Analisis kemampuan siswa kelas V dalam memahami pesan moral pada cerpen di SDN Undaan 01 Kecamatan Turen Kabupaten Malang / Rosida Dwi Wulandari - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kemampuan siswa kelas V dalam memahami pesan moral pada cerpen di SDN Undaan 01 Kecamatan Turen Kabupaten Malang / Rosida Dwi Wulandari

Wulandari, Rosida Dwi (2016) Analisis kemampuan siswa kelas V dalam memahami pesan moral pada cerpen di SDN Undaan 01 Kecamatan Turen Kabupaten Malang / Rosida Dwi Wulandari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wulandari RosidaDwi. 2015. AnalisisKemampuanSiswaKelas V Dalam MemahamiPesan Moral PadaCerpen Di SDN Undaan 01 KecamatanTurenKabupaten Malang.Skripsi Program StudiPendidikan Guru SekolahDasar JurusanKependidikanSekolahDasardanPrasekolah FakultasIlmuPendidikan UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Drs. A. Badawi M. Pd. Pembimbing (2) Dra.Nihayati S. Pd M. Pd. Kata kunci Analisis KemampuanSiswa Memahami Pesan Moral Cerpen. Cerpen secara garis besar merupakan salah satu jenis karya sastra yang diceritakan secara ringkas yang mengandung pesan moral/amanat yang tersirat di dalamnya dengan tujuan agar pembaca dapat memahami dan dapat menerapkan dalam kehidupannya. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan (1) untuk mendeskripsikankemampuansiswa dalammemahamipesan moral padacerpen dan (2) untuk mendeskripsikanfaktor yang mempengaruhi kemampuan siswa dalam memahami pesan moral pada cerpen. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Data penelitian ini yang berupa paparan bahasan dalam bentuk naratif tentang kemampuan siswa dalam memahami pesan moral pada cerpen dan faktor yang mempengaruhi kemampuan siswa dalam memahami pesan moral pada cerpen.Pengolahan data penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik observasi tes wawancara dan kuisioner. Dari hasil penelitian di SDN Undaan 01 Kecamatan Turen Kabupaten Malang diperoleh data kemampuan siswa dalam memahami pesan moral pada cerpen dari 15 siswa terdapat 3 siswa yang berada pada kualifikasi mampu 4 siswa yang berada pada kualifikasi cukup mampu 5 siswa kurang mampu dan 3 siswa yang tidak mampu dalam menemukan pesan moral pada cerpen. Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh dua hasil yaitu sebagai berikut. Pertama kemampuan rata-rata siswa dalam mengapresiasi pesan moral berada pada kualifikasi kurang mampu. Kedua faktor yang mempengaruhi kemampuan siswa dalam memahami pesan moral pada cerpen yaitu minimnya sarana dan prasarana berupa sumber belajar rendahnya kesadaran dalam membudayakan membaca di dalam keluarga serta tidak adanya koleksi buku bacaan di rumah siswa kurang bisa membedakan antara cerpen dengan karya sastra yang lain. Siswa juga kurang bisa memahami alur cerita pada cerpen. Berdasarkan data yang telah diperoleh di atas maka perlu adanya upaya peningkatan pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami pesan moral pada cerpen pada pembelajaran Bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6353

Actions (login required)

View Item View Item