untuk belajar agar dipilih dari konteks-konteks yang familiar dengan kehidupan sehari-hari siswa. Jenis masalah matematika terbuka disarankan diterapkan untuk melatih siswa mampu memecahkan masalah secara kreatif. Sikap siswa terhadap matematika penting diketahui oleh guru sebelum memutuskan untuk menerapkan strategi pembelajaran tertentu.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S3 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 01 Jul 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63569

Actions (login required)

View Item View Item