Strategi pembelajaran ilmu pengetahuan sosial kajian sejarah dengan pendekatan dialog (Studi kasus di Sekolah Dasar Negeri Sawojajar 1 Malang dan Sekolah dasar Negeri Kotalama 1 Malang) / Susanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Strategi pembelajaran ilmu pengetahuan sosial kajian sejarah dengan pendekatan dialog (Studi kasus di Sekolah Dasar Negeri Sawojajar 1 Malang dan Sekolah dasar Negeri Kotalama 1 Malang) / Susanto

Susanto (2009) Strategi pembelajaran ilmu pengetahuan sosial kajian sejarah dengan pendekatan dialog (Studi kasus di Sekolah Dasar Negeri Sawojajar 1 Malang dan Sekolah dasar Negeri Kotalama 1 Malang) / Susanto. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan mempelajari IPS kajian sejarah ialah (1) untuk membangkitkan dan memelihara semangat kebangsaan (2) membangkitkan hasrat mewujudkan cita-cita kebangsaan (3) membangkitkan hasrat mempelajari sejarah kebangsaan yang merupakan bagian sejarah dunia (4) menyadarkan anak tentang cita-cita nasional. Untuk mencapai tujuan tersebut diperlukan pendekatan pembelajaran yang dialogis. Pendekatan pembelajaran yang dialogis membawa kesadaran untuk saling adanya keterbukaan yang satu dengan yang lain menemukan kebaikan komunikasi yang rasional dan kritis serta memahami bahwa orang lain berbeda dengan dirinya. Pendekatan ini bermaksud memperbaiki kualitas pembelajaran. Salah satu upaya untuk memperbaiki kualitas pembelajaran diawali dengan penetapan variabel metode. Variabel metode diklasifikasikan menjadi tiga jenis yaitu (1) strategi pengorganisasian (organizational strategy) (2) strategi penyampaian (delivery strategy) dan (3) strategi pengelolaan (management strategy). Strategi pengorganisasian pembelajaran mengacu kepada suatu tindakan seperti pemilihan urutan isi pembuatan sintesis dan pembuatan rangkuman. Strategi penyampaian pembelajaran mengacu kepada cara-cara yang dipakai untuk menyampaikan pembelajaran kepada siswa dan strategi pengelolaan pembelajaran mengacu kepada upaya menata penjadualan penggunaan strategi catatan kemajuan belajar siswa motivasional dan kontrol belajar. Masalah umum penelitian ini adalah bagaimana strategi pembelajaran IPS kajian sejarah dengan pendekatan dialog di kelas Vb SDN Sawojajar 1 Malang dan kelas Vc SDN Kotalama 1 Malang. Secara khusus masalah penelitian ini difokuskan pada empat hal yakni (1) Bagaimana strategi pengorganisasian materi pembelajaran kajian sejarah dengan pendekatan dialog dikonsepsikan dan dilaksanakan di kelas Vb SDN Sawojajar 1 Malang dan kelas Vc SDN Kotalama 1 Malang (2) Bagaimana strategi penyampaian materi pembelajaran kajian sejarah dengan pendekatan dialog dikonsepsikan dan dilaksanakan di kelas Vb SDN Sawojajar 1 Malang dan kelas Vc SDN Kotalama 1 Malang (3) Bagaimana strategi pengelolaan pembelajaran kajian sejarah dengan pendekatan dialog dikonsepsikan dan dilaksanakan di kelas Vb SDN Sawojajar 1 Malang dan kelas Vc SDN Kotalama 1 Malang (4) Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi strategi pengorganisasian penyampaian dan pengelolaan pembelajaran kajian sejarah dengan pendekatan dialog kelas Vb SDN Sawojajar 1 Malang dan kelas Vc SDN Kotalama 1 Malang Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan rancangan studi kasus ganda. Studi kasus ganda merupakan strategi yang lebih cocok bila pokok pertanyaan suatu penelitian berkenaan dengan mengapa atau bagaimana dan bilamana fokus penelitiannya terletak pada konteks kehidupan nyata. Data penelitian ini terdiri atas data verbal dan non verbal yang diperoleh dari latar alamiah pada saat guru mengajar IPS kajian sejarah dengan pendekatan dialog. Untuk menjaring data penelitian ini digunakan teknik observasi nonpartisipatif wawancara mendalam dan dokumentasi. Teknik observasi digunakan untuk memperoleh gambaran sesungguhnya tentang perilaku guru dan siswa dalam proses pembelajaran. Wawancara mendalam digunakan untuk memperoleh pemaknaan penelitian sedangkan dokumentasi untuk mendukung data yang diperoleh dari observasi dan wawancara mendalam. Analisis data dilakukan dengan menggunakan model analisis interaktif yang komponennya melibatkan kegiatan pengumpulan data sajian data reduksi data dan verfikasi/penarikan kesimpulan. Hasil penelitian tentang strategi pengoganisasian pembelajaran pada kelas Vb SDN Sawojajar 1 dan kelas Vc SDN Kotalama 1 Malang menunjukkan bahwa materi menjelang proklamasi kemerdekaan disusun dalam bentuk diktat dan materi yang lain menggunakan buku ajar. Pendekatan dialog yang melibatkan pemanfaatan media interaksi siswa dengan media dan bentuk pembelajaran merupakan determinan utama strategi penyampaian pembelajaran. Hasil penelitian pada kelas Vb SDN Sawojajar 1 Malang dan kelas Vc SDN Kotalama 1 Malang menunjukkan bahwa pendekatan dialog dilaksanakan dengan menggunakan metode ceramah yang divariasikan dengan dialog melalui tanya jawab pemberian tugas bermain peran. Pelaksanaan metode bermain peran dapat membantu siswa untuk memperoleh makna dari peristiwa sejarah secara optimal. Penjadualan pembelajaran oleh guru lebih dipandang sebagai upaya memberi kesempatan kepada siswa untuk berdialog agar memperoleh penghayatan terhadap tokoh pejuang kemerdekaan berupa nilai juang 1945 yaitu musyawarah patriotik dan rela berkorban. Pengelolaan motivasional direpresentasi guru dalam bentuk ungkapan verbal dan nonverbal serta kontrol belajar yang direpresentasi memberi kesempatan pilihan belajar yang menyenangkan tampak terbukti pada ke dua sekolah terteliti. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi strategi pengorganisasian penyampaian dan pengelolaan pembelajaran pada kelas Vb SDN Sawojajar 1 Malang dan kelas Vc SDN Kotalama 1 Malang yakni kegemaran dan kecintaan mengajar kajian sejarah menjadikan suasana pembelajaran yang menyenangkan menarik siswa kreatif dan inovatif. Pandangan dan sikap orang tua/wali murid guru bidang studi non IPS dan pimpinan sekolah ikut mempengaruhi strategi pembelajaran. Pendekatan dialog merupakan temuan penelitian yang sangat berharga dalam pembelajaran kajian sejarah. Oleh karena itu pendekatan dialog menjadi rekomendasi peneliti sebagai model pembelajaran kajian sejarah yang utama.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S3 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63541

Actions (login required)

View Item View Item