Pengaruh pendekatan pembelajaran matematika dan gaya kognitif siswa terhadap kemampuan komunikasi matematika dan menyelesaikan soal cerita bagi siswa kelas I SLTP / Tri Dyah Prastiti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pendekatan pembelajaran matematika dan gaya kognitif siswa terhadap kemampuan komunikasi matematika dan menyelesaikan soal cerita bagi siswa kelas I SLTP / Tri Dyah Prastiti

Tri, Dyah Prastiti (2009) Pengaruh pendekatan pembelajaran matematika dan gaya kognitif siswa terhadap kemampuan komunikasi matematika dan menyelesaikan soal cerita bagi siswa kelas I SLTP / Tri Dyah Prastiti. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berdasarkan hasil wawancara dengan guru pada tanggal 26 Februari 2008 dan pengamatan kelas di SMP Dharma Wanita Unibraw pada tanggal 29 Februari 2008 diketahui bahwa prestasi belajar siswa kelas VIII-A lebih rendah dibandingkan dengan kelas yang lain. Hal ini disebabkan karena guru masih menggunakan metode ceramah. Metode ini membentuk siswa menjadi pasif. Pada saat Proses Belajar Mengajar (PBM) siswa kurang memperhatikan penjelasan guru mereka lebih tertarik untuk berbicara dengan teman sebangku dan bermain handphone. Berdasarkan permasalahan ini peneliti melakukan upaya perbaikan dengan menerapkan suatu pembelajaran yang telah disepakati bersama dengan guru yaitu pembelajaran kooperatif model dua tinggal dua tamu. Model pembelajaran tersebut melibatkan siswa secara aktif dalam kegiatan belajar. Pokok pikiran dari pembelajaran kooperatif model dua tinggal dua tamu adalah memberi kesempatan kepada kelompok untuk membagikan hasil dan informasi dengan kelompok lain. Tujuan dari penelitian ini adalah 1)mendiskripsikan bagaimanakah penerapan pembelajaran kooperatif model dua tinggal dua tamu dalam meningkatkan proses belajar matematika siswa kelas VIII-A SMP Dharma Wanita Unibraw tahun ajaran 2007/2008 2)mendiskripsikan bagaimanakah peningkatan prestasi belajar matematika siswa kelas VIII-A SMP Dharma Wanita Unibraw tahun ajaran 2007/2008 setelah diterapkannya pembelajaran kooperatif model dua tinggal dua tamu model dua tinggal dua tamu. Penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan pelaksanaan observasi analisis dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-A SMP Dharma Wanita Unibraw. Sedangkan pengumpul data yang digunakan adalah lembar observasi tes catatan lapangan angket dan hasil wawancara. Analisis data dilakukan setiap kali tindakan dalam satu siklus berakhir. Hasil dari penelitian ini adalah 1) penerapan pembelajaran kooperatif model dua tinggal dua tamu dapat meningkatkan proses belajar matematika pada siswa kelas VIII-A SMP Dharma Wanita Unibraw tahun ajaran 2007/2008. Hal ini dapat dilihat dari persentase ketercapaian aktivitas siswa selama proses pembelajaran berlangsung yang terlihat dari adanya peningkatan pada unsur-unsur keterampilan kooperatif yaitu interaksi tatap muka tanggung jawab individu saling ketergantungan positif keterampilan komunikasi antar individu dan kelompok dan evaluasi proses kelompok. Unsur interaksi tatap muka mengalami peningkatan pada tingkat B sebesar 34.38% peningkatan unsur tanggung jawab unsur saling ketergantungan positif keterampilan komunikasi antar individu dan kelompok dan evaluasi proses kelompok pada tingkat B masing-masing sebesar 34.37% 28.13% 40.62% dan 31.25% 2) prestasi belajar matematika siswa kelas VIII-A SMP Dharma Wanita Unibraw tahun ajaran 2007/2008 meningkat setelah diterapkannya pembelajaran kooperatif model dua tinggal dua tamu. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata skor tes siklus I meningkat sebesar 0.62 jika dibandingkan dengan rata-rata skor awal. Rata-rata skor tes siklus II meningkat sebesar 0.94 jika dibandingkan dengan rata-rata skor tes siklus I. Rata-rata skor tes siklus II juga mengalami peningkatan sebesar 1.56 jika dibandingkan dengan rata-rata skor awal.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S3 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Aug 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63536

Actions (login required)

View Item View Item