Penerapan pembelajaran partisipatif pada matakuliah agama Islam di Program Studi Pendidikan Agama Islam Jurusan Tarbiyah STAIN Jember / Mundir - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran partisipatif pada matakuliah agama Islam di Program Studi Pendidikan Agama Islam Jurusan Tarbiyah STAIN Jember / Mundir

Mundir (2011) Penerapan pembelajaran partisipatif pada matakuliah agama Islam di Program Studi Pendidikan Agama Islam Jurusan Tarbiyah STAIN Jember / Mundir. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Program Studi Teknologi Pembelajaran Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. I Nyoman Sudana Degeng M.Pd. (II) Prof. Dr. I Wayan Ardhana MA. dan (III) Prof. Dr. H. Moh. Dimyati. Kata kunci model pembelajaran pembelajaran partisipatif dan matakuliah Agama Islam Desentralisasi pendidikan mengkondisikan pemerintah tidak lagi melakukan intervensi secara teknis dalam pengelolaan pendidikan sekalipun tetap memberi rambu-rambu melalui Standar Nasional Pendidikan (SNP). SNP memuat kriteria minimal tentang komponen pendidikan yang memungkinkan setiap jenjang dan jalur pendidikan untuk mengembangkan pendidikan secara optimal sesuai karakteristik dan kekhasan programnya. Standar nasional pendidikan tinggi memberi keleluasaan kepada masing-masing satuan pendidikan pada jenjang pendidikan tinggi dalam mengembangkan mutu pelayanan pendidikan sesuai dengan program studi dan keahlian dalam kerangka otonomi perguruan tinggi (sesuai amanah pasal 50 (6) UU 20/2003). Pengembangan mutu tersebut antara lain direalisasikan melalui penerapan pembelajaran yang berpusat pada mahasiswa (students-centered learning SCL). Pembelajaran yang berpusat pada mahasiswa memberi peluang kepada dosenuntuk berkreasi dan berinovasi dalam merancang pembelajaran. Salah satu bentuk kreasi dan inovasi tersebut adalah penerapan pembelajaran partisipatif (participative learning and teaching). Penelitian ini mengambil fokus penerapan pembelajaran partisipatif (perencanaan pelaksanaan evaluasi) pada matakuliah Agama Islam (Tafsir dan Hadits) di Program Studi Pendidikan Agama Islam Jurusan Tarbiyah Sekolah Tinggi Agama Islam (STAIN) Jember. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan ingin mendeskripsikan tentang prosedur perencanaan pelaksanaan evaluasi pembelajaran partisipatif dan subtansi serta makna di balik penerapannya. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif fenomenologi dengan rancangan studi kasus. Sejumlah informan ditentukan dengan teknik purposive sampling dan snowball sampling. Data yang terkumpul melalui wawancara dengan sejumlah informan dianalisis dengan analisis kualitatif dengan tahapan pengumpulan data reduksi data display (penyajian) data dan diakhiri dengan verifikasi atau penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tahap perencanaan pembelajaran partisipatif prosedur yang ditempuh meliputi penyusunan SAP kontrak belajar dan pemahaman akan subtansi dan makna di balik perencanaan pembelajaran partisipatif. Pada tahap pelaksanaan pembelajaran partisipatif prosedur yang dilakukan meliputi upaya pengkondisian keaktifan dalam pembelajaran pengkondisian terciptanya interaksi edukatif dan pemahaman akan subtansi dan makna dibalik pelaksanaan pembelajaran partisipatif. Pada tahap evaluasi pembelajaran partisipatif prosedur yang dilakukan meliputi evaluasi terhadap perencanaan pembelajaran evaluasi terhadap pelaksanaan dan hasil pembelajaran dan pemahaman akan subtansi dan makna di balik evaluasi pembelajaran partisipatif. Subtansi perencanaan pembelajaran partisipatif adalah persiapan dan kesiapan riil yang dilakukan dosendan mahasiswa sebelum melaksanakan pembelajaran atau perkuliahan dan makna dibalik perencanaan pembelajaran partisipatif adalah upaya pemberdayaan mahasiswa dalam pembelajaran upaya saling menghargai antara mahasiswa dan pembelajar dan memposisikan mahasiswa sebagai mitra belajar bagi pembelajar. Subtansi pelaksanaan pembelajaran partisipatif adalah pelaksanaan pembelajaran atas dasar perencanaan dan tanggung jawab bersama (mahasiswa dan pembelajar) dan makna dibalik pelaksanaan pembelajaran partisipatif adalah kebersamaan (mahasiswa dan pembelajar) dalam tanggung jawab terhadap pelaksanaan pembelajaran. Subtansi evaluasi pembelajaran partisipatif adalah kebersamaan (mahasiswa dan pembelajar) dalam melakukan penilaian secara objektif dan transparan dan bahwa makna dibalik penerapan evaluasi pembelajaran partisipatif adalah penerapan sikap objektif (jujur amanah) dan transparan dalam penilaian. Subtansi penerapan pembelajaran partisipatif pada matakuliah Agama Islam di Program Studi Pendidikan Agama Islam Jurusan Tarbiyah STAIN Jember adalah kebersamaan (mahasiswa dan pembelajar) dalam hal transformasi ilmu pengetahuan (sama-sama belajar) saling ketergantungan positif dan sikap al-ifadah wal istifadah (saling memberi dan menerima). Sedangkan makna dibalik penerapan pembelajaran partisipatif tersebut adalah pemberdayaan sikap demokratis dan saling menghargai sikap egaliter (non-diskriminatif) objektif amanah dan jujur dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S3 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Jun 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63568

Actions (login required)

View Item View Item