Perbandingan hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran berbasis internet web centric course dan model pembelajaran konvensional pada mahasiswa yang memiliki tingkat self-efficacy kemampuan komputer berbeda / Nurhikmah H. - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbandingan hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran berbasis internet web centric course dan model pembelajaran konvensional pada mahasiswa yang memiliki tingkat self-efficacy kemampuan komputer berbeda / Nurhikmah H.

Nurhikmah H. (2011) Perbandingan hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran berbasis internet web centric course dan model pembelajaran konvensional pada mahasiswa yang memiliki tingkat self-efficacy kemampuan komputer berbeda / Nurhikmah H. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci web centric course konvensional self-efficacy hasil belajar Perkembangan yang cepat dalam bidang teknologi komunikasi telah memberikan sumbangan potensial pada sektor pendidikan dan pelatihan. Potensi teknologi tidak saja meningkatkan efesiensi keefektifan dan keluwesan proses pembelajaran tetapi juga berdampak pada pengembangan materi pergeseran peran pembelajar dan semakin berkembangnya otonomi pebelajar. Peran pembelajar sebagai sumber pengetahuan berubah menjadi fasilitator motivator evaluator dan tutor. Perubahan paradigma dari pembelajaran yang berpusat pada pembelajar menjadi pembelajaran yang berpusat pada pebelajar merupakan satu upaya penting untuk mengoptimalkan proses pembelajaran yang menumbuhkan pebelajar jadi aktif belajar. Perubahan ini seharusnya tercermin dalam aktivitas belajar yang menempatkan tanggung jawab yang tinggi pada pebelajar terhadap belajar mereka sendiri. Seiring dengan perkembangan teknologi komunikasi tersebut maka salah satu model pembelajaran yang berpusat pada pebelajar adalah model pembelajaran berbasis internet web centric course yakni suatu model pembelajaran yang menggabungkan antara tatap muka dan tanpa tatap muka (melalui internet). Pada dasarnya pembelajaran berbasis internet ini memungkinkan proses pembelajaran yang berpusat pada pebelajar sehingga lebih cenderung terjadi suatu proses pembelajaran mandiri dan proaktif pada diri pebelajar sehingga diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar pebelajar. Faktor lain yang berpengaruh terhadap keberhasilan pembelajaran berbasis internet web centric course adalah self-efficacy kemampuan komputer yaitu keyakinan pemakai terhadap kemampuannya menggunakan komputer. Faktor ini sangat menentukan keberhasilan pebelajar dalam menggunakan komputer yang merupakan media utama dalam pembelajaran berbasis internet. Tujuan penelitian ini adalah menentukan pengaruh utama dan pengaruh interaksi variabel perlakuan terhadap hasil belajar mata kuliah Sosiologi Pendidikan pada mahasiswa S1 FIP UNM. Kegunaan atau manfaat penelitian ini dipilah menjadi dua yaitu (1) manfaat teoretis yang terkait dengan pelaksanaan kebijakan dalam pendidikan dan (2) manfaat praktis untuk pelaksanaan tindakan pembelajaran di kelas dalam lembaga pendidikan. Penelitian ini termasuk penelitian kuasi eksperimen. Desainnya merupakan versi nonequivalent control group design. Subjek penelitian adalah mahasiswa S1 semester IV Kurikulum dan Teknologi Pendidikan dan Bimbingan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar (UNM) yang berjumlah 80 orang (dua kelas). Data yang dikumpulkan diolah secara statistik inferensial dengan menggunakan teknik analisis kovarian (anakova) dua jalur 2 x 2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) tidak ada perbedaan hasil belajar mata kuliah Sosiologi Pendidikan antara kelompok mahasiswa yang diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran berbasis internet web centric course dan kelompok mahasiswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional (2) ada perbedaan hasil belajar mata kuliah Sosiologi Pendidikan antara kelompok mahasiswa yang memiliki self-efficacy kemampuan komputer tinggi dan kelompok mahasiswa yang memiliki self-efficacy kemampuan komputer rendah (3) tidak ada interaksi antara model pembelajaran dan self-efficacy kemampuan komputer terhadap hasil belajar tujuan kognitif pada mata kuliah Sosiologi Pendidikan pada mahasiswa S1 FIP UNM. Statistik deskriptif menunjukkan bahwa hasil belajar mahasiswa yang memiliki self-efficacy kemampuan komputer tinggi (rerata 87 35) memberikan pengaruh yang lebih baik dibandingkan dengan mahasiswa yang memiliki self-efficacy kemampuan komputer rendah (rerata 82 50). Walaupun dalam penelitian ini model pembelajaran tidak berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar disarankan kepada para dosen hendaknya memperhatikan faktor-faktor penunjang dan kondisi pembelajaran seperti motivasi kedisiplinan gaya belajar keterampilan penguasaan komputer fasilitas yang tersedia keterampilan mengelola pembelajaran berbasis internet dan lain-lain. sehingga dosen dapat memberdayakan mahasiswa sumber-sumber belajar dan fasilitas yang tersedia secara maksimal dalam meningkatkan hasil belajar mahasiswa.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S3 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 02 Feb 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63561

Actions (login required)

View Item View Item