Efektivitas bimbingan karier berbantuan komputer terhadap kemandirian pengambilan keputusan karier siswa SMA / Hartono - Repositori Universitas Negeri Malang

Efektivitas bimbingan karier berbantuan komputer terhadap kemandirian pengambilan keputusan karier siswa SMA / Hartono

Hartono (2010) Efektivitas bimbingan karier berbantuan komputer terhadap kemandirian pengambilan keputusan karier siswa SMA / Hartono. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hartono. 2009. Efektivitas Bimbingan Karier Berbantuan Komputer Terhadap Kemandirian Pengambilan Keputusan Karier Siswa SMA. Disertasi Program Studi Bimbingan dan Konseling Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. T. Raka Joni M.Sc. (II) Dr. Dany M. Handarini M.A. (III) Dr. Marthen Pali M.Psi. Kata kunci bimbingan karier berbantuan komputer pemahaman diri pemahaman karier kemandirian pengambilan keputusan karier. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas bimbingan karier berbantuan komputer terhadap kemandirian pengambilan keputusan karier siswa. Di samping tujuan utama penelitian ini juga bertujuan untuk (1) mengetahui sejauh mana peningkatan pemahaman diri siswa yang diberi bimbingan karier berbantuan komputer (2) mengetahui sejauh mana peningkatan pemahaman karier siswa yang diberi bimbingan karier berbantuan komputer (3) mengetahui signifikansi korelasi antara aspek pemahaman diri dan pemahaman karier secara bersama-sama dengan kemandirian pengambilan keputusan karier siswa yang diberi bimbingan karier berbantuan komputer (4) mengetahui signifikansi korelasi antara aspek pemahaman diri dengan kemandirian pengambilan keputusan karier siswa yang diberi bimbingan karier berbantuan komputer (5) mengetahui signifikansi korelasi antara aspek pemahaman karier dengan kemandirian pengambilan keputusan karier siswa yang diberi bimbingan karier berbantuan komputer dan (6) mengetahui seberapa besar sumbangan efektif aspek pemahaman diri dan pemahaman karier terhadap kemandirian pengambilan keputusan karier siswa yang diberi bimbingan karier berbantuan komputer. Penelitian ini dikelompokkan ke dalam penelitian ekperimental sungguhan dengan menggunakan rancangan Solomon Four-Group Design pada populasi 232 orang siswa kelas XI SMA Negeri 10 Surabaya. Penelitian ini melibatkan 90 orang siswa sebagai sampel penelitian yang diambil secara random yang dikelompokkan menjadi empat kelompok secara random pula yaitu kelompok satu dua tiga dan empat. Kelompok satu dan tiga sebagai kelompok eksperimen sedangkan kelompok dua dan empat sebagai kelompok kontrol. Kelompok eksperimen diberi perlakuan bimbingan karier berbantuan komputer sedangkan kelompok kontrol diberi perlakuan bimbingan karier sebagaimana biasanya. Data-data penelitian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistika parametrik One-Way ANOVA Paired-Samples T Test dan Linier Regression untuk menguji enam hipotesis yaitu (1) bimbingan karier berbantuan komputer efektif untuk memandirikan pengambilan keputusan karier siswa (2) bimbingan karier berbantuan komputer secara signifikan dapat meningkatkan pemahaman diri siswa (3) bimbingan karier berbantuan komputer secara signifikan dapat meningkatkan pemahaman karier siswa (4) terdapat korelasi positif yang signifikan antara aspek pemahaman diri dan pemahaman karier secara bersama-sama dengan kemandirian pengambilan keputusan karier siswa yang diberi bimbingan karier berbantuan komputer (5) terdapat korelasi positif yang signifikan antara aspek pemahaman diri dengan kemandirian pengambilan keputusan karier siswa yang diberi bimbingan karier berbantuan komputer dan (6) terdapat korelasi positif yang signifikan antara aspek pemahaman karier dengan kemandirian pengambilan keputusan karier siswa yang diberi bimbingan karier berbantuan komputer. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa (1) bimbingan karier berbantuan komputer efektif untuk memandirikan pengambilan keputusan karier siswa (2) bimbingan karier berbantuan komputer secara signifikan dapat meningkatkan pemahaman diri siswa (3) bimbingan karier berbantuan komputer secara signifikan dapat meningkatkan pemahaman karier siswa (4) terdapat korelasi positif yang signifikan antara aspek pemahaman diri dan pemahaman karier secara bersama-sama dengan kemandirian pengambilan keputusan karier siswa yang diberi bimbingan karier berbantuan komputer (5) terdapat korelasi positif yang signifikan antara aspek pemahaman diri dengan kemandirian pengambilan keputusan karier siswa yang diberi bimbingan karier berbantuan komputer (6) tidak terdapat korelasi positif yang signifikan antara aspek pemahaman karier dengan kemandirian pengambilan keputusan karier siswa yang diberi bimbingan karier berbantuan komputer dan (7) sumbangan efektif aspek pemahaman diri dan pemahaman karier terhadap kemandirian pengambilan keputusan karier siswa yang diberi bimbingan karier berbantuan komputer sebesar 15 8%.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S3 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Jan 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63535

Actions (login required)

View Item View Item