Pengaruh model pembelajaran pencapaian konsep ala bruner dan seting pembelajaran terhadap perolehan belajar geografi siswa kelas II SMP Negeri Malang / Sambanuang Makapedua - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran pencapaian konsep ala bruner dan seting pembelajaran terhadap perolehan belajar geografi siswa kelas II SMP Negeri Malang / Sambanuang Makapedua

Makapedua, Sambanuang (2010) Pengaruh model pembelajaran pencapaian konsep ala bruner dan seting pembelajaran terhadap perolehan belajar geografi siswa kelas II SMP Negeri Malang / Sambanuang Makapedua. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Makapedua Sambanaung. 2008. Pengaruh Model Pembelajaran Pencapaian Konsep Ala Bruner dan Seting Pembelajaran terhadap Perolehan Belajar Geografi Siswa Kelas II SMP Negeri Malang. Disertasi Program Studi Teknologi Pem-belajaran Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. I Wayan Ardhana MA (II) Prof. Dr. I Nyoman Sudana Degeng M.Pd dan (III) Prof. Dr. H. Mochammad Dimyati Kata Kunci pencapaian konsep ekpositori kooperatif individual perolehan belajar geografi Pengemasan pembelajaran dewasa ini sering didasarkan pada asumsi-asumsi yang tidak sejalan dengan hakekat belajar dan pembelajaran. Dunia belajar didekati dengan paradigma yang tidak mampu menggambarkan hakikat belajar dan pembelajaran secara komprehensif. Kemasan pembel-ajaran yang sering ditemukan menitikberatkan pada tuntutan kemampuan hafalan memecahkan masalah lama penanaman pola perilaku yang kon-frontatif dan seragam dengan pola pengajaran bernuansa kompetitif dan per-saingan. Pembelajaran geografi di sekolah-sekolah sampai sekaramg masih mempraktekan paradigma penerusan informamsi yang hanya melibatkan kemampuan berpikir tingkat rendah (low cognitive skill) yaitu menghafal bahkan tidak jarang lebih merosot lagi menjadi tidak lebih dari pemberitaan isi buku teks. Kerangka pikir ini masih bertahan sampai sekarang karena terus dipelihara melalui ujian-ujian yang cenderung hanya menagih hafalan. Model alternatif pembelajaran geografi yang diajukan dalam penelitian ini adalah model pembelajaran pencapaian konsep dengan seting pembel-ajaran kooperatif dan individual. Model tersebut merupakan fasilitas untuk pemerolehan konsep. Ada sembilan tahapan pembelajaran pencapaian kon-sep dengan seting kooperatif dalam pembelajaran geografi pada penelitian ini yakni (1) mengorganisasikan siswa dalam seting kooperatif (kelompok) 4 5 orang perkelompok (2) membagikan bahan bacaan kepada siswa (3) me-nyajikan contoh dan bukan contoh sesuai indikator pembelajaran (4) secara kelompok siswa diminta untuk membandingkan ciri-ciri dari contoh-contoh dan bukan contoh dari setiap indikator (5) secara kelompok siswa diminta membuat definisi tentang konsep atas dasar ciri-ciri utama dari contoh-contoh di atas (6) secara kelompok siswa mengidentifikasi contoh-contoh tambahan tidak berlabel dengan menyatakan ya atau bukan (7) guru menegaskan kembali nama konsep dan menyatakan kembali definisi konsep sesuai dengan ciri-cirinya (8) secara kelompok siswa mengungkapkan pemikirannya dalam memperoleh konsep sehingga diperoleh strategi mana yang efektif (9) guru memberikan penghargaan (a) menentukan poin kelompok (b) menetapkan tim baik hebat dan tim super. Penetapan ini diumumkan pada pertemuan berikutnya sebelum melaksanakan kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembel-ajaran (pencapaian konsep versus ekspositori) dan seting pembelajaran kooperatif dan individual terhadap perolehan belajar geografi. Tujuan umum tersebut yang merupakan upaya memvalidasi penggunaan prinsip-prinsip pembelajaran sejalan dengan maksud ruang lingkup penelitian ini yang berada pada kawasan model pembelajaran. Secara lebih operasional penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan model pembelajaran pencapaian konsep seting kooperatif dan individual dan ekspositori seting kooperatif dan individual dalam meningkatkan peluang siswa untuk mencapai perolehan belajar geografi yang lebih baik. Untuk mencapai tujuan penelitian tersebut dilakukan penelitian kuasi eksperimen pada siswa kelas II semester ganjil SMP Negeri Kota Malang pada tahun pelajaran 2006/2007. Eksperimen menggunakan pengukuran dua faktor de-ngan versi faktorial nonequivalent control group design. Berdasarkan teknik cluster random sampling maka telah terpilih dua sekolah sampel yang terlibat dalam penelitian ini yakni SMP Negeri 8 dan 21 Malang. Pada masing-masing sekolah sampel dipilih secara random dua kelas sampel sehingga terdapat empat kelas sampel yang terlibat dalam penelitian ini. Salah satu kelas dari SMP Negeri 8 ditetapkan secara random sebagai kelompok belajar menggunakan model pembelajaran pencapaian konsep dengan seting koope-ratif dan kelas yang lain dengan seting individual. Demikian halnya di SMP Negeri 21 Malang salah satu kelas ditetapkan secara random sebagai kelom-pok belajar dengan model pembelajaran ekspositori dengan seting kooperatif dan kelas yang lain sebagai kelompok belajar dengan seting individual. Data yang diperlukan dalam penelitian ini adalah skor pra tes dan pasca tes per-olehan belajar. Data dikumpulkan menggunakan tes perolehan belajar. Tes perolehan belajar berbentuk pilihan ganda terdiri dari 40 item soal dengan indek validitas butir r 0 30 dan indeks reliabilitas alpha Cronbach 0 763. Data dianalisis secara deskriptif dan ANOVA faktorial 2 x 2. Analisis dilakukan dengan bantuan program SPSS 13 for Windows. Semua pengujian hipotesis dilakukan pada taraf signifikansi 0 05. Berdasarkan hasil analisis data ditemukan hasil-hasil penelitian seba-gai berikut Pertama terdapat perbedaan signifikan perolehan belajar antara kelompok model pembelajaran pencapaian konsep (MPPK) dengan model pembelajaran ekspositori (MPE) (F 10 324 p

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S3 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63545

Actions (login required)

View Item View Item