Pengembangan bahan ajar tekstual berbantuan rekaman audio sebagai audio acaffolds mata pelajaran bahasa inggris bagi siswa kelas VII SMP/MTs di lingkungan Lemabaga Pendidikan Maarif NU Sidoarjo / Sugeng Susilo Adi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar tekstual berbantuan rekaman audio sebagai audio acaffolds mata pelajaran bahasa inggris bagi siswa kelas VII SMP/MTs di lingkungan Lemabaga Pendidikan Maarif NU Sidoarjo / Sugeng Susilo Adi

Adi, Sugeng Susilo (2010) Pengembangan bahan ajar tekstual berbantuan rekaman audio sebagai audio acaffolds mata pelajaran bahasa inggris bagi siswa kelas VII SMP/MTs di lingkungan Lemabaga Pendidikan Maarif NU Sidoarjo / Sugeng Susilo Adi. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pengembangan rekaman audio scaffolding audio lingual Pengembangan ini bertujuan untuk pertama meneliti mengembangkan menguji dan memvalidasi bahan ajar mata pelajaran bahasa Inggris berbantuan audio sebagai scaffolds untuk siswa kelas VII SMP dan MTs di lingkungan Lembaga Pendidikan Ma arif NU Sidoarjo. Kedua pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk pembelajaran berupa bahan ajar tekstual berbantuan rekman audio yang terdiri dari komponen-komponen pembelajaran berupa (1) produk audio pembelajaran berupa rekaman suara Bahasa Inggris yang disimpan dalam Compact Disks (CD) dan kaset (2) bahan ajar tekstual dan (3) panduan guru. Alasan pengembang melakukan pengembangan ini adalah karena adanya permasalahan bahan ajar mata pelajaran Bahasa Inggris di beberapa SMP dan MTs khususnya di lingkungan Lembaga Pendidikan Ma arif NU Sidoarjo yang tidak menyediakan aktivitas berbantuan audio untuk latihan keterampilan menyimak (listening) sehingga siswa tidak mendengar bahasa otentik (authentic language). Beberapa bagian bab yang berisi tentang aktifitas listening yang ada dalam buku tersebut hanya berupa perintah kepada siswa untuk menyimak atau menirukan suara guru. Pengembang beranggapan bahwa pemecahan masalah dengan produk (solution by product) akan menjadi salah satu alternatif pemecahan atas ketidakberhasilan pengajaran bahasa Inggris di sekolah-sekolah menengah umum khususnya Sekolah Menengah Pertama (SMP). Selain itu pengembang juga beranggapan bahwa perlu dikembangkan bahan ajar berbantuan audio yang berdasarkan prinsip-prinsip pembelajaran yang memudahkan belajar siswa karena input bahasa yang paling mudah untuk diproses adalah input suara yang diterima melalui proses listening. Pada awal proses pembelajaran sebelum siswa belajar membaca dengan baik adalah listening yang merupakan keterampilan yang paling mempunyai kedekatan hubungan dengan makna dalam bahasa baru yang dipelajari. Metode pengembangan ini menggunakan silklus penelitian dan pengembangan (R D Cycle) dari Borg Gall (1983) yang dimodifikasi. Alasan pemilihan R D cycle ini adalah karena pertama tujuan pengembangan ini adalah mengembangkan menguji dan memvalidasi produk pembelajaran dan R D cycle adalah metode tepat yang sesuai dengan tujuan pengembangan ini dan kedua R D cycle memiliki beberapa karakter yang sesuai dalam proses pengembangan produk bahan ajar yang ideal diantaranya R D cycle dapat melibatkan kolaboroasi berkelanjutan antara praktisi dan peneliti dan R D cycle dapat menjembatani kesenjangan antara teori dan praktek. Data yang diperoleh dari uji coba produk bahan ajar tekstual berbantuan audio ini bersifat kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif berupa tanggapan dan saran perbaikan yang diperoleh dari hasil observasi dan wawancara. Sedangkan data kuantitatif diperoleh melalui nilai pretest dan posttest dari uji lapangan. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data adalah dokumentasi diskusi dan konsultasi wawancara dan kuesioner. Data yang dihimpun melalui serangkaian uji coba dibedakan berdasarkan fungsinya menjadi (1) data dari uji coba ahli yaitu review untuk merevisi produk pengembangan (2) data dari uji coba lapangan awal dan dari subjek guru mata pelajaran dipergunakan untuk merevisi produk dan (3) data dari uji coba lapangan utama berfungsi untuk mengetahui kelayakan dan efektifitas produk. Dalam analisis data digunakan dua teknik analisis yang diperoleh dari hasil review ahli dan uji coba produk yaitu dengan menggunakan analisis isi dan analisis statistik deskriptif. Analisis isi digunakan untuk mengolah data dan hasil wawancara dan diskusi dengan guru pengajar mata pelajaran serta hasil uji coba lapangan awal dan uji coba lapangan utama. Analisis isi ini dilakukan dengan mengelompokkan informasi-informasi dari data kualitatif yang berupa masukan tanggapan kritik saran perbaikan yang terdapat di dalam kuesioner. Hasil analisis ini kemudian digunakan sebagai dasar merevisi produk pengembangan. Sedangkan analisis statistik deskriptif dipergunakan untuk mengolah data hasil uji coba yang bersifat kuantitatif yang dihimpun dari pretest posttest dan nilai unjuk kerja individu siswa. Untuk menganalisis data dari uji lapangan utama digunakan rumus uji t sampel independen dengan bantuan software SPSS terbaru. Berdasarkan hasil penilaian ahli guru dan ujicoba lapangan atas produk pengembangan berupa bahan ajar berbantuan rekaman audio telah diperoleh hasil bahwa produk pengembangan ini dinilai layak dan telah mampu memfasilitasi pencapaian tujuan pembelajaran. Hasil uji lapangan terhadap kelas eksperimen dalam pengembangan ini menunjukkan bahwa penilaian siswa menunjukkan prosentasi sebesar 86 75% untuk bahan ajar tekstual dan 87 19 % untuk rekaman audio. Hasil posttest kelas eksperimen yang menggunakan produk pengembangan juga menunjukkan perbedaan yang signifikan dibanding kelas kontrol yang menggunakan paket pembelajaran yang lain. Selain itu hasil unjuk kerja individu siswa kelas eksperimen menunjukkan bahwa mereka mempunyai unjuk kerja berbahasa Inggris yang baik dengan angka-angka prosentasi sebagai berikut Siswa yang menunjukkan unjuk kerja sangat baik adalah yang paling tinggi prosentasenya yaitu sebesar 53 88% sedangkan yang baik sebesar 30 38 %. Siswa yang menunjukkan unjuk kerja cukup sebesar 15 08%. Produk pengembangan yang telah dikembangkan dan direvisi berdasarkan uji coba memiliki karakteristik tersendiri dibanding dengan perangkat pembelajaran lain. Hal ini dapat dilihat dari 2 hal. Pertama produk pengembangan berupa media rekaman audio yang dihasilkan dari pengembangan ini mampu berfungsi sebagai scaffolds karena memberikan bantuan belajar kepada siswa khususnya untuk mampu melafalkan kata frasa dan kalimat dengan akurasi dan kejelasan yang berterima. Selain itu rekaman audio juga mampu memberikan input yang memadai unuk pengkonstruksian pengetahuan dan keterampilan berbahasa Inggris siswa. Kedua strategi pembelajaran Audio Lingual Communicative (ALC) yang memadukan metode Audio Lingual Method dengan Communicative Language Teaching (CLT) yang diterapkan dalam desain pembelajaran dari pengembangan ini dapat disimpulkan sebagai strategi yang tepat untuk konteks pembelajaran bahasa Inggris di SMP/MTs di lingkungan LP Ma arif NU Sidoarjo. Konteks tersebut adalah kelas besar yang terdiri dari sedikitnya 40 orang siswa sekolah yang tidak memiliki laboratorium bahasa siswa yang terbiasa dengan bahan ajar yang berbasis latihan tertulis (written based exercises) dan guru yang menjadi figur sentral dalam pengajaran.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S3 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Oct 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63560

Actions (login required)

View Item View Item